Profile
All Topic

Pusat Informasi Hepatitis

Tentang Hepatitis

Hepatitis adalah istilah umum dari radang hati yang disebabkan oleh virus. Hepatitis dapat bersifat akut atau kronis dan memiliki sejumlah penyebab yang berbeda. Hepatitis dapat disebabkan oleh sekelompok virus yang dikenal sebagai virus hepatitis, termasuk A, B, C, D, dan E. Hepatitis berasal dari bahasa Yunani "hepar" yang artinya hati, dan "itis" yang secara umum berarti radang. Hepatitis juga berlaku untuk radang hati yang disebabkan oleh narkoba dan penyalahgunaan alkohol atau racun. Selain itu, orang juga dapat mengembangkan hepatitis dari faktor-faktor lain, seperti akumulasi lemak dalam hati (disebut fatty liver disease), trauma, atau suatu proses autoimun di mana tubuh seseorang membuat antibodi yang menyerang hati.

Gejala

Virus hepatitis merupakan virus yang umum. Banyak kasus hepatitis tidak terdiagnosis karena seringkali keliru dengan influenza. Hal ini dikarenakan gejala awal terjadinya hepatitis adalah seperti gejala penyakit flu. Hepatitis dapat menjadi hal yang serius karena mengganggu banyak fungsi hati seperti menghasilkan empedu untuk membantu pencernaan, mengatur komposisi kimia darah, dan fungsi lainnya.

Lima virus hepatitis dapat ditularkan dengan cara yang berbeda, tetapi mereka semua memiliki satu kesamaan, yakni menginfeksi hati dan menyebabkannya meradang. Umumnya, fase akut dari penyakit ini berlangsung dari dua hingga tiga minggu.

Penyebab

Meskipun efeknya terhadap hati dan gejala-gejala yang dihasilkan dalam berbagai tipe bisa saja sama, berbagai bentuk hepatitis  dikontrak dengan cara yang berbeda. Dalam kasus virus hepatitis tingkat keparahan dan durasi penyakit sebagian besar ditentukan oleh organisme yang menyebabkannya.

  • Hepatitis A
    Umumnya berkontraksi secara oral melalui kontaminasi makanan atau air. Hepatitis jenis ini dianggap bentuk paling tidak berbahaya karena hampir selalu sembuh dengan sendirinya dan jarang menyebabkan peradangan kronis hati. Virus hepatitis A umumnya menyebar melalui penanganan yang tidak tepat dari makanan, kontak dengan anggota rumah tangga, berbagi mainan pada day care center, dan makan kerang mentah yang diambil dari perairan tercemar.
     
  • Hepatitis B
    Dapat menyebar melalui kontak seksual, transfusi darah, dan jarum suntik pengguna narkoba. Virus dapat lewat dari ibu ke anaknya pada saat kelahiran atau sesudahnya. Virus ini juga dapat tertransmisi diantara orang dewasa dan anak-anak untuk menginfeksi seluruh keluarga. Lebih dari setengah dari semua kasus hepatitis B sumber tidak dapat diidentifikasi.
     
  • Hepatitis C
    Hepatitis C biasanya menyebar melalui kontak dengan darah atau jarum yang tercemar, termasuk jarumtato. Meskipun hepatitis C hanya menyebabkan gejala ringan, bahkan tidak sama sekali, sekitar 20% dari mereka yang terinfeksi mengembangkan sirosis dalam 20 tahun. Penyakit ini dapat ditularkan melalui transfusi darah, tetapi screening, yang dimulai pada awal 90-an, telah sangat mengurangi jumlah kasus tersebut. Dalam sepertiga dari semua kasus hepatitis C, sumber penyakit ini tidak diketahui.

 

  • Hepatitis D
    Hepatitis D hanya terjadi pada orang yang terinfeksi hepatitis B dan cenderung untuk memperbesar tingkat keparahan penyakit itu. Hal ini dapat ditularkan dari ibu ke anak dan melalui kontak seksual. Meskipun kurang umum, hepatitis D adalah sangat berbahaya karena melibatkan dua virus yang berbeda bekerja sekaligus.

