Profile
All Topic

Pusat Informasi Katarak

Tentang Katarak

Katarak adalah suatu kondisi kelainan pada mata disebabkan oleh penumpukan lapisan lemak hingga melingkupi lensa bola mata yang mengakibatkan pandangan seakan berkabut. Prinsip kerja mata serupa dengan kamera. Sinar yang ada memasuki mata melewati kornea, lalu menuju cairan transparan pada mata bagian depan. Cahaya yang masuk melewati sel-sel retina selanjutnya diproses di bagian belakang otak sehingga menciptakan pencitraan gambar. Penumpukan lemak yang terjadi pada katarak di lapisan kornea dapat menghambat daya pandang.

Gejala

 Kat  arak terbentuk perlahan dan bisa sedikit terdeteksi gejalanya hingga akhirnya sampai pada kondisi yang mengkhawatirkan serupa pandangan berkabut atau malah hilang daya penglihatan sama sekali. Beberapa gejala awal, ialah:

  • Pandangan berkabut
  • Rabun jauh
  • Bermasalah dengan pemahaman warna
  • Masalah mengemudi di malam hari seperti kesilauan kala  sinar lampu mendekat
  •  Tak tahan akan sinar matahari di siang hari 

 

 

 

Penyebab

Katarak sebab usia.
Katarak jenis ini terjadi akibat usia lanjut.
 
Katarak congenital.
Bayi-bayi yang terlahir dengan katarak sebagai akibat dari infeksi, cedera bahkan karena kekurangan gizi dari selama masa dalam kandungan.
 
Katarak sekunder.
Terjadi karena efek kondisi medis seperti yang dialami para pengidap diabetes.
 
Trauma katarak.
Faktor lain yang dapat meningkatkan risiko terkena katarak adalah asap rokok, polusi udara, ketergantungan pada alkohol.
 

 

Faktor Resiko

Katarak adalah penyakit degeneratif yang dipengaruhi oleh beberapa faktor, baik internal maupun eksternal. Faktor internal yang berpengaruh antara lain adalah umur dan jenis kelamin sedangkan faktor eksternal yang berpengaruh adalah pekerjaan dan pendidikan yang berdampak langsung pada status sosial ekonomi dan status kesehatan seseorang, serta faktor lingkungan, yang dalam hubungannya dalam paparan sinat Ultraviolet yang berasal dari sinar matahari. Rokok dan konsumsi alkohol juga meningkatkan resiko katarak.

Komplikasi Akibat

Komplikasi yang terjadi apabila katarak dibiarkan saja maka akan menimbulkan gangguan penglihatan dan komplikasi seperti glaukoma, uveitis dan kerusakan retina.

Diagnosa

Diagnosis katarak senilis dibuat berdasarkan anamnesis dan pemeriksaan fisik. Pemeriksaan laboratorium preoperasi dilakukan untuk mendeteksi adanya penyakit-penyakit yang menyertai (contoh: diabetes melitus, hipertensi,cardiacanomalies). Penyakit seperti diabetes mellitus dapat menyebabkan perdarahan perioperatif sehingga perlu dideteksi secara dini sehingga bisa dikontrol sebelum operasi. Pemeriksaan kelainan lensa dengan Uji tajam penglihatan (visus) dan pemeriksaan lensa dengan lampu senter, pupil dilebarkan dengan midriatikum, lampu celah(Slit lamp) dan Oftalmoskop.

Pengobatan

Ada beberapa situasi katarak yang memerlukan operasi pengangkatan. Saat kacamata khusus tidak lagi membantu, dapat dilakukan operasi pengangkatan lapisan teratas  dimana terjadinya penumpukan lemak protein pada mata. Operasi pengangkatan katarak lebih baik dilakukan sebelum penumpukan menebal atau lensa mata berwarna putih. Operasi setelah katarak sangat parah sangat tidak disarankan karena menimbulkan efek cedera yang lebih fatal

Pencegahan

Katarak senilis tidak dapat dicegah karena penyebab terjadinya katarak senilis ialah oleh karena faktor usia, namun dapat dilakukan pencegahan terhadap hal-halyang memperberat seperti mengontrol penyakit metabolik, mencegah paparan langsung terhatap sinar ultraviolet dengan menggunakan kaca mata gelap dan sebagainya. Pemberian intake antioksidan (seperti asam vitamin A, C dan E) secara teori bermanfaat.

Artikel Terkait

Pertanyaan Terkait

  • Salah Obat Mata

    Pagi dok. Ayah saya berumur 51 tahun dan mata kirinya ada katarak sedikit dok. Beliau biasanya pakai obat caterlean kalau tidak salah nama obatnya. Nah, kemarin malam ayah saya tidak sengaja meneteskan albothyl ke matanya karna dikira obat mata beliau. Matanya perih, memerah hingga hari ini. Beliau belum sempat bertemu dokter mata karna belum buka dan salah satu RS yang masih membuka poli mata masih nanti sore. Barusan ini dikasih obat mata kataraknya namun masih belum membaik. Untuk pertolongan pertamanya pakai obat mata apa ya dok?

    Detail Answer

Community

Get the Newsletter! all about Katarak

Our free healthy living newsletter delivers useful news, inspiring stories, and delicious recipes to your in-box every day.

Anda punya pertanyaan seputar Katarak ?
Ask Doctor