Profile
All Topic

Pusat Informasi Infeksi

Tentang Infeksi

Infeksi merupakan gangguan pada tubuh yang disebabkan oleh mikrorganisme seperti bakteri, virus, jamur atau parasit. Mikroorganisme memang banyak terdapat pada tubuh manusia. Meski terkadang tidak berbahaya dan bahkan membantu proses kehidupan manusia, mikroorganisme juga dapat menyebabkan penyakit pada kondisi tertentu. Infeksi dapat ditularkan dari orang ke orang, baik melalui gigitan hewan ataupun kontaminasi makanan.

Gejala

  • Rubor (kemerahan)

  • Kalor (panas)

  • Dolor (nyeri)

  • Tumor (bengkak) Tumor (bengkak) Fungsio laesa (perubahan/penurunan fungsi)

Penyebab

  • bakteri : bakteri merupakan penyebab terbanyak dari infeksi

  • virus

  • parasit

  • fungi

Faktor Resiko

Cara penularannya dibagi menjadi kontak langsung dan tidak langsung. Kontak langsung terdiri atas penyebaran orang ke orang (misalnya dari bersin, kontak seksual, atau semacamnya), hewan ke orang (gigitan atau cakaran binatang, kutu dari binatang peliharaan), atau dari ibu hamil ke anaknya yang belum lahir melalui plasenta. Kontak tidak langsung terdiri atas gigitan serangga yang hanya menjadi pembawa dari mikroorganisme atau vektor (seperti nyamuk, lalat, kutu, tungau) dan kontaminasi air atau makanan. 

Komplikasi Akibat

Infeksi berulang, infeksi kronik, ruam kulit, diare, kerusakan pertumbuhan dan meningkatnya kerentanan terhadap kanker tertentu.

Diagnosa

Untuk mendiagnosis suatu infeksi adalah dengan anamnesis/ wawancara medis, pemeriksaan fisisk dan pemeriksaan penunjang. Dengan melihat gejalanya pada lokasi infeksi adalah dengan tanda seperti kemerahan, panas, nyeri, bengkak, penurunan fungsi dan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan darah lengkap yang meliputi: hemoglobin, leukosit, hematokrit, eritrosit, trombosit, MCH, MCHV, hitung jenis: basofil, eosinofil, batang segmen, limfosit, dan monosit, kimia klinik: LED, GDS.

Pengobatan

Pengobatan infeksi tergantung pada penyebab infeksinya apakah disebabkan oleh bakteri, jamur, virus atau parasit.

Pencegahan

Tindakan atau upaya pencegahan penularan penyakit infeksi adalah tindakan yang paling utama. Sebagai sumber penularan atau reservoir adalah orang/penderita, hewan, serangga (arthropoda) seperti lalat, nyamuk, kecoa, yang sekaligus dapat berfungsi sebagai media perantara. Contoh lain adalah sampah, limbah, ekskreta/sekreta dari penderita, sisa makanan, dan lain–lain. Apabila perilaku hidup sehat sudah menjadi budaya dan diimplementasikan dalam kehidupan sehari–hari, serta sanitasi lingkungan yang sudah terjamin, diharapkan kejadian penularan penyakit infeksi dapat ditekan seminimal mungkin.

Artikel Terkait

Pertanyaan Terkait

  • Luka Seperti Sariawan Di Vagina

    Selamat pagi dok, saya ingin bertanya. Sekitar 3 minggu yang lalu saya merasakan gatal di area kemaluan. Setelah saya periksakan ke dokter, dikatakan kemungkinan akibat infeksi jamur, lalu saya diberi antibiotik cefixime oral dan obat antijamur yg dimasukkan lewat vagina. Nah karena terasa gatal, saya sering tidak sadar menggaruknya. Lalu sekarang timbul luka seperti sariawan di area kemaluan saya dekat dengan anus dan terasa perih saat berjalan ataupun terkena air, namun tidak terasa nyeri saat buang air kecil dan terus mengeluarkan cairan berwarna kekuningan. Di sekitar kanan dan kirinya juga terdapat benjolan kecil. Kira kira itu kenapa ya dok? Apakah berbahaya? Jika saya harus memeriksan ulang ke dokter lagi sebaiknya ke dokter kandungan atau dokter spesialis penyakit kulit dan kelamin ya dok? Dan apakah itu bisa disembuhkan? Terimakasih atas jawabannya dok

    Detail Answer
  • Lama Pengobatan

    Selamat sore dok, kira-kira berapa lama masa pengobatan dan penyembuhan pada orang yg baru pertama kali terinfeksi herpes genital? Dan bagaimana cara mencegah kekambuhannya? Apakah org yg terinfeksi herpes genital tidak bisa berhubungan intim sampai seterusnya dan apakah bisa ditularkan ke bayi nantinya? Terimkasih banyak dokter. Salam.

    Detail Answer
  • Antisipasi

    Selamat siang dok . Dok kalo misalkan penyakit scabies saya pake scabimith dan mandi pake sabun asepso apa sembuh ? Kalo saya oleskan ke bagian kelamin saya apa hanya 10 menit lalu langsung di bilas ? Mohon bantuan nya ya dok

    Detail Answer
  • Jerawat Dan Sariawan Di Vagina

    Selamat malam dok, sekitar 3 hari yang lalu, saya merasakan sakit di daerah lubang vagina, awalnya saya berpikir itu lecet biasa. Tapi ada yang aneh karena vagina saya terus mengeluarkan cairan kuning. Kalau buang air kecil dan terkena air juga terasa perih, setelah saya cek ternyata ada seperti bintik bintik jerawat di bibir vagina saya dan luka seperti sariawan di lubang vagina saya. Kira kira itu kenapa dok ya? Dan bagaimana cara pengobatannya? Mohon dijawab pertanyaan saya dok, terimkasih banyak.

