Profile
All Topic

Pusat Informasi Infeksi

Tentang Infeksi

Infeksi merupakan gangguan pada tubuh yang disebabkan oleh mikrorganisme seperti bakteri, virus, jamur atau parasit. Mikroorganisme memang banyak terdapat pada tubuh manusia. Meski terkadang tidak berbahaya dan bahkan membantu proses kehidupan manusia, mikroorganisme juga dapat menyebabkan penyakit pada kondisi tertentu. Infeksi dapat ditularkan dari orang ke orang, baik melalui gigitan hewan ataupun kontaminasi makanan.

Gejala

  • Rubor (kemerahan)

  • Kalor (panas)

  • Dolor (nyeri)

  • Tumor (bengkak) Tumor (bengkak) Fungsio laesa (perubahan/penurunan fungsi)

Penyebab

  • bakteri : bakteri merupakan penyebab terbanyak dari infeksi

  • virus

  • parasit

  • fungi

Faktor Resiko

Cara penularannya dibagi menjadi kontak langsung dan tidak langsung. Kontak langsung terdiri atas penyebaran orang ke orang (misalnya dari bersin, kontak seksual, atau semacamnya), hewan ke orang (gigitan atau cakaran binatang, kutu dari binatang peliharaan), atau dari ibu hamil ke anaknya yang belum lahir melalui plasenta. Kontak tidak langsung terdiri atas gigitan serangga yang hanya menjadi pembawa dari mikroorganisme atau vektor (seperti nyamuk, lalat, kutu, tungau) dan kontaminasi air atau makanan. 

Komplikasi Akibat

Infeksi berulang, infeksi kronik, ruam kulit, diare, kerusakan pertumbuhan dan meningkatnya kerentanan terhadap kanker tertentu.

Diagnosa

Untuk mendiagnosis suatu infeksi adalah dengan anamnesis/ wawancara medis, pemeriksaan fisisk dan pemeriksaan penunjang. Dengan melihat gejalanya pada lokasi infeksi adalah dengan tanda seperti kemerahan, panas, nyeri, bengkak, penurunan fungsi dan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan darah lengkap yang meliputi: hemoglobin, leukosit, hematokrit, eritrosit, trombosit, MCH, MCHV, hitung jenis: basofil, eosinofil, batang segmen, limfosit, dan monosit, kimia klinik: LED, GDS.

Pengobatan

Pengobatan infeksi tergantung pada penyebab infeksinya apakah disebabkan oleh bakteri, jamur, virus atau parasit.

Pencegahan

Tindakan atau upaya pencegahan penularan penyakit infeksi adalah tindakan yang paling utama. Sebagai sumber penularan atau reservoir adalah orang/penderita, hewan, serangga (arthropoda) seperti lalat, nyamuk, kecoa, yang sekaligus dapat berfungsi sebagai media perantara. Contoh lain adalah sampah, limbah, ekskreta/sekreta dari penderita, sisa makanan, dan lain–lain. Apabila perilaku hidup sehat sudah menjadi budaya dan diimplementasikan dalam kehidupan sehari–hari, serta sanitasi lingkungan yang sudah terjamin, diharapkan kejadian penularan penyakit infeksi dapat ditekan seminimal mungkin.

Artikel Terkait

Pertanyaan Terkait

  • Cek Darah

    Hai dok.. apakah tes darah dapat mengetahui seseorang terkena PMS

    Detail Answer
  • Infeksi Vagina

    Dokter apakah boleh obat keputihan yang melalui vagina dipakai pada saat haid dan apakah selama menggunakan obat ini dilarang berhubungan sex,terima kasih.

    Detail Answer
  • Sesak Napas

    Dok mau tanya pemeriksaan yang bagua untuk orang yang alami sesak napas apa dok. Dan kenpa sesak napas bisa terjadi?

    Detail Answer
  • Minum Pirantel Pamoat Dan Mebendazole Secara Bersa

    Halo dok, jadi sepertinya saya terinfeksi cacing, karena saya merasakan gatal di area dubur dan kadang vagina saya saat malam hari. Kata guru biologi saya, obatnya adalah pirantel pamoat atau mebendazole. Ia bilang kekurangan pirantel pamoat, kita dapat melihat bentuk cacing utuh saat BAB. Sedangkan kekurangan mebendazole, cacing dapat bermigrasi keluar dari mulut untuk menghindar. Jadi ia sarankan untuk memakan pirantel pamoat lalu besoknya mebendazol. Sehingga cacing dilumpuhkan terlebih dahulu lalu dihancurkan, alhasil kita tidak akan melihat bentuk cacing utuh di feces. Apakah guru biologi saya benar?

    Detail Answer
  • Gatal Pada Vagina

    Kenapa ya dok labia bagian bawah saya tiba tiba gatal merah tidak saya garuk tapi lecet sedikit seperti kulit mengelupas karena terlalu sering kena air kemudian besok lecetnya sembuh dok, dan saya juga keputihan gatal, Apakah penyakit berbahaya dok

    Detail Answer
  • Fistula Ani

    Gini dok 2 tahun yang lalu saya pernah operasi fistula ani dan udah selesai . Tapi kenapa sekarang bekas luka nya kalau buang air vesar(BAB) kok keluar darah dok di bekas luka ?

    Detail Answer
  • Lecet Dan Gatal Di Labia Minora

    Dok saya mengalami keputihan gatal tapi tidak berbau amis, 2hari yang lalu pagi pas saya buang air kecil terasa perih di labia minora saya dan saya lihat ada luka lecet mungkin pas waktu tidur saya garuk karena gatal, Apakah keputihan saya karen jamur dok

    Detail Answer
  • Tindik Telinga

    Dok,knpa ya anak sya setelah ditindik ko telinga belakangnya seperti ada yg menonjol gitu,pas dilubang tindikannya?apakah termasuk infeksi? Dan apakah bisa kempes dok? Cara mengatasi nya gmn dok?

    Detail Answer
  • Penyakit Hiv

    Dok apakah hiv bisa menular melalui keringat?

    Detail Answer
  • Benjolan Saat Menyusui Namum Tak Junjung Hilang

    Assalamualaikum dokter, Saya lutfia.. Jadi bbrp hari yg lalu Payudara saya sakit karna frekuensi menyusui sdh berkurang, mlm nya itu saya agak demam dan menggigil payudara rasanya sakit bila disentuh. Namun keesokan harinya saya sembuh dan sakit pada payudara pun kunjung sembuh hingga tdk ada nyeri pada Payudara lagi. Tapi jika diraba dan ditekan payudara dekat puting msh ada benjolan dibagian dalam (tidak menonjol keluar) bila ditekan keras dan sama sekali tdk sakit. Ini bernahaya tdk ya dokter?? , saya pun msh aktf menyusui sampai detik ini. Kalau hrs konsultasi ke dokter apakah tepatnya?? Terimakasih sebelumnya. Wassalamualaikum.

    Detail Answer

Get the Newsletter! all about Infeksi

Our free healthy living newsletter delivers useful news, inspiring stories, and delicious recipes to your in-box every day.

Anda punya pertanyaan seputar Infeksi ?
Ask Doctor