Profile
All Topic

Pusat Informasi Jerawat

Tentang Jerawat

Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang sangat sering dijumpai. Bahkan tak jarang problem kulit ini dapat sangat mengganggu, karena sangat berkaitan dengan penampilan kita. Faktor hormonal dipercaya memegang peran yang cukup penting akan terjadinya jerawat. Jerawat seringkali muncul di daerah wajah, yang mana tentulah sangat mengganggu. Selain di wajah, jerawat juga sering muncul di daerah leher, dada, punggung dan bahu. Daerah tersebut berkaitan dengan banyaknya kelenjar minyak, sebagai penyebab terjadinya jerawat.

Gejala

Jenis jerawat dapat berbentuk :

  • Komedo (dengan kepala putih maupun hitam), disebabkan oleh tersumbatnya sekresi minyak ditambah dengan terkumpulnya sel kulit yang mati dan terkadang disertai infeksi bakteri.
  • Papula yang biasanya berbentuk benjolan kecil dengan warna kemerahan, dikarenakan proses radang.
  • Pustula yang berwarna merah dengan puncak berisi nanah keputihan.
  • Nodula yang biasanya lebih keras, berukuran lebih besar dan menimbulkan rasa nyeri, dan terletak di bawah kulit.
  • Kista yang menimbulkan rasa nyeri dan berisi nanah akibat infeksi.

Penyebab

Ada tiga faktor yang menjadi penyebab timbulnya jerawat :
a.    Produksi minyak yang berlebih
b.    Sel kulit mati yang berlebihan akan menimbulkan iritasi pada pori-pori.
c.    Berkembangnya bakteri pada kulit

Jerawat terjadi ketika pori-pori kulit tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati. Sumbatan ini dapat menjadi penyebab tonjolan pada pori-pori dan menjadi komedo yang berwarna putih. Atau, sumbatan dapat terbuka di permukaan kulit dan menghitam dan menjadi komedo yang berwarna hitam.

Jerawat akan menimbulkan titik merah dengan pusat berwarna putih yang tumbuh ketika pori-pori tersumbat meradang dan terinfeksi. Penutupan dan peradangan ini terjadi di dalam pori-pori kulit yang menghasilkan benjolan dibawah permukaan kulit yang disebut dengan kista.

Tidak diketahui apa yang menyebabkan meningkatnya produksi minyak yang menimbulkan jerawat. Tetapi beberapa hal – hormon, bakteri, perawatan medis tertentu dan keturunan – memainkan peran.

Jerawat bukan disebabkan oleh kotoran. Faktanya, menggosok kulit terlalu keras atau membersihkan wajah dengan sabun yang kasar atau zat kimia lain akan membuat iritasi pada kulit dan dapat menyebabkan jerawat bertambah parah. Pembersihan kulit secara sederhana untuk menghilangkan minyak dan sel kulit mati adalah hal yang diperlukan.
 

Faktor Resiko

Perubahan hormon pada tubuh dapat memicu atau memperburuk jerawat. Perubahan ini biasa terjadi pada :

  • Remaja, baik laki-laki maupun perempuan
  • Wanita maupun anak gadis, pada dua sampai tujuh hari sebelum periode mentruasi
  • Wanita hamil
  • Orang-orang yang menggunakan pengobatan medis tertentu, termasuk adalah cortisone


Faktor risiko lain yang termasuk adalah :

  • Penggunaan secara langsung zat yang mengandung minyak pada kulit, atau penggunaan kosmetik tertentu secara langsung pada kulit.
  • Catatan dalam keluarga – jika orang tua anda memiliki jerawat, maka kemungkinan anda juga akan memiliki jerawat.
  • Gesekan atau tekanan pada wajah yang disebabkan oleh berbagai benda, seperti telepon ataupun telepon genggam, helm, kerah yang ketat dan tas punggung.
     

