Profile
All Topic

Pusat Informasi Jerawat

Tentang Jerawat

Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang sangat sering dijumpai. Bahkan tak jarang problem kulit ini dapat sangat mengganggu, karena sangat berkaitan dengan penampilan kita. Faktor hormonal dipercaya memegang peran yang cukup penting akan terjadinya jerawat. Jerawat seringkali muncul di daerah wajah, yang mana tentulah sangat mengganggu. Selain di wajah, jerawat juga sering muncul di daerah leher, dada, punggung dan bahu. Daerah tersebut berkaitan dengan banyaknya kelenjar minyak, sebagai penyebab terjadinya jerawat.

Gejala

Jenis jerawat dapat berbentuk :

  • Komedo (dengan kepala putih maupun hitam), disebabkan oleh tersumbatnya sekresi minyak ditambah dengan terkumpulnya sel kulit yang mati dan terkadang disertai infeksi bakteri.
  • Papula yang biasanya berbentuk benjolan kecil dengan warna kemerahan, dikarenakan proses radang.
  • Pustula yang berwarna merah dengan puncak berisi nanah keputihan.
  • Nodula yang biasanya lebih keras, berukuran lebih besar dan menimbulkan rasa nyeri, dan terletak di bawah kulit.
  • Kista yang menimbulkan rasa nyeri dan berisi nanah akibat infeksi.

Penyebab

Ada tiga faktor yang menjadi penyebab timbulnya jerawat :
a.    Produksi minyak yang berlebih
b.    Sel kulit mati yang berlebihan akan menimbulkan iritasi pada pori-pori.
c.    Berkembangnya bakteri pada kulit

Jerawat terjadi ketika pori-pori kulit tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati. Sumbatan ini dapat menjadi penyebab tonjolan pada pori-pori dan menjadi komedo yang berwarna putih. Atau, sumbatan dapat terbuka di permukaan kulit dan menghitam dan menjadi komedo yang berwarna hitam.

Jerawat akan menimbulkan titik merah dengan pusat berwarna putih yang tumbuh ketika pori-pori tersumbat meradang dan terinfeksi. Penutupan dan peradangan ini terjadi di dalam pori-pori kulit yang menghasilkan benjolan dibawah permukaan kulit yang disebut dengan kista.

Tidak diketahui apa yang menyebabkan meningkatnya produksi minyak yang menimbulkan jerawat. Tetapi beberapa hal – hormon, bakteri, perawatan medis tertentu dan keturunan – memainkan peran.

Jerawat bukan disebabkan oleh kotoran. Faktanya, menggosok kulit terlalu keras atau membersihkan wajah dengan sabun yang kasar atau zat kimia lain akan membuat iritasi pada kulit dan dapat menyebabkan jerawat bertambah parah. Pembersihan kulit secara sederhana untuk menghilangkan minyak dan sel kulit mati adalah hal yang diperlukan.
 

Faktor Resiko

Perubahan hormon pada tubuh dapat memicu atau memperburuk jerawat. Perubahan ini biasa terjadi pada :

  • Remaja, baik laki-laki maupun perempuan
  • Wanita maupun anak gadis, pada dua sampai tujuh hari sebelum periode mentruasi
  • Wanita hamil
  • Orang-orang yang menggunakan pengobatan medis tertentu, termasuk adalah cortisone


Faktor risiko lain yang termasuk adalah :

  • Penggunaan secara langsung zat yang mengandung minyak pada kulit, atau penggunaan kosmetik tertentu secara langsung pada kulit.
  • Catatan dalam keluarga – jika orang tua anda memiliki jerawat, maka kemungkinan anda juga akan memiliki jerawat.
  • Gesekan atau tekanan pada wajah yang disebabkan oleh berbagai benda, seperti telepon ataupun telepon genggam, helm, kerah yang ketat dan tas punggung.
     

Pengobatan

Saat jerawat yang anda alami membaik atau hilang, Anda dapat melanjutkan pengobatan medis atau perawatan lainnya untuk mencegah timbulnya jerawat baru. Berkonsultasi dengan dokter guna menanyakan bagaimana cara mencegah timbulnya jerawat baru dapat menjadi solusi terbaik. Di luar itu, mmebersihkan kulit secara rutin dengan pembersih yang lembut serta menghindari bersentuhan dengan area jerawat juga dapat membantu pencegahan munculnya jerawat

 

Pencegahan

Tips lain untuk mencegah timbulnya jerawat adalah :

  • Bersihkan area kulit yang memiliki kencenderungan jerawat akan timbul dua kali sehari. Membersihkan kulit akan menghilangkan kelebihan minyak dan sel kulit mati. Gunakanlah produk perawatan kulit yang berbahan dasar air dan bebas dari kandungan minyak
     
  • Gunakan krim atau jel penghilang jerawat untuk membantu kulit tetap kering dari minyak yang berlebih. Gunakan produk yang mengandung benzoyl peroxide atau salicylic acid sebagai bahan aktif.
     
  • Hindari alas bedak makeup yang tebal. Gunakan kosmetik krim sebagai alas sebelum kosmetik bubuk dipakai.
     
  • Bersihkan makeup sebelum tidur. Tidur dengan kosmetik yang masih menempel pada kulit dapat menyumbat pori-pori kulit. Pastikan juga Anda tidak menggunakan kosmetik lama.
     
  • Bersihkan peralatan kosmetik anda secara berkala dengan air sabun guna mencegah datangnya bakteri berbahaya.
     
