Profile
All Topic

Pusat Informasi Infeksi

Tentang Infeksi

Infeksi merupakan gangguan pada tubuh yang disebabkan oleh mikrorganisme seperti bakteri, virus, jamur atau parasit. Mikroorganisme memang banyak terdapat pada tubuh manusia. Meski terkadang tidak berbahaya dan bahkan membantu proses kehidupan manusia, mikroorganisme juga dapat menyebabkan penyakit pada kondisi tertentu. Infeksi dapat ditularkan dari orang ke orang, baik melalui gigitan hewan ataupun kontaminasi makanan.

Gejala

  • Rubor (kemerahan)

  • Kalor (panas)

  • Dolor (nyeri)

  • Tumor (bengkak) Tumor (bengkak) Fungsio laesa (perubahan/penurunan fungsi)

Penyebab

  • bakteri : bakteri merupakan penyebab terbanyak dari infeksi

  • virus

  • parasit

  • fungi

Faktor Resiko

Cara penularannya dibagi menjadi kontak langsung dan tidak langsung. Kontak langsung terdiri atas penyebaran orang ke orang (misalnya dari bersin, kontak seksual, atau semacamnya), hewan ke orang (gigitan atau cakaran binatang, kutu dari binatang peliharaan), atau dari ibu hamil ke anaknya yang belum lahir melalui plasenta. Kontak tidak langsung terdiri atas gigitan serangga yang hanya menjadi pembawa dari mikroorganisme atau vektor (seperti nyamuk, lalat, kutu, tungau) dan kontaminasi air atau makanan. 

Komplikasi Akibat

Infeksi berulang, infeksi kronik, ruam kulit, diare, kerusakan pertumbuhan dan meningkatnya kerentanan terhadap kanker tertentu.

Diagnosa

Untuk mendiagnosis suatu infeksi adalah dengan anamnesis/ wawancara medis, pemeriksaan fisisk dan pemeriksaan penunjang. Dengan melihat gejalanya pada lokasi infeksi adalah dengan tanda seperti kemerahan, panas, nyeri, bengkak, penurunan fungsi dan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan darah lengkap yang meliputi: hemoglobin, leukosit, hematokrit, eritrosit, trombosit, MCH, MCHV, hitung jenis: basofil, eosinofil, batang segmen, limfosit, dan monosit, kimia klinik: LED, GDS.

Pengobatan

Pengobatan infeksi tergantung pada penyebab infeksinya apakah disebabkan oleh bakteri, jamur, virus atau parasit.

Pencegahan

Tindakan atau upaya pencegahan penularan penyakit infeksi adalah tindakan yang paling utama. Sebagai sumber penularan atau reservoir adalah orang/penderita, hewan, serangga (arthropoda) seperti lalat, nyamuk, kecoa, yang sekaligus dapat berfungsi sebagai media perantara. Contoh lain adalah sampah, limbah, ekskreta/sekreta dari penderita, sisa makanan, dan lain–lain. Apabila perilaku hidup sehat sudah menjadi budaya dan diimplementasikan dalam kehidupan sehari–hari, serta sanitasi lingkungan yang sudah terjamin, diharapkan kejadian penularan penyakit infeksi dapat ditekan seminimal mungkin.

Artikel Terkait

Pertanyaan Terkait

  • Bisul Tanpa Mata

    Dok , bapak saya sudah beberapa hari menderita bisul d selangkangannya , namun anehnya bisulnya tidak memiliki titik putih dan sangat keras , rasanya sangat sakit . dok mohon solusi atau cara menyembuhkannya ? 🙏

    Detail Answer
  • Menelan Sperma

    Halo dok, umur saya 19th. Sehari setelah saya melakukan oral sex, muncul bentol pada badan saya, awalnya saya pikirnya hanya bentol biasa. Tetapi semakin hari bentol tsb semakin banyak dan menghitam. Bentol tsb sifatnya gatal tetapi tidak menimbulkan rasa panas pada badan. Apakah betul dok setelah menelan sperma dapat menyebabkan ruam/bentol seperti yg saya sebutkan atau ruam/bentol tsb disebabkan oleh hal lain? Apabila iya, solusi apa yg harus saya lakukan dok, Terimakasih.