Pengobatan

Saat jerawat yang anda alami membaik atau hilang, Anda dapat melanjutkan pengobatan medis atau perawatan lainnya untuk mencegah timbulnya jerawat baru. Berkonsultasi dengan dokter guna menanyakan bagaimana cara mencegah timbulnya jerawat baru dapat menjadi solusi terbaik. Di luar itu, mmebersihkan kulit secara rutin dengan pembersih yang lembut serta menghindari bersentuhan dengan area jerawat juga dapat membantu pencegahan munculnya jerawat

 

Pencegahan

Tips lain untuk mencegah timbulnya jerawat adalah :

  • Bersihkan area kulit yang memiliki kencenderungan jerawat akan timbul dua kali sehari. Membersihkan kulit akan menghilangkan kelebihan minyak dan sel kulit mati. Gunakanlah produk perawatan kulit yang berbahan dasar air dan bebas dari kandungan minyak
     
  • Gunakan krim atau jel penghilang jerawat untuk membantu kulit tetap kering dari minyak yang berlebih. Gunakan produk yang mengandung benzoyl peroxide atau salicylic acid sebagai bahan aktif.
     
  • Hindari alas bedak makeup yang tebal. Gunakan kosmetik krim sebagai alas sebelum kosmetik bubuk dipakai.
     
  • Bersihkan makeup sebelum tidur. Tidur dengan kosmetik yang masih menempel pada kulit dapat menyumbat pori-pori kulit. Pastikan juga Anda tidak menggunakan kosmetik lama.
     
  • Bersihkan peralatan kosmetik anda secara berkala dengan air sabun guna mencegah datangnya bakteri berbahaya.
     
  • Hindari penggunaan pakaian yang terlalu ketat. Pakaian yang ketat dapat menyimpan panas dan uap air dan dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Hindari juga tali / karet, tas punggung, helm atau peralatan olahraga yang ketat untuk mencegah tekanan pada kulit.
     
  • Mandilah setelah berolahraga atau melakukan aktifitas yang mengeluarkan banyak keringat . Minyak dan keringat pada kulit dapat menahan kotoran dan bakteri.

 

Artikel Terkait

Pertanyaan Terkait

  • Luka Bekas Jerawat

    Halo dok, kemarin sy mengalami peradangan di wajah krn memencet jerawat, sangat pedih sperti terinfeksi&menjadi; luka, di hari ke 3 tidak sengaja terbuka&mengeluarkan; nanah yg cukup besar dok. Hari ke 6 saya pergi ke dokter spkk saat itu keadaan luka lumayan tertutup tp msh merah dipinggirannya berwarna hitam. Dokter memberi saya cream jerawat ack 2 dan antibiotik. Pertanyaan saya bgaimana bisa cream jerawat menghilangkan luka ini dok? Tdnya sy berharap diberi salep saja yg menghilangkan luka nya sj. Bagaimana agar luka nya tdk jadi bopeng dok?. Krn semakin hari warnanya mnjd *merah muda dan mendekati putih* sy takut menjadi bekas putih yang tdk bisa hilang? Luka tdk menonjol hanya sedikit kasar Dan jika dibandingkan bagus mana antara mederma dan dermatix dok untuk luka yg spt ini. Umur;19tahun kulit berminyak

    Detail Answer
  • Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

    Dok, bagaimana menghilangkan bekas jerawat karena faktor keturunan ?

    Detail Answer
  • Fase Penyembuhan Kulit Wajah Yg Terluka

    Dok kemarin saya mengalami peradangan di pipi krn memencet jerawat. Selama 2 hari sangat perih meradang dan hari ke3 tdk sengaja terkelupas dan mengeluarkan nanah. Hati ke 5 luka lumayan menutup tp msh berwarna merah muda dg pinggiran berwarna gelap. Tdk menonjol tp kasar. Pertanyaan saya bagaimana ciri2 luka yg tdk akan berubah menjadi bopeng/menonjol dok? Lalu apa tanda dr luka yg berawarna putih? Dan bagaimana cara menghilangkannya harus dg salep yg memiliki kandungan bahan apa untuk meratakan warna putih pada bekas luka?terimakasih

    Detail Answer
  • Jerawat Pasir

    bagaimana cara mengatasi jerawat pasir dengan ramuan herbal apakah ?