 

  • Hepatitis E
    Hepatitis E terjadi terutama di Asia, Meksiko, India, dan Afrika dan hanya beberapa kasus terjadi di AS.           Sebagian besar yang menderita hepatitis ini adalah orang yang telah kembali dari sebuah negara di mana penyakit ini meluas. Seperti hepatitis A, jenis ini biasanya menyebar melalui kontaminasi tinja, dan tidak menyebabkan hepatitis kronis. Jenis ini dianggap sedikit lebih berbahaya daripada hepatitis A. Ini dapat menyebabkan penyakit parah dan kematian pada wanita hamil

Faktor Resiko


 

Komplikasi Akibat


 

Pengobatan

Pemulihan lengkap membutuhkan waktu sekitar sembilan minggu. Banyak pasien sembuh dengan kekebalan seumur hidup terhadap penyakit ini, tetapi beberapa korban hepatitis (kurang dari 1%) mati dalam fase akut. Hepatitis B dan C dapat berkembang menjadi hepatitis kronis, di mana hati tetap meradang selama lebih dari enam bulan. Kondisi ini dapat menyebabkan sirosis dan di kemudian hari kematian.

Artikel Terkait

Pertanyaan Terkait

  • Heptitis A.

    Selamat pagi dok. Hepatitis a itu bisa disembuhkan dok? Adik saya mengalami hepatitis a

    Detail Answer
  • Penularan Hepatitis B

    Dok. Saya baru tau pasangan saya hepatitis b. Baru ini ada berhubungan sex sama dia. Dan saya sudah lama dengan dia. Gmn ini dok?

    Detail Answer
  • Arti Dari HBS Ag Non Reaktif Dan IgM Anti HAV Non

    Permisi Dok, saya agus umur 33 thn, saya cek darah lalu hasil labnya HBS Ag non reaktif 0,488 dan IgM Anti HAV non reaktif 0,275. Yang saya tanyakan arti dari hasil dari lab tsb apa ya Dok ? Trima kasih

    Detail Answer
  • Hasil Lab Anti HAV

    Dok, saya mau bertanya, Arti dari HBsAg kualitatif non reactive Anti HBs 423.4 Anti HAV total reactive >100 Arti dari itu semua apa? Thanks

    Detail Answer
  • Hapus Nomor Telp Dokter Di Meetdoctor Website

    Saya email atas nama salah satu Dokter yang tercantum namanya di website ini, ingin meminta agar tim meetdoctor menghapus email beliau, mohon dapat menghubungi saya asap karena dokter tersebut terganggu dengan dipublish nya nomor handphone di website ini yang tidak mendapatkan persetujuan dari ybs.

    Detail Answer
  • Hepatitis

    Selamat pagi dokter, apa saja gejala hepatitis a, penyebab, dan obatnya dokter?

    Detail Answer
  • Ashaj
  • Nyeri Buang Air Kecil

    pagi dok,mau nanya jika nyeri buang kecil itu disebkan oleh apa ya dok?dan akhir aakhir ini pinggang sya sering sakit dan kadang kadang badan meriang gitu dok,apa ada makanan yang pantang dan gimana pengobatannya dok?

    Detail Answer
  • Hepatitis B

    Saya telah malakukan tes hepatitis hbsag non reaktif dan anti hbs 3.10 artinya apa ya? Terimakasih

    Detail Answer
  • Hasil Lab Hepatitis

    Selamat malam dok..hasil tes Anti HBs titer negatif 2.00 Anti HCV non reaktif : indeks 0.182 HBs Ag Kuantitatif reaktif 43690.59 Artinya apa ya dok Trimakasih

    Detail Answer

Get the Newsletter! all about Hepatitis

Our free healthy living newsletter delivers useful news, inspiring stories, and delicious recipes to your in-box every day.

Anda punya pertanyaan seputar Hepatitis ?
Ask Doctor