Profile
All Topic

Pusat Informasi Herpes

Tentang Herpes

Penyakit herpes selama ini dianggap sebagai penyakit "kotor" karena berkaitan dengan aktivitas seksual yang tidak sehat. Padahal, tidak semua penyakit herpes disebabkan oleh kegiatan seksual. Herpes sendiri terbagi menjadi dua,yaitu: Herpes zoster disebabkan oleh virus Varicella zoster, yaitu virus yang juga menyebabkan cacar air. Gejalanya khas, yaitu timbul gelembung-gelembung kecil, biasanya di daerah punggung, hanya pada satu sisi, dan meliputi daerah persyarafan tertentu. Gelembung - gelembung ini terasa nyeri dan dapat pecah sehingga mudah timbul infeksi oleh bakteri. Penyakit ini bukan penyakit kelamin, dan dapat sembuh sempurna. Herpes simpleks disebabkan oleh herpes virus hominis (HVH). Ada dua macam HVH, yaitu HVH tipe 1 menyebabkan herpes labialis dan keratitis, sedankan HVH tipe 2 menyebabkan penyakit kelamin yang disebut herpes genitalis. Pada herpes labialis, gelembung berisi air terdapat di sekitar bibir yang menyebabkan rasa panas dan gatal. Herpes keratitis, infeksi virus mengenai kornea mata yang dapat menimbulkan luka. Sementara herpes genitalis yang ditularkan melalui hubungan seksual ini memberikan gejala setelah beberapa hari. Misalnya, gatal-gatal dan nyeri di daerah genital, dengan kulit dan selaput lendir yang menjadi merah. Herpes simpleks berkenaan dengan sekelompok virus yang menulari manusia.

Gejala

Gejala pertama biasanya gatal-gatal dan kesemutan/perasaan geli, diikuti dengan benjolan yang membuka dan menjadi sangat sakit. Rasa gatal atau perih bisa timbul dan menghilang beberapa saat.

Penyebab

Infeksi herpes ditularkan melalui kontak langsung dengan bagian terinfeksi. Penularan dapat terjadi walaupun tidak ada luka Herpes terbuka. Sedangkan pada Herpes Zoster, proses penularan dapat melalui udara, serupa bersin, batuk atau melalui pakaian yang telah terkena kontak dari penderita herpes zoster.

Pengobatan

Hal yang terpenting adalah menjaga agar gelembung-gelembung tidak pecah, karena hanya akan memperparah infeksi. Penggunaan bedak anti gatal disenyalir dapat mengurangi deraan tidak nyaman pada permukaan kulit yang ditumbuhi gelembung-gelembung herpes.

Ada pun obat-obatan yang diberikan untuk mengurangi keluhan gejala yang timbul, serupa nyeri dan demam. Beberapa obat-obatan, seperti paracetamol, acyclovir disarankan untuk mengatasi perih dan rasa terbakar yang timbul.

Pencegahan

Menjaga kebersihan diri, waspada terhadap pengidap herpes dan memperhatikan kesterilan jarum suntik kala vaksinasi diyakini dapat meminimalisir penularan penyakit Herpes.

Artikel Terkait

Pertanyaan Terkait

  • Herpes Yang Tak Kunjung Hilang

    saya menderita herpes zoster karena sudah agak mengering saya taburi bedak heroxyn utk mengurangi gatal.sehari setelah saya taburi bedak heroxyn sekarang malah timbul bintik2 kecil seperti biang keringat yg terasa sangat gatal.apakah bintik tersebut merupakan bagian dari herpes atau saya alergi terhadap bedak heroxyn itu?

    Detail Answer
  • Herpes Makin Melebar

    Selamat malem dok,,saya mau tanya 2bulan yg lalu saya terkena herpes dok sehingga anak yg saya kandung meninggal didalam lalu bekasnya sekrg itu ko berasa panas ya dok tapi rasanya itu di dalem tubuh. Apa yg saya lakukan dok supaya tidak keluar herpes lagi dok? Trimakasih

    Detail Answer
  • Hepatitis Apa Dok, Terus Bagaimana Pengobatannya?

