Profile
All Topic

Pusat Informasi Infeksi

Tentang Infeksi

Infeksi merupakan gangguan pada tubuh yang disebabkan oleh mikrorganisme seperti bakteri, virus, jamur atau parasit. Mikroorganisme memang banyak terdapat pada tubuh manusia. Meski terkadang tidak berbahaya dan bahkan membantu proses kehidupan manusia, mikroorganisme juga dapat menyebabkan penyakit pada kondisi tertentu. Infeksi dapat ditularkan dari orang ke orang, baik melalui gigitan hewan ataupun kontaminasi makanan.

Gejala

  • Rubor (kemerahan)

  • Kalor (panas)

  • Dolor (nyeri)

  • Tumor (bengkak) Tumor (bengkak) Fungsio laesa (perubahan/penurunan fungsi)

Penyebab

  • bakteri : bakteri merupakan penyebab terbanyak dari infeksi

  • virus

  • parasit

  • fungi

Faktor Resiko

Cara penularannya dibagi menjadi kontak langsung dan tidak langsung. Kontak langsung terdiri atas penyebaran orang ke orang (misalnya dari bersin, kontak seksual, atau semacamnya), hewan ke orang (gigitan atau cakaran binatang, kutu dari binatang peliharaan), atau dari ibu hamil ke anaknya yang belum lahir melalui plasenta. Kontak tidak langsung terdiri atas gigitan serangga yang hanya menjadi pembawa dari mikroorganisme atau vektor (seperti nyamuk, lalat, kutu, tungau) dan kontaminasi air atau makanan. 

Komplikasi Akibat

Infeksi berulang, infeksi kronik, ruam kulit, diare, kerusakan pertumbuhan dan meningkatnya kerentanan terhadap kanker tertentu.

Diagnosa

Untuk mendiagnosis suatu infeksi adalah dengan anamnesis/ wawancara medis, pemeriksaan fisisk dan pemeriksaan penunjang. Dengan melihat gejalanya pada lokasi infeksi adalah dengan tanda seperti kemerahan, panas, nyeri, bengkak, penurunan fungsi dan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan darah lengkap yang meliputi: hemoglobin, leukosit, hematokrit, eritrosit, trombosit, MCH, MCHV, hitung jenis: basofil, eosinofil, batang segmen, limfosit, dan monosit, kimia klinik: LED, GDS.

Pengobatan

Pengobatan infeksi tergantung pada penyebab infeksinya apakah disebabkan oleh bakteri, jamur, virus atau parasit.

Pencegahan

Tindakan atau upaya pencegahan penularan penyakit infeksi adalah tindakan yang paling utama. Sebagai sumber penularan atau reservoir adalah orang/penderita, hewan, serangga (arthropoda) seperti lalat, nyamuk, kecoa, yang sekaligus dapat berfungsi sebagai media perantara. Contoh lain adalah sampah, limbah, ekskreta/sekreta dari penderita, sisa makanan, dan lain–lain. Apabila perilaku hidup sehat sudah menjadi budaya dan diimplementasikan dalam kehidupan sehari–hari, serta sanitasi lingkungan yang sudah terjamin, diharapkan kejadian penularan penyakit infeksi dapat ditekan seminimal mungkin.

Artikel Terkait

Pertanyaan Terkait

  • Prosedur Appendicografi Yang Bersumber Dari Buku Internasional

    Dok, ada salah satu dokter spesialis radiologi dari RS. S yang meminta ke saya untuk mencari prosedur pemeriksaan appendicografi yang bersumber dari buku internasional. Kira-kira dari buku apa ya dok? Mohon bantuannya, terimakasih

    Detail Answer
  • Telinga Kanan Terasa Sakit

    dok , saya mau tanya. awalnya telinga saya biasa" saja lalu telinga saya terasa gatal & lalu saya bersihkan. saya pikir mungkin karena kotor maka dari itu saya bersihkan menggunakan cottunbud. setelah dibersihkan telinga saya tiba" ke sore harinya terasa sakit banged lebih tepatny sakit di dalam telinga saya sampai saya tidak dapat tidur di karenakan sakit sekali. kira" cara penyembuhan ny seperti apa dan gimana ya dok ??

    Detail Answer
  • Erosi Serviks

    Apakah erosi serviks bisa terjadi sampai bertahun tahun? Saya pernah sembuh dr erosi serviks ketika hamil namun setelahnya ketika melakukan hub intim suka keluar darah, tidak mengalir namun terlihat saat dibasuh,, misss v juga terasa perih,, Apa yg harus saya lakukan?

