Profile
All Topic

Pusat Informasi Insomnia

Tentang Insomnia

Insomnia merupakan suatu masalah tidur secara umum yang dapat mempengaruhi kualitas hidup seseorang. Orang-orang dengan insomnia akan mengalami kesulitan tidur atau tetap tertidur. Mereka mungkin bangun pada malam hari atau bangun terlalu pagi keesokan harinya.

Gejala

Berikut gejala-gejala insomnia  :

  • Anda menjadi lebih sulit tidur. Hal ini dapat berarti berbaring di tempat tidur sampai satu jam atau lebih, bolak-balik, hingga menunggu untuk jatuh tertidur.
  • Bangun pada malam hari dan mengalami kesulitan untuk tidur kembali.
  • Bangun terlalu dini di pagi hari.
  • Merasa lelah ketika mereka bangun, seperti mereka tidak cukup tidur.
  • Merasa kesal, mengantuk, atau cemas, dan tidak mampu mendapatkan sesuatu dilakukan pada siang hari.

Penyebab

Insomnia dapat disebabkan oleh banyak hal. Berikut beberapa penyebab terjadinya insomnia pada seseorang :

  • Stres
  • Depresi
  • Kebiasaan tidur yang buruk
  • Perubahan kebiasaan tidur Anda atau lingkungan
  • Masalah kesehatan lainnya
  • Stimulan
  • Kurang olahraga teratur

Faktor Resiko

Resiko terkena insomnia antara lain:

  • Wanita dua kali lebih besar kemungkinannya mengalami insomnia. Perubahan hormon saat siklus dan menopause memainkan peran
  • Berusia lebih dari 60 tahun
  • Mengalami gangguan kesehatan mental
  • Mengalami stress
  • Bekerja pada malam hari
  • Konsumsi kafein, nikotin, atau alkohol

Komplikasi Akibat

Dampak yang ditimbulkan oleh insomnia kronik yaitu gangguan mood, konsentrasi, daya ingat.

Diagnosa

Penegakan diagnosis insomnia bisa didapat melalui anamnesis, dan pemeriksaan tambahan seperti sleep wake diaries, aktigrapi, polisomnograpi.

Pengobatan

Beberapa orang mungkin perlu obat sementara untuk membantu mereka tertidur. Dokter sering meresepkan obat untuk waktu yang singkat jika pengobatan lainnya tidak bekerja. Tetapi obat tidak bekerja dengan baik dari waktu ke waktu sebagai perubahan gaya hidup dan perilaku.

Pengobatan yang terbaik sebagai pengobatan jangka pendek dikombinasikan dengan perubahan gaya hidup dan perilaku. Biasanya, dokter akan menyarankan konseling, yang dapat membantu Anda mempelajari kebiasaan baru yang dapat membantu Anda tidur lebih baik.

Pencegahan

Untuk mencegah insomnia, anda dapat menerapkan beberapa tips berikut:

  • Hilangkan semua kecemasan sebelum anda ingin memulai tidur
  • Tidur dan bangunlah dalam periode waktu yang teratur setiap hari. Waktu tidur yang kacau akan mengacaukan waktu tidur anda selanjutnya.
  • Mengatur ruang tidur senyaman mungkin. Lalu, ciptakan suasana yang tenang dan gelap, dan gunakanlah bantal atau selimut yang bersih dan segar dan jaga suhu ruangan senyaman mungkin (jangan terlalu panas atau dingin).
  • Hindari mengkonsumsi zat terlarang dan minuman keras.
  • Hindari konsumsi kafein dalam segala bentuk setelah makan siang.

Artikel Terkait

Pertanyaan Terkait

Get the Newsletter! all about Insomnia

Our free healthy living newsletter delivers useful news, inspiring stories, and delicious recipes to your in-box every day.

Anda punya pertanyaan seputar Insomnia ?
Ask Doctor