    Selamat malem dok,,saya mau tanya 2bulan yg lalu saya terkena herpes dok sehingga anak yg saya kandung meninggal didalam lalu bekasnya sekrg itu ko berasa panas ya dok tapi rasanya itu di dalem tubuh. Apa yg saya lakukan dok supaya tidak keluar herpes lagi dok? Trimakasih

    Detail Answer
  • Herpes Simplex

    Minggu lalu Saya dapat hasil tes darah dan dapat pernyataan berikut dok You had contact with herpes simplex virus in the past, but there is no active disease. No treatments are required. Apakah virusnya bisa aktif kembali?

    Detail Answer
  • Efek Telat Minum Obat Bt Sakit Herpes

    Selamat sore dokter, saya mau bertanya. Saya kan menderita sakit herpes zoster dan disuruh minum obat antibiotik secara teratur dengan waktu yang sama tapi kenyataan terkadang saya telat bahkan melewatkan minuk obat. Kadang sehari cuman 4 kali trus aku telat 45 menit dari jadwal minum. Misal hrsnya minum jam 10 tp sy minum jam 10.45. Adakah resiko/dampak dari keterlambatan tersebut? Sebelumnya terima kasih dok😊

    Detail Answer
  • Bintik/bentol Berair Di Vagina , Itu Karena Apa ?

    saya baru kemarin merasakan di dekat klitoris saya ada muncul bintik2 bening berair dan ada 2 buah. jika dipecah yg pertama berdarah. terkadang hanya seperti air biasa. itu kenapa ya dok? saya juga terkena keputihan. terakhir 2 tahun yg lalu terkena bakteri e.coli , sempat berhenti setelah minum obat. setelah obat habis keluar lagi. itu disebabkan karena apa ? saya harus bagaimana ?apakah bintik2 itu berpengaruh kepada keputihan saya yg tak kunjung sembuh ?

    Detail Answer
  • Herpes Di Leher Sampai Bahu

    selamat pagi dok, saya mau bertanya. Sudah tiga hari leher hingga bahu sebelah kanan saya gatal, perih, terkadang disertai panas. Setelah saya periksa ke dokter, dokter mengatakan bahwa ada infeksi bakteri dari sisa bakteri sakit cacar yang pernah saya alami lalu waktu tubuh saya drop bakteri itu tumbuh dan berkembang sehingga menjadi gatal dan perih. Katanya bakterinya sudah masuk dalam syaraf di tubuh saya, sehingga saya dianjurkan untuk minum antibiotik sehari 5 kali, setiap minum 2 tablet dan obat penunjang yaitu obat pereda nyeri. Karena jika menggunakan salep hanya untuk permukaan kulit saja dan tidak bisa masuk ke dalam aliran syarf saya. Lalu saat saya tebus obatnya, seorang apoteker menyarankan untuk meminum vitamin satu kali sehari. Sehingga dalam sehari saya mengkonsumsi obat 13 tablet. Yg ingin saya tanyakan apa dampak dari banyaknya obat yang akan saya minum dalam seminggu? Dihari kedua saya minum obat terlambat satu jam dari jadwal minum obat, adakah efeknya?Terima kasih

    Detail Answer
  • Obat Untuk Hernia

    Dokter,bagaimana cara untuk menyembuhkan penyakit hernia orang dewasa secara alami..? terima kasih

    Detail Answer
  • Torch

    Halo dok, saya mau tanya mengenai hasil tes torch terutama pada bagian hsv 2. Yang saya bingung hasil igg negatif igm hsv saya positif tetapi suami saya ketika menjalani tes torch pada bagian hsv igg igm negatif semua. Padahal jika sudah berhubungan seks sudah seharusnya suami saya kena hsv positif juga dok? Dan suami saya juga tidak terkena gejala apa apa dan semua baik baik saja. Menurut dokter apa ini false positive atau gimana dok? Mohon bantuannya, Terimakasih dok

    Detail Answer
  • Herpes Atau Bukan?

    Dok kulit paha saya ada ruam lalu atasnya bintik hitam. Rasanya seperti ditusuk duri duri kecil itu kenapa ya dok? Herpes atau bukan

    Detail Answer

Get the Newsletter! all about Herpes

Our free healthy living newsletter delivers useful news, inspiring stories, and delicious recipes to your in-box every day.

Anda punya pertanyaan seputar Herpes ?
Ask Doctor