  • Hindari penggunaan pakaian yang terlalu ketat. Pakaian yang ketat dapat menyimpan panas dan uap air dan dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Hindari juga tali / karet, tas punggung, helm atau peralatan olahraga yang ketat untuk mencegah tekanan pada kulit.
     
  • Mandilah setelah berolahraga atau melakukan aktifitas yang mengeluarkan banyak keringat . Minyak dan keringat pada kulit dapat menahan kotoran dan bakteri.

 

Artikel Terkait

Pertanyaan Terkait

  • Bawang Putih

    Dok,,kn saya Berjerawat Dan saya menempelkan irisan bawang putih di jerawat saya kira2 selama 1 jam Dn saya Kepanasan Trus langsung Saya Mncuci muka Trus saya Lihat malah ada kecoklatan dan Mlepuh di jerawat saya Bagaimana cara nya mnyembuhkan kecoklatan dan mlepuh di jerawat saya gara2 bawang putih dalam eatu seminggu

    Detail Answer
  • Bintik Pd Ketiak

    Malam dok, Kalau di ketiak ada bintik" seperti jerawat dan kadang juga gatal, itu kenapa ya dok? Tapi cuma ketiak sebelah, ada beberapa bintik" yang muncul

    Detail Answer
  • Kemerahan Pada Wajah

    Dok, kenapa ya saya setelah memakai salep melanox wajah saya asalnya mulus putih sekarang merah mau menghilangkan nya bagaiamana ya?

    Detail Answer
  • Jerawat Dan Menstruasi

    Hai dok.. Saya wanita 29thn. Dr gadis sampai sekarang wajah saya gk lepas dr jerawat. sekarang sejak saya melahirkan anak ke dua, sudah 11 bulan saya belum menstruasi. Bayi saya asi ekslusif. Saya ingin wajah terbebas dr jerawat dan bagaimana agar secepatnya saya bisa menstruasi kembali. Mungkinkah memang ada hubungannya jerawat saya dgn menstruasi yg gk lancar? Mohon sarannya dokter..

    Detail Answer
  • Jerawat Di Dada Dan Di Punggung

    Dok gimana ya cara hilangin jerawat di bagian dada dan bagian punggung?

    Detail Answer
  • Efek Samping Penggunaan Obat Kortikosteroid

    Malam dok.. Saya beberapa waktu lalu terkena peradangan pada saraf mata..jadi saya hrus dirawat beberapa hari untuk injeksi obat melalui pembuluh darah..dari dokter dijelaskan bahwa obat dosis tinggi sekitar 500mg sekali suntik..mengandung kortikosteroid, dan memang dijelaskan akan mengakibatkn moonface, sekarang saya sudah dirumah melanjutkan terapi obat minum dan sudah pada tahap tapping obat yg terakhir..tetapi beberapa hari ini muncul seperti jerawat2 kecil diwajah banyak (sebelumnya type wajah saya tdak pernah berjerawat banyak) 1. apakah ini efek dari obat tsb? Dan bagaimana cara mengatasinya? 2. Untuk kasus moonface apakah bisa hilang setelah terapi obat selesai? Keterangan (injeksi obat melalui pembuluh darah selama 10 kali 500mg, lalu dilanjutkan obat minum sekitr 15mg, kemudian 8mg,sekarang sudah di turunkan menjadi 4 mg, nama obat yg terakhir Methyl prednisolon) Terimakasih atas jawabannya..

    Detail Answer
  • Kutu Demodex

    Bagaimana cara menghilangkan kutu demodex pada wajah dengan bahan alami ?

    Detail Answer
  • Mau Tanya Obat Siclidon

    Mau tanya dosis obat siclidon jika untuk jerawat

    Detail Answer
  • Bisul Di Pantat

    Apakah obat bioplacenton dan zambuk bisa mengatasi bisul di pantat? Apa ada rekomendasi obat lain?

    Detail Answer
  • Antibiotik Doxycycline Untuk Jerawat

    Dok, Saya punya mslh jerawat yang tidak selesai dr awal thn pdhl saya tetap berobat ke dermatologist di RSPI, balance life, workout & vegan. Dokter skrg ini meresepkan antibiotik doxycycline round1 skitar 14 hari dosis 100mg krn muka saya cukup bnyk whitehead dan small bumps. Yang ingin saya tanyakan, kalau saya membaca dari jurnal kesehatan maupun article naturopath di luar negeri bahwa konsumsi antibiotik spt doxy itu membunuh our good n bad bacteria. Apakah benar? Jurnal2 tsb menyarankan bahwa perlu nya diseimbangkan dengan vitamin tertentu atau probiotik, yang bisa didapatkan dalam bentuk supplemen maupun makanan dengan kadar probiotik tinggi, untuk menyeimbangkan agar bakteria baik kita tetap terjaga. Krn kalau saya konsultasikan ke dermatologist saya dia menganggap hal tsb tdk perlu blablabla, sy tidak tahu apa memang benar atau dia memang tidak mau peduli. Maka sy butuh second opinion untuk menentukan apkh derm sy ini benar concern dengan masalah saya atau tdk. Apa perlu?

    Detail Answer

Get the Newsletter! all about Jerawat

Our free healthy living newsletter delivers useful news, inspiring stories, and delicious recipes to your in-box every day.

Anda punya pertanyaan seputar Jerawat ?
Ask Doctor