Profile
All Topic

Pusat Informasi Infeksi

Tentang Infeksi

Infeksi merupakan gangguan pada tubuh yang disebabkan oleh mikrorganisme seperti bakteri, virus, jamur atau parasit. Mikroorganisme memang banyak terdapat pada tubuh manusia. Meski terkadang tidak berbahaya dan bahkan membantu proses kehidupan manusia, mikroorganisme juga dapat menyebabkan penyakit pada kondisi tertentu. Infeksi dapat ditularkan dari orang ke orang, baik melalui gigitan hewan ataupun kontaminasi makanan.

Gejala

  • Rubor (kemerahan)

  • Kalor (panas)

  • Dolor (nyeri)

  • Tumor (bengkak) Tumor (bengkak) Fungsio laesa (perubahan/penurunan fungsi)

Penyebab

  • bakteri : bakteri merupakan penyebab terbanyak dari infeksi

  • virus

  • parasit

  • fungi

Faktor Resiko

Cara penularannya dibagi menjadi kontak langsung dan tidak langsung. Kontak langsung terdiri atas penyebaran orang ke orang (misalnya dari bersin, kontak seksual, atau semacamnya), hewan ke orang (gigitan atau cakaran binatang, kutu dari binatang peliharaan), atau dari ibu hamil ke anaknya yang belum lahir melalui plasenta. Kontak tidak langsung terdiri atas gigitan serangga yang hanya menjadi pembawa dari mikroorganisme atau vektor (seperti nyamuk, lalat, kutu, tungau) dan kontaminasi air atau makanan. 

Komplikasi Akibat

Infeksi berulang, infeksi kronik, ruam kulit, diare, kerusakan pertumbuhan dan meningkatnya kerentanan terhadap kanker tertentu.

Diagnosa

Untuk mendiagnosis suatu infeksi adalah dengan anamnesis/ wawancara medis, pemeriksaan fisisk dan pemeriksaan penunjang. Dengan melihat gejalanya pada lokasi infeksi adalah dengan tanda seperti kemerahan, panas, nyeri, bengkak, penurunan fungsi dan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan darah lengkap yang meliputi: hemoglobin, leukosit, hematokrit, eritrosit, trombosit, MCH, MCHV, hitung jenis: basofil, eosinofil, batang segmen, limfosit, dan monosit, kimia klinik: LED, GDS.

Pengobatan

Pengobatan infeksi tergantung pada penyebab infeksinya apakah disebabkan oleh bakteri, jamur, virus atau parasit.

Pencegahan

Tindakan atau upaya pencegahan penularan penyakit infeksi adalah tindakan yang paling utama. Sebagai sumber penularan atau reservoir adalah orang/penderita, hewan, serangga (arthropoda) seperti lalat, nyamuk, kecoa, yang sekaligus dapat berfungsi sebagai media perantara. Contoh lain adalah sampah, limbah, ekskreta/sekreta dari penderita, sisa makanan, dan lain–lain. Apabila perilaku hidup sehat sudah menjadi budaya dan diimplementasikan dalam kehidupan sehari–hari, serta sanitasi lingkungan yang sudah terjamin, diharapkan kejadian penularan penyakit infeksi dapat ditekan seminimal mungkin.

Artikel Terkait

Pertanyaan Terkait

  • Sakit Setelah Keguguran

    Dok mau tanyaa Kemaren saya hamil sekitar 9minggu dan setelah saya minum gastrul saya pendarahan selama lebih kurang 2-3hari stelah itu yang keluar cairan seperti keputihan . Dan saya belum melakukan test apa pun tapi kondisi saya saat ini sering sakit kepala dan masi mual nafsu makan sedikit berkurang . Kalau boleh tau itu kenapa dok ?

    Detail Answer
  • Kulup Penis Menyempit

    Salam, Perkenalkan dok saya seorang pria 26tahun dan tidak disunat. Masalahnya muncul kira-kira 1 minggu yang lalu, saya merasakan saat saya mengeluarkan kepala penis saya dr kulitnya (kulup) agak susah, ketika saya agak paksakan, batang penis dibagian bawah kepala seperti ditekan oleh kulitnya, padahal sebelumnya penis saya tidak bermasalah. Sepertinya kulit penis saya yg dulu elastis menjadi agak kaku, lebih bermasalah lagi ketika ereksi dimana ukuran penis membesar, kulit penis seperti ikut menakan, padahal sebelumnya tidak seperti itu. Kebetulan saat ini saya tinggal di kota yg tidak ada dokter spesialis kulit dan kelamin, apakah saya bs mendapatkan rekomendasi obat yang tepat, sementara saya menunggu untuk waktu ke dokter spesialis. Terimakasih.