    Detail Answer
  • Jerawat

    dok bagaimana menghilangkan flek hitam di wajah ya.... dengan tipe wajah saya cepet berminyak... mohon penjelasanya

    Detail Answer
  • Bolehkah Ibu Hamil Pakai Wardah White Secret?

    Dok saya mau tanya, umur saya 21th dulu saya pakai cream pemutih sekarang saya lagi progam hamil cuman kata kaka saya ga boleh pakai cream yg biasanya saya pake. Saya ganti sama wardah white secret, cuman seminggu saya make kulit saya muncul jerawat Pas saya baca baca lagi dia untuk umur 25th keatas. Kirakira apa yaa dok cream yg bagus untuk saya yg lagi progam hamil?

    Detail Answer
  • Jerawat Bermunculan Setelah Memakai Masker

    Dok saya ingin bertanyaa, selama ini kulit saya berminyak dan jrg muncul jerawat. Jerawat muncul cmn sesekali ketika akan terjadi mens. Kemarin lusa saya baru beli masker di sebuah olshop. Dan keesokan setelah memakainya saat bangun tidur kenapa wajah saya penuh dengan jerawat ya dok, jerawat kecil kdg juga ada putih2nya tp memenuhi mukaa. Pdhl slm ini saya tidak pernah mempunyai jerawat sebanyak itu. Rasanyaa ingin nangis melihat muka saya jadi gk karu2an. Apa yg harus saya lakukan dok agar wajah saya bersih lagi. Saya gk pede dengan jerawat sebanyak ini

    Detail Answer
  • Apakah Susu Kedelai Menyebabkan Jerawat?

    Selamat sore dok. Saya perempuan berumur 17 th dan saya sdh mengalami kulit wajah berjerawat sejak saya berumur 12 th. Jerawat saya saat ini bisa dikatakan cukup parah karena ada jerawat di hampir semua area di wajah saya. Saat saya ke dokter kulit sekitar 3 tahun yang lalu, saya diberi tahu bahwa susu menjadi salah satu pemicu jerawat, maka semenjak itu saya menghindari konsumsi susu sebisa mungkin. Namun, belakangan ini berat badan saya naik dok, selama 6 bulan terakhir ini saya sudah mengalami kenaikan berat badan sebesar 4kg, hal ini membuat saya khawatir, padahal saya hanya mengonsumsi oatmeal sebagai menu sarapan saya dan tdk makan malam, namun berat badan saya masih saja tetap meningkat. Dari situ, ibu saya menyarankan untuk mengganti menu sarapan saya dari oatmeal menjadi susu kedelai. Apakah hal itu akan berpengaruh dok? Dan apakah susu kedelai baik untuk kesehatan kulit saya ataukah justru akan memperburuk jerawat di wajah saya dok? Terima kasih, saya tunggu responnya.

    Detail Answer
  • Apa Beda Purging Dengan Breakout

    Pagi dokter, saya punya masalah dengan wajah yang timbul bruntusan akibat pakai skinsacre seminggu pemakain tdk ada masalah, seminggu kemudian timbul bruntusan apakah itu purging atau break out? saya tanya membernya katanya itu detox , tp untuk skrg ini saya hentikan pemakaian skinscarenya dan hanya sy olesi blimbing wuluh, apakah aman dok? bagaimana cara mengatasinya? apakah harus dilanjut skinscrenya atau berhenti? dan bagaiman ciri skin scare yang aman, Terimakasih.

    Detail Answer
  • Luka Jahitan Di Kaki

    Malam dok , 3 hari lalu saya habis dijahit kakinya karna terserempet sadel motor orang bagian atas telapak , sebelumnya jalan biasa dengan kaki diangkat sedikit ga terasa sakit , tapi baru ini terasa sakit saat kaki diturun kan , rasanya seperti tertarik uratnya . Apakah itu normal dok ? Mohon penjelasannya , terima kasih .

    Detail Answer

Get the Newsletter! all about Jerawat

Our free healthy living newsletter delivers useful news, inspiring stories, and delicious recipes to your in-box every day.

Anda punya pertanyaan seputar Jerawat ?
Ask Doctor