    Detail Answer
  • Warna Kuku Kaki Berwarna Orange

    Dok, hari sabtu kemarin saya melihat kuku kaki saya berwarna agak orange,,samar..hari berikutny makin agak nyata dan sekarang di kuku tangan bagian pinggir mulai ada warna orange juga? apa penyebabnya?dan indikasi apa ya? tepatkah saya ke dokter spesialis kulit? perempuan, 24th

    Detail Answer
  • Iva Dan Papsmear

    Siang dok. Sy wanita usia 26th, suami 28th. Menikah juni 2015. Sd saat ini blm hamil. Riwayat sy sejak remaja. Sejak sd kelas6 sy keputihan. Sy menstruasi pertama kelas 2SMA. Rutin. Menginjak kelas 3SMA sy mulai merasakan nyeri haid setiap kali menstruasi. Sudah periksa ke obgyn. Usg rahim baik, keputihan tidak ada. Padahal yg sy rasakan setiap hr ada keputihan. Sd sy menikah. 2bln setelah menikah sy branikan kembali kontrol. Mengingat selaput dara sy sudah sobek. Jd bs dilakukan tes lbh detail. Trnyta ditemukan erosi luas. Iva positif. September 2015 sy jalani cryoterapi servik. Namun januari 2016 iva sy kembali positif. Akhirnya dilakukan lagi cryo ke 2. Lalu sy dilakukan vaksin gardasil sekalian. Pd bulan feb, april dan agustus 2016. Yg sy tnyakan. Kenapa ya dok sy bs smpai kena erosi servik. Padahal sy tdk pernah melakukan hub seksual sebelum menikah. Dan knp bs smpai kembali iva positif trulang? Dan masih keputihan sd sekarang? Trims

    Detail Answer
  • Infeksi Kuku (paronychia)

    Selamat malam dok. Saya laki-laki umur 19 th, Setelah mengalami infeksi disekitar kuku jempol kaki sebelah kiri selama kurang lebih 3 minggu terakhir akhirnya jum'at kemarin dilakukan operasi lokal (berdasarkan saran dan dilakukan oleh dokter profesional) dengan mencabut total kuku tesebut. Ini kali kedua kuku jempol kaki kiri saya diangkat setelah operasi yang pertama pada bulan september 2015 dengan permasalahan yang sama. Yang ingin saya tanyakan adalah: pertama, apa yang harus dilakukan untuk mempercepat penyembuhan pasca operasi supaya luka cepat kering dan tidak terjadi infeksi? Kedua, apa yang harus dilakukan supaya tidak terulang kembali infeksi tersebut? Mohon sarannya, terimakasih

    Detail Answer
  • Infeksi Gigitan Serangga?

    Malam dokter. Sekitar 3 bulan yg lalu ibu saya merasa digigit serangga di bagian kaki (dibawah lutut). Akan tetapi selama 2 bulan kmrin kondisi bekas gigitan serangga tidak begitu significant. 1 bulan terakhir ini, di bawah lutut ibu saya menjadi seperti benjolan, ruam, merah (bentuknya bulat seukuran coin) dan terkadang gatal. Apa yang harus kami lakukan dok? Saya juga khwatir apabila ini ada gejala penyakit lain. Tolong dijawab ya dok. Terima kasih banyak.

    Detail Answer
  • Infeksi Pencernaan

    Permisi dok, saya ingin bertanya saya sudah ke dokter 2x, bilangnya saya kena muntaber atau infeksi usus, karena saya habis makan nasi goreng pedas, terus saya muntah", tapi sudah hari ke 3 ini saya minum obat; saya sudah tidak muntah, tapi setiap saya makan, saya slalu merasa ingin muntah, perut saya tidak enak, karena 3 hari ini saya sudah tidak bisa makan, hanya sedikit" saja. Sebenarnya saya kenapa ya dok?

    Detail Answer
  • Keluar Cairan Kuning Setelah Haid Dan Nyeri Di Perut Bagian Bawah

    Dokter saya mau tanya , saya baru selsai haid , sudah tdak kluar darah , tapi malah keluar cairan berwarna kuning cukup bnyak d softex , tapi tidak menimbulkan rasa gatal sma sekali dan sudah brlangsung 2 hari stelah haid, Bru kali ini sy mngalaminya slama saya pernah haid. Dan perut saya sakit sekali seperti hari pertma haid , biasanya hanya 1-2 hari prtama sy mngalami nyeri haid yg tak tertahankan , tapi setelah haid malah lebih nyeri di perut bagian bawah terutama. sy selalu meminum pain killer sbagai obatnya , dlu memang sy periksa ke dokter ad kista d rahim , tapi masih dlam batas normal , shingga tdak saya check up lg. Apakah cairan kuning dan sakit perut sy trsebut ad hubungannya dok ? Gejala apakah ini ? Trimakasih.

    Detail Answer
  • Madu Dan Bawang Putih

    Apa manfaat menkonsumsi air rebusan madu dan bawang putih yang ditumbuk/ hanya direndam air hangat ? Dan apakah menkonsumsi secara terus menerus memiliki dampak postif maupun negatif bagi tubuh. atas jawabannya terima kasih dok

    Detail Answer

Community

Get the Newsletter! all about Infeksi

Our free healthy living newsletter delivers useful news, inspiring stories, and delicious recipes to your in-box every day.

Anda punya pertanyaan seputar Infeksi ?
Ask Doctor