    Detail Answer
  • Radang Panggul

    Selamat siang dok... Dok...sy wanita menikah usia 35 thn, dgn 2 anak yg kedua berumur 11 thn. Sudah 10 thn merencanakan kehamilan tp tak kunjung hamil. Terakhir sy periksa di dokter divonis radang panggul tp sy tdk keputihan hanya merasa nyeri pd perut kanan Apakah penyakit ini yg menyebabkan sy susah hamil lg dok.... Sy mau periksa ke dokter yg berbeda tp khawatir hasil diagnosisnya sm berarti sy harus mulai minum obat baru lagi donk... Trims atas jawabannya dok... :)

    Detail Answer
  • Benjolan Di Ketiak

    Dok mau nanya Adik saya perempuan umur 21 tahun ada benjolan di ketik katanya sakit klo di pegang juga sakit tapi klo di liat ketiaknya gx terlihat tapi kolo di pegang kerasa benjolannya dn skit kolo di pegng juga dan pas lengan nutup juga skit tadinya ada satu sekarang jdi ada dua tapi yg satunya ada bintik jerawatnya di atas itu kenapa ya dok sya khawatir dan adik saya takut kenapa2

    Detail Answer
  • Penis Bagian Dalam Terluka

    Salam, Sy mau tanya doc, saat berhubungan dg suami sy tdk sengaja mengenai penis dgn kuku dan ternyata terluka sampai berdarah dan itu ada area dalam penis, sekitar lubang penis.. apa hal tersebut bahaya?

    Detail Answer
  • Kaki Terasa Lumpuh Pasca Diinfus

    malam dok, awalnya kaki kiri saya terasa sakit, sakit yang benar sakit, nyeri, ngilu, kerasa pengen patah kalo mau di tekuk atau mau di luruskan dari posisi tekuk. dan tiba keesokannya kaki kanan tiba2 ada benjolan datang begitu aja. itu terjadi pasca saya di iinfus 31agustus18 karena Diare/muntaber. dan saya periksakan ke puskesmas dari puskes saya gak dapet jawaban apa2, hanya di beri obat dan Dr nya hanya bilang kalo masih begitu di suruh kembali, dan ya kaki saya belum membaik sampai detik ini, malah yang terjadi benjolannya menyebar ke kaki kiri saya, benjolannya makin banyak. saya pengen tahu ini kenapa?😑

    Detail Answer
  • Jahitan Persalinan Normal Terbuka

    Dok sy mau tanya.. Saya lahiran tgl 20 agt melalui persalinan normal, namun dikarenakan sulit ketika mengeluarkan bayinya, akhirnya dibantu alat vakum dan menyebabkan luka yg didapat cukup besar sampai ke anus.. Akan tetapi sampai 1 bulan luka saya tidak juga membaik, dan ketika diperiksakan ke bidan tempat sy melahirkan ternyata jahitan gagal dan copot sehingga agak terbuka di bagian vagina bawah. Bidan menjelaskan untuk lapisan bawah vagina sudah rapat, hanya bagian atas saja yg terbuka, dan tidak perlu dijahit ulang krn akan rapat dengan sendirinya. Apakah tidak masalah dok jika tdk dijahit ulang? Dan benar kah akan rapat dengan sendirinya? Dan saya sering merasakan pegal dibagian vagina ketika berdiri, sehingga tidak kuat jalan lama.. Apakah penyebab nya ya dok?

    Detail Answer
  • Penyakit Infeksi Mata

    Dok,mata kiri saya sudah seminggu memerah dan terasa ada pasir,setelah itu saya ke dokter dan didiagnosa ada virus yang menyerang kornea mata,dan di kasih obat tetes levovlocaxin serta salep hervis acyclovir,setelah 5 hari belum ada progress yang signifikan,apakah itu normal ataukah perlu penanganan lebih lanjut?

    Detail Answer
  • Dokter Langganan Libur

    sore, dok seminggu yang lalu saya pergi ke dokter penyakit dalam untuk berobat abses payudara. lalu diberikan resep obat antibiotik puyer jumlahnya 15 bungkus, dan disuruh control lagi tapi pas control berikutnya ternyata dokternya sedang cuti. apa yang harus saya lakukan? padahal obat sudah habis? apakah jumlah 15 bungkus itu jumlah ideal 1 strip obat?

    Detail Answer
  • Sakit Dibawah Perut Sebelah Kiri

    Halo Dok, Mau tanya kalau sakit dibawah perut sebelah kiri itu gejalanya apa ya?? Sdh 1 thn merasakan sakit ini. Sebelumnya sy sdh konsultasi ke dokter urologi, dan dinyatakan tidak ada keluhan apa2. Saya harus periksa ke dokter penyakit dalam atau kandungan ya?? Mohon dijawab ya Dok. Terimakasih Nia

    Detail Answer

Get the Newsletter! all about Infeksi

Our free healthy living newsletter delivers useful news, inspiring stories, and delicious recipes to your in-box every day.

Anda punya pertanyaan seputar Infeksi ?
Ask Doctor