Profile
All Topic

Pusat Informasi Infeksi

Tentang Infeksi

Infeksi merupakan gangguan pada tubuh yang disebabkan oleh mikrorganisme seperti bakteri, virus, jamur atau parasit. Mikroorganisme memang banyak terdapat pada tubuh manusia. Meski terkadang tidak berbahaya dan bahkan membantu proses kehidupan manusia, mikroorganisme juga dapat menyebabkan penyakit pada kondisi tertentu. Infeksi dapat ditularkan dari orang ke orang, baik melalui gigitan hewan ataupun kontaminasi makanan.

Gejala

  • Rubor (kemerahan)

  • Kalor (panas)

  • Dolor (nyeri)

  • Tumor (bengkak) Tumor (bengkak) Fungsio laesa (perubahan/penurunan fungsi)

Penyebab

  • bakteri : bakteri merupakan penyebab terbanyak dari infeksi

  • virus

  • parasit

  • fungi

Faktor Resiko

Cara penularannya dibagi menjadi kontak langsung dan tidak langsung. Kontak langsung terdiri atas penyebaran orang ke orang (misalnya dari bersin, kontak seksual, atau semacamnya), hewan ke orang (gigitan atau cakaran binatang, kutu dari binatang peliharaan), atau dari ibu hamil ke anaknya yang belum lahir melalui plasenta. Kontak tidak langsung terdiri atas gigitan serangga yang hanya menjadi pembawa dari mikroorganisme atau vektor (seperti nyamuk, lalat, kutu, tungau) dan kontaminasi air atau makanan. 

Komplikasi Akibat

Infeksi berulang, infeksi kronik, ruam kulit, diare, kerusakan pertumbuhan dan meningkatnya kerentanan terhadap kanker tertentu.

Diagnosa

Untuk mendiagnosis suatu infeksi adalah dengan anamnesis/ wawancara medis, pemeriksaan fisisk dan pemeriksaan penunjang. Dengan melihat gejalanya pada lokasi infeksi adalah dengan tanda seperti kemerahan, panas, nyeri, bengkak, penurunan fungsi dan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan darah lengkap yang meliputi: hemoglobin, leukosit, hematokrit, eritrosit, trombosit, MCH, MCHV, hitung jenis: basofil, eosinofil, batang segmen, limfosit, dan monosit, kimia klinik: LED, GDS.

Pengobatan

Pengobatan infeksi tergantung pada penyebab infeksinya apakah disebabkan oleh bakteri, jamur, virus atau parasit.

Pencegahan

Tindakan atau upaya pencegahan penularan penyakit infeksi adalah tindakan yang paling utama. Sebagai sumber penularan atau reservoir adalah orang/penderita, hewan, serangga (arthropoda) seperti lalat, nyamuk, kecoa, yang sekaligus dapat berfungsi sebagai media perantara. Contoh lain adalah sampah, limbah, ekskreta/sekreta dari penderita, sisa makanan, dan lain–lain. Apabila perilaku hidup sehat sudah menjadi budaya dan diimplementasikan dalam kehidupan sehari–hari, serta sanitasi lingkungan yang sudah terjamin, diharapkan kejadian penularan penyakit infeksi dapat ditekan seminimal mungkin.

Artikel Terkait

Pertanyaan Terkait

Get the Newsletter! all about Infeksi

Our free healthy living newsletter delivers useful news, inspiring stories, and delicious recipes to your in-box every day.

Anda punya pertanyaan seputar Infeksi ?
Ask Doctor