Profile
All Topic

Pusat Informasi Kanker Tulang

Tentang Kanker Tulang

Adanya keganasan pada sel-sel dalam tulang disebut kanker tulang. Kanker tulang bisa menyerang siapa saja, orang dewasa dan terlebih pada anak-anak. Sama seperti kanker-kanker lainnya, kanker tulang dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu kanker metastatik dan kanker tulang primer. Kanker metastatik atau biasa dikenal dengan kanker sekunder, muncul akibat adanya bagian tubuh lain yang sudah terlebih dahulu terkena kanker. Lalu, sel kanker tersebut menyebar menjangkiti tulang. Kanker tulang ini sering muncul akibat kanker paru-paru. Kanker tulang primer muncul karena sel-sel dalam tulang itu sendiri. Beberapa jenis kanker tulang primer, meliputi Mieloma Multiple, Osteosarkoma, Fobrosarkoma, Histiositoma Fobrosa Maligna, Kondrosarkoma, Tumor Ewing, dan Limfofa Tulang Maligna. Kanker tulang primer membutuhkan perawatan lebih intens untuk memperoleh kesembuhan.

Gejala

-    Nyeri pada tulang yang lama kelamaan bertambah parah.
-    Adanya pembengkakan yang terlihat merah dan lebih panas.
-    Keterbatasan dalam bergerak
-    Demam dan menggigil pada malam hari

Penyebab

Faktor pemicu kanker tulang belum diketahui dengan jelas. Namun, ada kecenderungan hormon estrogen pada wanita memainkan peranan dalam munculnya kanker tulang. Anak perempuan yang sudah menstruasi pada usia sekitar 11 tahun, dipercayai mempunyai risiko terkena kanker tulang lebih tinggi. Selain itu, faktor genetik juga turut memberikan andil dalam pertumbuhan sel kanker pada tulang.

Diagnosa

Ketidaknormalan tulang dapat diketahui melalui penyinaran sinar-X, MRls, dan CT scan. Apabila tulang terlihat tidak normal, biopsi dapat dilakukan untuk memastikan apakah ada pertumbuhan sel kanker. Biopsi adalah tindakan mengambil sedikit jaringan tulang sebagai sampel penelitian yang kemudian akan diteliti di bawah kaca mikroskop.


 

Pengobatan

-    Terapi hormonal dan kemoterapi untuk mencegah sel kanker menyebar ke bagian tubuh lainnya.
-    Operasi berusaha menghapus margin luas jaringan kanker.
-    Radioterapi untuk mencegah kemungkinan sel kanker muncul kembali.

Artikel Terkait

Pertanyaan Terkait

Get the Newsletter! all about Kanker Tulang

Our free healthy living newsletter delivers useful news, inspiring stories, and delicious recipes to your in-box every day.

Anda punya pertanyaan seputar Kanker Tulang ?
Ask Doctor