Profile
All Topic

Pusat Informasi Infeksi

Tentang Infeksi

Infeksi merupakan gangguan pada tubuh yang disebabkan oleh mikrorganisme seperti bakteri, virus, jamur atau parasit. Mikroorganisme memang banyak terdapat pada tubuh manusia. Meski terkadang tidak berbahaya dan bahkan membantu proses kehidupan manusia, mikroorganisme juga dapat menyebabkan penyakit pada kondisi tertentu. Infeksi dapat ditularkan dari orang ke orang, baik melalui gigitan hewan ataupun kontaminasi makanan.

Gejala

  • Rubor (kemerahan)

  • Kalor (panas)

  • Dolor (nyeri)

  • Tumor (bengkak) Tumor (bengkak) Fungsio laesa (perubahan/penurunan fungsi)

Penyebab

  • bakteri : bakteri merupakan penyebab terbanyak dari infeksi

  • virus

  • parasit

  • fungi

Faktor Resiko

Cara penularannya dibagi menjadi kontak langsung dan tidak langsung. Kontak langsung terdiri atas penyebaran orang ke orang (misalnya dari bersin, kontak seksual, atau semacamnya), hewan ke orang (gigitan atau cakaran binatang, kutu dari binatang peliharaan), atau dari ibu hamil ke anaknya yang belum lahir melalui plasenta. Kontak tidak langsung terdiri atas gigitan serangga yang hanya menjadi pembawa dari mikroorganisme atau vektor (seperti nyamuk, lalat, kutu, tungau) dan kontaminasi air atau makanan. 

Komplikasi Akibat

Infeksi berulang, infeksi kronik, ruam kulit, diare, kerusakan pertumbuhan dan meningkatnya kerentanan terhadap kanker tertentu.

Diagnosa

Untuk mendiagnosis suatu infeksi adalah dengan anamnesis/ wawancara medis, pemeriksaan fisisk dan pemeriksaan penunjang. Dengan melihat gejalanya pada lokasi infeksi adalah dengan tanda seperti kemerahan, panas, nyeri, bengkak, penurunan fungsi dan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan darah lengkap yang meliputi: hemoglobin, leukosit, hematokrit, eritrosit, trombosit, MCH, MCHV, hitung jenis: basofil, eosinofil, batang segmen, limfosit, dan monosit, kimia klinik: LED, GDS.

Pengobatan

Pengobatan infeksi tergantung pada penyebab infeksinya apakah disebabkan oleh bakteri, jamur, virus atau parasit.

Pencegahan

Tindakan atau upaya pencegahan penularan penyakit infeksi adalah tindakan yang paling utama. Sebagai sumber penularan atau reservoir adalah orang/penderita, hewan, serangga (arthropoda) seperti lalat, nyamuk, kecoa, yang sekaligus dapat berfungsi sebagai media perantara. Contoh lain adalah sampah, limbah, ekskreta/sekreta dari penderita, sisa makanan, dan lain–lain. Apabila perilaku hidup sehat sudah menjadi budaya dan diimplementasikan dalam kehidupan sehari–hari, serta sanitasi lingkungan yang sudah terjamin, diharapkan kejadian penularan penyakit infeksi dapat ditekan seminimal mungkin.

Artikel Terkait

Pertanyaan Terkait

  • Vagina Terasa Gatal Dan Iristasi

    Selamat sore dok saya frisca mau tanya,selama 1 minggu berjalan ini vagina saya terasa gatal dan di dalam lubang vagina juga gatal Tapi saya garuk" dan akhirnya terasa perih dan juga hari pertama vagina saya gatal itu saya lagi haid dok , dan kemarin wktu saya buang air di pentiliner saya ada keputihan dok . kira" apa solusinya dok . Thanks Gbu

    Detail Answer
  • Keputihan Berbau Dan Agak Berbusa

    Keputihan saya berbau dok, amis gitu dan agak berbusa, warna kadang putih keju kekuningan, kadang kuning keputihan gitu. Saya udah periksa cairan dan sekresi dgn swab test di rumah sakit tapi kata dokter hasilnya hanya keputihan biasa bukan BV atau trichomoiasis. Lalu dokter memberikan saya pil vagina krn ada bau saja. Dan dokter bilang ini krn masalah hygiene sewaktu berhubungan dgn suami. Saya bingung dok baunya datang dan hilanh jd saya hrs slalu sedia pil vagina. Kira2 apa penyebabnya dan bagaimana cara utk menghindari bau itu? Slalu muncul stlah seminggu berhubungan dok tp kata dokter di rmh sakit bukan BV atau trich tp hanyalaj keputihan biasa. Apakah jamur candida bisa menyebabkan bau?