    Detail Answer
  • Bintik Putih

    Dok saya punya bintik-bintik putih berisi nanah di selangkangan dan di bawah buah jakar, kata dokter saya itu hanya proses pergantian kulit dan akan hilang dengan sendirinya, tapi sudah satu bulan tidak kunjung hilang juga dan sangat mengganggu. Apakah ini gejala IMS atau hanya biang keringat dok terimakasih.

    Detail Answer
  • Jahitan Persalinan Normal Terbuka

    Dok sy mau tanya.. Saya lahiran tgl 20 agt melalui persalinan normal, namun dikarenakan sulit ketika mengeluarkan bayinya, akhirnya dibantu alat vakum dan menyebabkan luka yg didapat cukup besar sampai ke anus.. Akan tetapi sampai 1 bulan luka saya tidak juga membaik, dan ketika diperiksakan ke bidan tempat sy melahirkan ternyata jahitan gagal dan copot sehingga agak terbuka di bagian vagina bawah. Bidan menjelaskan untuk lapisan bawah vagina sudah rapat, hanya bagian atas saja yg terbuka, dan tidak perlu dijahit ulang krn akan rapat dengan sendirinya. Apakah tidak masalah dok jika tdk dijahit ulang? Dan benar kah akan rapat dengan sendirinya? Dan saya sering merasakan pegal dibagian vagina ketika berdiri, sehingga tidak kuat jalan lama.. Apakah penyebab nya ya dok?

    Detail Answer
  • Obat Sakit Karna Tertusuk Udang

    2 bulan yg lalu jari saya ketusuk udang,, sudah dibawa ke dokter di kasih obat. Dan obat itu udah habis ,jari saya belum sembuh juga. Malah makin bengkak dan gatal. Ini parah atw tidak dok?

    Detail Answer
  • Bibir

    halo dok, jika bibir terkena infeksi apakah itu berbahaya?dan apa dampaknya

    Detail Answer
  • Sex Saat Haid

    Selamat malam dok. Saya mau bertanya waktu saya melakukan sex dengan pasangan saya itu saya merasa sudah selesai nasa haid tapi waktu berhubungan intim itu keluar kayak warna coklat dok. Apakah itu aman ? Karena saya takut terjadi sesuatu. Terima kasih

    Detail Answer
  • Bekas Jahitan Melahirkan

    Dok saya melahirkan normal dgn jahitan krna ada proses penambahan jalan (digunting) pada 29 juni 2018. Area bekas jahitan terasa sakit dan saya liat ada cairan kental berwarna kuning.. itu knapa ya dok? Apakah itu infeksi?

    Detail Answer
  • Sakit Anus

    Dok saya mengalami kurang nyaman di bagian anus ada rasa gatal apalagi ketika malam dan sedikit sakit saat batuk atau bersin, saat di raba ada benjolan kecil di bagian bibir anus saya. Dulu saya pernah mengalami wasir dalam, apakah itu kambuh lagi ataukah ini IMS jengger ayam soalnya saya baru melakukan anal seks?

    Detail Answer
  • Infeksi Kelamin

    Dok, umur saya 28 thn blm menikah & blm pernah berhubungan seks. Sudah menginjak hari ke 3 ini saya mengalami infeksi pada bagian kelamin, hari 1 saya hanya mengira infeksi gatal biasa, karena pada awalnya gatal + bintik kemerahan & posisinya ada diantara pusar & bulu kelamin. Tiba-tiba di hari ke 2, kemerahan itu bertambah ke daerah penis & testis, rasa gatal pun hilang. Hingga di hari ini (ke 3) mulai ada bengkak di bagian penis, bintik merah + ada sedikit seperti nanah di batang & ujung penis, dan di bagian bawah pusar + di testis pun ikut melebar infeksinya, kencing pun hampir sakit, karena mengenai bagian kepala yg terkena infeksi itu, dan kondisi tubuh saya sampai skrg msh normal, tdk ada demam/panas. Sampai saat ini saya blm sempat ke dokter karena saya masih sibuk dgn pekerjaan. Besar harapan saya, bahwa dokter bisa membalas & memberikan solusi. Terima kasih dok.

    Detail Answer

Get the Newsletter! all about Infeksi

Our free healthy living newsletter delivers useful news, inspiring stories, and delicious recipes to your in-box every day.

Anda punya pertanyaan seputar Infeksi ?
Ask Doctor