Profile
All Topic

Pusat Informasi Influenza

Tentang Influenza

Influenza adalah infeksi virus yang menyerang sistem pernapasan : hidung, tenggorokan dan paru-paru. Influenza yang biasa disebut flu, tidak sama dengan virus “flu perut” yang menyebabkan diare dan muntah.

Gejala

Awalnya, flu mungkin tampak seperti batuk pilek biasa dengan bersin-bersin, hidung meler dan sakit tenggorokan. Tapi batuk pilek (atau kita sebut sebagai common cold) biasanya berkembang perlahan, sedangkan flu cenderung datang tiba-tiba. Dan meskipun dingin bisa menjadi gangguan, Anda biasanya merasa jauh lebih buruk dengan flu.

Tanda-tanda umum dan gejala flu meliputi:

  • Demam lebih dari 380C
  • Sakit otot, terutama pada lengan punggung dan kaki
  • Menggigil dan berkeringat
  • Sakit kepala
  • Batuk kering
  • Kelelahan dan lemah, sehingga membuat kita hampir tidak produktif dalam bekerja
  • Hidung tersumbat

Penyebab

Virus flu dapat ter-transmisi melalui udara ketika seseorang yang sedang terinfeksi batuk, bersin atau berbicara. Anda dapat menghirup, ataupun mendapatkannya saat sedang bersentuhan dengan barang-barang seperti telepon atau keyboard komputer . Virus tersebut biasanya disalurkan ke mata, hidung atau mulut.


Virus influenza berubah setiap waktu. Jika Anda mengalami influenza di masa lalu, tubuh Anda telah membuat antibodi untuk melawan virus tertentu. Jika virus influenza masa depan mirip dengan apa yang Anda miliki sebelumnya, baik dengan memiliki penyakit atau dengan vaksinasi, antibodi tersebut dapat mencegah infeksi atau mengurangi keparahan.

Tetapi antibodi terhadap virus flu yang ditemui di masa lalu tidak dapat melindungi seseorang dari infeksi virus influenza subtipe baru yang sangat berbeda struktur imunologinya. Empat subtipe virus telah muncul pada manusia sejak epidemi global (pandemi) tahun 1918, yang menewaskan puluhan juta orang.

Faktor Resiko

Beberapa hal berikut adalah faktor risiko seseorang terkena infeksi influenza, yaitu :

  • Umur
    Influenza musiman cenderung menargetkan anak muda dan orang di atas 65. Namun, tampaknya paling sering terjadi pada remaja dan dewasa muda.
     
  • Pekerjaan
    Pekerja perawatan kesehatan dan personil perawatan anak lebih mungkin untuk memiliki kontak dekat dengan seseorang yang terinfeksi influenza.
     
  • Kondisi hidup
    Orang-orang yang tinggal di fasilitas bersama dengan warga lainnya, seperti rumah jompo atau barak militer, lebih mungkin untuk mengembangkan flu.
     
  • Sistem kekebalan tubuh yang lemah
    Pengobatan kanker, obat anti-penolakan, kortikosteroid dan HIV / AIDS dapat melemahkan sistem kekebalan Anda. Hal ini dapat membuat virus influenza masuk dan berkembang dalam tubuh.
     
  • Penyakit kronis
    Kondisi kronis, seperti asma, diabetes atau jantung, dapat meningkatkan risiko komplikasi influenza
  • Kehamilan
    Wanita hamil lebih mungkin untuk mengalami komplikasi influenza, terutama pada trimester kedua dan ketiga.

Komplikasi Akibat

Jika Anda masih muda dan sehat, influenza musiman biasanya tidak serius. Meskipun Anda mungkin merasa sengsara saat mengalaminya, flu biasanya hilang tanpa efek permanen. Tapi anak-anak berisiko tinggi dan dewasa dapat mengalami komplikasi seperti:

  • Pneumonia
  • Bronkitis
  • Infeksi sinus
  • Infeksi telinga

Pneumonia adalah bentuk komplikasi yang paling umum dan paling serius. Untuk orang dewasa yang lebih tua dan orang dengan penyakit kronis, pneumonia dapat mengancam nyawa. Perlindungan terbaik adalah dengan mendapatkan vaksinasi terhadap kedua pneumonia pneumokokus dan influenza.

Pengobatan

Biasanya, Anda tak perlu melakukan banyak hal selain istirahat dan mengkonsumsi banyak cairan untuk mengobati flu. Namun dalam beberapa kasus, dokter dapat meresepkan obat antivirus. Jika diminum segera setelah Anda melihat gejala-gejala, obat ini dapat mempersingkat penyakit Anda dan membantu mencegah komplikasi serius.

 

Pencegahan

Cara paling jitu untuk mencegah infeksi virus flu adalah dengan melakukan vaksinasi. Vaksinasi cukup diberikan sekali setahun, biasanya dalam bentuk suntikan. Pemberian vaksinasi tidak serta merta melindungi seseorang 100% dari virus flu, namun setidaknya orang yang telah divaksin, bila terkena flu, umumnya gejala yang dialami jauh lebih ringan.

Selain itu, beberapa hal sederhana yang dapat dilakukan guna mencegah infeksi influenza adalah :

  • Cuci tangan
    Teliti dan sering mencuci tangan adalah cara terbaik untuk mencegah infeksi yang umum. Gosok tangan Anda dengan benar selama setidaknya 15 detik. Atau gunakan alkohol pembersih tangan berbahan dasar bila sabun dan air tidak tersedia.
     
  • Tutup mulut dan hidung
    Tutup mulut dan hidung ketika Anda bersin atau batuk. Untuk menghindari kontaminasi tangan, batuk atau bersin ke dalam jaringan atau ke dalam lekukan dalam siku Anda.
     
  • Hindari orang banyak
    Flu menyebar dengan mudah dimanapun orang berkumpul seperti pusat-pusat penitipan anak, sekolah, gedung perkantoran, auditorium dan transportasi umum. Dengan menghindari kerumunan selama musim flu puncak, Anda mengurangi kesempatan Anda untuk infeksi.

Artikel Terkait

Pertanyaan Terkait

  • Anak Sering Bapil

    Selamat malam dok, anak perempuan saya saat ini berusia 3 tahun 4 bulan dengan bb 15kg dan tb 98cm. Sudah beberapa bulan ini dia sering terkena pilek yang kemudian merambah ke batuk. Pergi ke dsa diberi obat, minum obat seminggu sembuh 2-3 hari lalu bapil lagi. Dsa bilang alergi tapi tidak tahu alergi apa. Lingkungan sudah dibersihkan dari debu tapi masih begitu, tiap hari juga berjemur dan makan makanan bergizi. Menurut dokter, apa yang harus saya lakukan? Apakah ada suplemen untuk menambah daya tahan tubuh? Ataukah sebaiknya saya bawa ke THT untuk pemeriksaan lebih lanjut? Terima kasih sebelumnya, dokter

    Detail Answer
  • Hidung Berdarah

    Mohon penjelasannya .. Saya memiliki sinusitis .. Dan 3 mggu terakhir ini kedua hidung saya sering kali berdarah tetapi hanya didlam hidung Begitu nafas agak susah saya bersin dan keluar darah yg lumayan banyak Apakah ada penyakit serius ya dok

    Detail Answer

Get the Newsletter! all about Influenza

Our free healthy living newsletter delivers useful news, inspiring stories, and delicious recipes to your in-box every day.

Anda punya pertanyaan seputar Influenza ?
Ask Doctor