    Detail Answer
  • Gatal Dan Iritasi Vagina

    Malam dok. Saya mau tanya di labia mayor dan selangkangan saya bentol bentol dan kemerahan dok, jika lembab pasti gatal dan sedikit mengeluarkan cairan. Obat apa yg tepat untuk mengobati hal ini dok dan berapa dosisnya? Trims

    Detail Answer
  • Gatal Dan Bintik Pada Anak Anak

    Siang dok. Adek saya usia 6th. Dia sakit pada kulit sejak usia 3th. Gatal dan bintik bintik. Awalnya hanya bintik pada sekitar pantat dan bintiknya hanya pada satu area saja. Sekarang bintiknya muncul pada area tangan atau lutut atau lainnya secara mengelompok saja. Sudah ganti salep berkali kali tetapi sama saja. Sebenarnya adek saya kena penyakit apa dan apa obatnya ya dok ?

    Detail Answer
  • Penyakit Apakah Yang Sedang Saya Alami....?

    Dok...sudah lama saya mengalami gatal pada bagian buah zakar saya...kalo habis priksa ke dokter saya gatal nya hilang... Tapi kalo obat nya sudah habis gatal nya kambuh lagi... Di tambah ada bentolan2... Kalo di pecah seperti nanah... Kira2 penyakit apa yg sedang saya alami dok... Dan bagaimana cara menyembuh kan nya...?

    Detail Answer
  • Penebalan Kulit Ditelapak Kaki

    Saya ingin bertanya dok, baru-baru ini di telapak kaki saya muncul benjolan-benjolan kecil berupa pengerasan kulit.. tetapi dalam jumlah 6 benjolan ditempat yang berdekatan tepatnya dibawah jari jempol dan setelah beberapa hari benjolan makin banyak seperti menjalar ke antara jari telunjuk dan jempol saya.. benjolannya tidak berisi dan hanya penebalan kulit tapi kecil-kecil dan jika ditekan terasa sakit.. apa yang harus saya lakukan ya dok? Makasih dok

    Detail Answer
  • Masalah Dengan Penis

    dok, setelah ejakulasi penis saya tiba2 menjadi bengkak begitu, kencing pun terasa kebakar dan agak sakit saat dipegang. saya biarkan sampai besok, dan bengkaknya hilang tetapi ada sedikit tanda/luka merah di bagian kepala penis dan kulit kepala dan area bola kemaluan mulai kelupas sedikit2, saya tak merasa gatal atau sakit dan saat kencing pun terasa normal. Apakah ini normal dok? atau ini iritasi atau infeksi??

    Detail Answer
  • Penyembuhan Luka

    begini dok saya mahasiwa berumur 20th saya memiliki luka di daerah lutut bagian kanan saya karena terjatuh karna saya pikir lukanya akan sembuh dengan sendirinya jadi saya biarkan saja, ternyata lukanya mengering dan malah mengandung nanah jadi saya berinisiatif untuk mengeluarkan nanah tersebut dengan sedikit menekan daerah sekitar luka danmemberihkannya denga kapas akan tetapi seesokn harinya timbul nanh kembali, sudah hampir 4hari dan kaki terasa nyeri jika digerakan, di daerah sekitar luka warnanya seperti agak lebam, mungkin pennganan pribadi yang harus saya lakukan apa ya dok, terimakasih

    Detail Answer
  • Infeksi Kandung Kemih

    Apakah jika sudah tidak merasakan sakit, infeksi saya sudah sembuh ? Apakah saya bisa hamil ? Bagaimana agar saya bisa cepat hamil, sedangkan kalender haid saya pun tidak tentu ?

    Detail Answer
  • Luka Di Penis

    Dok, saya mempunya luka di bagian kepala penis saya. lukanya berbentuk titik dan merah. tidak gatal namun terasa perih bila di sentuh. dan saya sebelumnya belum pernah berhubungan seksual. kemungkinan penis saya menderita penyakit apa ya dok dan bagaimana cara mengobatinya

    Detail Answer

Community

Get the Newsletter! all about Infeksi

Our free healthy living newsletter delivers useful news, inspiring stories, and delicious recipes to your in-box every day.

Anda punya pertanyaan seputar Infeksi ?
Ask Doctor