    Detail Answer
  • Benjolan Di Bibir Vagina Kanan

    Sore, saya mau tanya , baru tadi malam bibir vagina saya terdapat benjolan. sebelum muncul badan saya agak meriang. apakah berbahaya? bisakah menghilang dengan sendirinya Dok. karna saya takut sekali terjadi sesuatu . adakah salep untuk menghilangkan benjolan tersebut? terima kasih atas jawabannya.

    Detail Answer
  • Tepat Pengobatan

    Selamat pagi dok, saya ingin bertanya, kmarin teman saya didiagnosa terkena herpes genitalis oleh dokter. Dia lalu diberikan acyclovir 3x1 dan diminum selama 5 hari. Salep mata erlamycetin, sanmol forte diminum 3x1, Infus NaCl, dan kasa. Apakah pengobatan itu sudah tepat dok? Dan setrlah menggunakan salep itu dia merasa semakin nyeri di area lukanya dok. Terimkasih.

    Detail Answer
  • Histerektomi

    Dok .sy 3 mggu yll hbs operasi histerektomi parsial ada mium dan kista ...stelah seminggu knapa sy jd keputihan y dok..wrn hijau dan berbau tjm ..sdh diberi antibiotik masih sj keluar keputihan ...apakah itu wajar stelah operasi?

    Detail Answer
  • Iva Dan Papsmear

    Siang dok. Sy wanita usia 26th, suami 28th. Menikah juni 2015. Sd saat ini blm hamil. Riwayat sy sejak remaja. Sejak sd kelas6 sy keputihan. Sy menstruasi pertama kelas 2SMA. Rutin. Menginjak kelas 3SMA sy mulai merasakan nyeri haid setiap kali menstruasi. Sudah periksa ke obgyn. Usg rahim baik, keputihan tidak ada. Padahal yg sy rasakan setiap hr ada keputihan. Sd sy menikah. 2bln setelah menikah sy branikan kembali kontrol. Mengingat selaput dara sy sudah sobek. Jd bs dilakukan tes lbh detail. Trnyta ditemukan erosi luas. Iva positif. September 2015 sy jalani cryoterapi servik. Namun januari 2016 iva sy kembali positif. Akhirnya dilakukan lagi cryo ke 2. Lalu sy dilakukan vaksin gardasil sekalian. Pd bulan feb, april dan agustus 2016. Yg sy tnyakan. Kenapa ya dok sy bs smpai kena erosi servik. Padahal sy tdk pernah melakukan hub seksual sebelum menikah. Dan knp bs smpai kembali iva positif trulang? Dan masih keputihan sd sekarang? Trims

    Detail Answer
  • Keluar Cairan Kuning Setelah Haid Dan Nyeri Di Perut Bagian Bawah

    Dokter saya mau tanya , saya baru selsai haid , sudah tdak kluar darah , tapi malah keluar cairan berwarna kuning cukup bnyak d softex , tapi tidak menimbulkan rasa gatal sma sekali dan sudah brlangsung 2 hari stelah haid, Bru kali ini sy mngalaminya slama saya pernah haid. Dan perut saya sakit sekali seperti hari pertma haid , biasanya hanya 1-2 hari prtama sy mngalami nyeri haid yg tak tertahankan , tapi setelah haid malah lebih nyeri di perut bagian bawah terutama. sy selalu meminum pain killer sbagai obatnya , dlu memang sy periksa ke dokter ad kista d rahim , tapi masih dlam batas normal , shingga tdak saya check up lg. Apakah cairan kuning dan sakit perut sy trsebut ad hubungannya dok ? Gejala apakah ini ? Trimakasih.

    Detail Answer
  • Radang Panggul Apa Bisa Hamil?

    Dok, saya berusia 26 thn dan kmrn itu dgn suami berhubungan intim pada saat menstruasi (khilaf) dan beberapa hari kemudian sakit perut di bagian bawah dok. Saya merasakan panggul sakit banget dan udah di USG tidak ada apa2, kata dokter PID saya adalah 5.5 dan sejak 7 Juni kmrn dok selama 15 hari hanya diberi obat tradisional dan kemudian sakit lagi dan di USG lagi sekarang ada 2 bola di dalam kandungan dok yg seperti kista tp dokter mengira itu bukan kista karena kenapa 2 minggu sebelumnya tidak ada? Kista sebesar 6 cm tidak bisa tumbuh dalam 2 minggu kan dok? Lalu dokter bilang karena inflamasi jadi tumbuh bola ini dan kemudian saya diberi antibiotik, Puji Tuhan skrg saya merasa jauh lebih baik dok. Saya khawatir apa ini akan mempengaruhi kesuburan saya? Apa inflamasi nya sudah menyebar ke tuba falopi atau ovarium ya dok? Apa ada kemungkinan tuba nya tersumbat? Saya khawatir dok krn saya mau cepat punya anak. Bgmn utk make sure kalau tuba falopi tdk tersumbat dan ovarium baik2 saja?

    Detail Answer

Community

Get the Newsletter! all about Infeksi

Our free healthy living newsletter delivers useful news, inspiring stories, and delicious recipes to your in-box every day.

Anda punya pertanyaan seputar Infeksi ?
Ask Doctor