Profile
All Topic

Pusat Informasi Kanker Serviks

Tentang Kanker Serviks

Kanker serviks atau dikenal juga dengan Kanker leher rahim adalah terjadinya perubahan struktur sel menjadi suatu keganasan di daerah mulut rahim (biasa disebut sebagai serviks). Semua wanita berisiko terkena kanker serviks. Kanker ini disebabkan oleh virus HPV dan biasanya ditularkan melalui hubungan seksual.

Gejala

Pada tahap awal, kanker serviks tidak menampakkan gejala. Namun pada kasus kanker serviks stadium lanjut, beberapa gejala dapat muncul seperti: perdarahan, keputihan yang berbau, sulit buang air kecil, dan nyeri panggul.

Penyebab

Penyebab kejadian kanker serviks adalah suatu virus yaitu HPV (Human Papilloma Virus). Dari sekian banyak tipe HPV, diteliti bahwa HPV nomor 16 dan 18 merupakan 70% penyebab kasus kanker serviks di dunia.

Faktor Resiko

Beberapa faktor risiko yang menyebabkan seorang wanita relatif lebih berisiko terkena kanker serviks adalah:

  • Hubungan seksual pertama kali saat usia muda
  • Berganti-ganti pasangan seksual
  • Infeksi menular seksual
  • Angka kehamilan tinggi
  • Penggunaan kontrasepsi oral jangka panjang

Komplikasi Akibat

Pada stadium lanjut, kanker serviks dapat menyebar ke organ tubuh sekitar, dan hal ini adalah hal yang sangat tidak diinginkan. Tingkat penyebaran kanker serviks ini jugalah yang akan menentukan level stadium penyakit tersebut.

Diagnosa

Sebagian besar kasus kanker serviks ditemukan pada stadium lanjut. Hal ini disebabkan oleh karena tidak didapatkannya gejala pada stadium awal yang membuat pasien wanita tidak waspada.

Cara mendiagnosis adalah dengan memeriksakan secara teratur kondisi organ reproduksi ke dokter. Sangat disarankan bagi wanita yang telah menikah atau telah aktif secara seksual, untuk secara teratur (setahun sekali) melakukan screening dengan metode pap smear.

Pengobatan

Operasi
Stadium awal kanker serviks biasanya diobati dengan pembedahan untuk mengangkat rahim (histerektomi). Sebuah histerektomi dapat menyembuhkan stadium awal kanker serviks dan mencegah kekambuhan. Tetapi menghapus rahim tidak memungkinkan untuk hamil.
Radiasi
Terapi radiasi menggunakan sinar energi bertenaga tinggi, seperti sinar-X, untuk membunuh sel-sel kanker. Terapi radiasi dapat digunakan sendiri atau dengan kemoterapi sebelum operasi untuk mengecilkan tumor atau setelah operasi untuk membunuh sel-sel kanker yang tersisa.
Kemoterapi
Kemoterapi menggunakan obat-obatan, biasanya disuntikkan ke pembuluh darah, membunuh sel-sel kanker. Dosis rendah kemoterapi sering dikombinasikan dengan terapi radiasi, kemoterapi karena dapat meningkatkan efek radiasi. Dosis tinggi kemoterapi digunakan untuk mengendalikan kanker serviks stadium lanjut yang mungkin tidak dapat disembuhkan

Pencegahan

Cara pencegahan terdiri dari Pencegahan Primer dan Pencegahan Sekunder.

Pencegahan primer meliputi: kegiatan edukasi dan vaksinasi. Vaksinasi dapat diberikan pada wanita mulai usia 10 hingga 55 tahun. Vaksin tersebut dapat memberikan proteksi terhadap infeksi HPV.

Pencegahan sekunder meliputi kegiatan screening (dengan metode Pap Smear atau IVA) secara teratur, untuk mendeteksi secara dini apakah ada perubahan di daerah mulut rahim yang mengalami perubahan ke arah keganasan.

Artikel Terkait

Pertanyaan Terkait

  • Keputihan Berdarah

    Sy blm menikah dan msh virgin. Tahun lalu selama 3 bln berturut² sy mengalami keputihan berdarah. Tp cm 1 hari, ga setiap hari. abs itu udh ga lg. 2 bln kmrn terjadi lg keputihan berdarah. Apa kah ini pertanda penyakit berbahaya?

    Detail Answer
  • Tolong Dr Baca Hasil Lab Ini

    Asslamualaikum wr wb, dr sy mw nanya sy abis melakukan sekret vagina dr. Hasil nya menunjukan -batang gram positif berukuran besar (-) Batang gram variabel berukuran kecil ( ++++) Batang bengkok gram negatif (+) Lainnya (ditemukan clue cells) Nugent score (9) Kesan. Preparat apusan gram menunujakn adanya bakterial vaginosis. Jamur mikroskopis. Bahan sekret vagina Hasil. Tidak di temukan sel ragi dan hifa / pseudohifa Tidak di temukan trichomonas Tolong dr ini artinya ap, sy tkut sekali ad mslah dgn kputihan sy. Krna sy sedang hamil muda

    Detail Answer
  • Keputihan

    Saya punya riwayat tdk menjaga miss v udh 6 th sampe saya meminum berbagai macam produk terakhir majakanza terbaru ness v setelah minum ness v saya keluar flek sampe nempel di cd sblm2 nya sering keluar lendir lengket bnyk ataupun seperti handbody gt itu ketika saya rutin mengkonsumsi majakanza yg saya mau tanyakan flek itu berbahaya tdk secara akhir bln kmren sampe awal2 bulan ini saya haid dan skrg tgl 19 saya kluar flek itu gmn ya

    Detail Answer
  • Hasil Pap Smear

    Siang dokter.... Mohon penjelasannya atas hasil pap smear saya ini... Jenis spesimen : konvensional smear Adekuasi spesimen : Adekuat, tampak metaplasi squamous Kategori umum : NILM Kesimpulan : Inflamasi (Radang non spesifik) Sesuai papanicolaou kelas II Trms dokter... Tr

    Detail Answer
  • PAP SMEAR

    Siang dokter.... Mohon penjelasan hasil dari pap smear ini ya.... Jenis spesimen : konvensional smear Adekuasi spesimen : adekuat, tampak metaplasi squamous Kategori : NILM Kesimpulan : Inflamasi (Radang Non Spesifik) Sesuai papanicolaou kelas II.... Trms dokter....

    Detail Answer
  • Keluar Darah

    Dok saya mau tanya? saya kan di suntik kb 3bulan sekali ,terus selama 4thn sampe skarang saya di KB 3bln saya ga pernah haid, paling ada sdikit wrna darah nya kecoklatan.. Terus yang saya bikin kaget ,setiap saya melakukan hubungan intim sama suami , saya selalu mengeluarkan darah , tapi kan saya tidak pernah haid , kenapa ya dok ? Terimakasih

    Detail Answer

Get the Newsletter! all about Kanker Serviks

Our free healthy living newsletter delivers useful news, inspiring stories, and delicious recipes to your in-box every day.

Anda punya pertanyaan seputar Kanker Serviks ?
Ask Doctor