Profile
All Topic

Pusat Informasi Kecemasan (Anxiety)

Tentang Kecemasan (Anxiety)

Anxiety atau kecemasan adalah emosi normal manusia yang dialami oleh setiap orang. Banyak orang merasa cemas, atau gugup, ketika menghadapi masalah di tempat kerja, sebelum mengambil ujian, atau membuat sebuah keputusan penting, namun gangguan kecemasan adalah berbeda. Kecemasan dapat menyebabkan distres sedemikian rupa sehingga mengganggu kemampuan seseorang untuk menjalani hidup normal. Terdapat beberapa jenis gangguan kecemasan, diantaranya gangguan panik, gangguan obsesif kompulsif, gangguan stress pasca trauma, gangguan kecemasan sosial, fobia spesifik, dan gangguan kecemasan umum. Gangguan kecemasan merupakan penyakit mental yang serius. Seseorang yang mengalami kecemasan memiliki kekhawatiran dan ketakutan yang konstan dan luar biasa bahkan dapat membuat lumpuh.

Gejala

Beberapa gejala yang termasuk gangguan kecemasan adalah :

  • Takut luar biasa tiba-tiba
  • Palpitasi
  • Berkeringat
  • Gemetar
  • Sesak napas
  • Rasa tersedak
  • Nyeri dada
  • Mual
  • Pusing
  • Sebuah perasaan terlepas dari dunia (derealisasi)
  • Takut mati
  • Mati rasa atau kesemutan di anggota badan atau seluruh tubuh
  • Kedinginan atau muka memerah

Penyebab

Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan kecemasan, diantaranya :

  • Stres di tempat kerja
  • Stres di sekolah
  • Stres dalam hubungan pribadi seperti pernikahan
  • Stres terhadap keuangan
  • Stres akibat trauma emosional seperti kematian orang yang dicintai
  • Stres akibat penyakit medis yang serius
  • Efek samping pengobatan
  • Penggunaan obat terlarang, seperti kokain
  • Gejala dari penyakit medis (seperti serangan jantung, stroke panas, hipoglikemia)
  • Kekurangan oksigen - Dalam keadaan beragam seperti penyakit ketinggian tinggi, emfisema, atau emboli paru (bekuan darah dengan pembuluh paru-paru)

Faktor Resiko

Faktor-faktor ini dapat meningkatkan resiko terkena gangguan kecemasan:

  •  
  • Trauma. Anak-anak yang mengalami pelecehan atau trauma atau menyaksikan kejadian traumatis berada pada risiko tinggi mengembangkan gangguan kecemasan di beberapa titik dalam hidup. Orang dewasa yang mengalami peristiwa traumatis juga dapat mengembangkan gangguan kecemasan.
  • Stres karena sakit. Memiliki kondisi kesehatan atau penyakit serius dapat menyebabkan khawatir signifikan tentang isu-isu seperti perawatan Anda dan masa depan Anda.
  • Stres yang menumpuk. Sebuah acara besar atau penumpukan situasi kehidupan yang penuh stres yang lebih kecil dapat memicu kecemasan berlebihan - misalnya, kematian dalam keluarga, stres pekerjaan atau khawatir yang sedang berlangsung tentang keuangan.
  • Kepribadian. Orang dengan tipe kepribadian tertentu lebih rentan terhadap gangguan kecemasan daripada yang lain.
  • Gangguan kesehatan mental lainnya. Orang dengan gangguan kesehatan mental lainnya, seperti depresi, sering juga memiliki gangguan kecemasan.
  • Genetika. Gangguan kecemasan dapat berhubugan dengan riwayat keluarga yang memiliki gangguan yang sama.
  • Obat-obatan atau alkohol. Obat atau alkohol atau penyalahgunaan atau penarikan dapat menyebabkan atau memperburuk kecemasan.

Komplikasi Akibat

Memiliki gangguan kecemasan tidak lebih dari membuat Anda khawatir. Hal ini juga dapat menyebabkan, atau memburuk, kondisi mental dan fisik lainnya, seperti: Depresi (yang sering terjadi dengan gangguan kecemasan) atau gangguan kesehatan mental lainnya, penyalahgunaan zat, kesulitan tidur (insomnia), masalah pada pencernaan atau usus, sakit kepala dan sakit kronis, isolasi sosial, masalah dalam sekolah atau bekerja serta dapat menurunkan kualitas hidup.

Diagnosa

Untuk membantu mendiagnosis gangguan kecemasan umum diperlukan:

  • Mengajukan pertanyaan rinci tentang gejala dan riwayat medis
  • Pemeriksaan fisik untuk mencari tanda-tanda bahwa kecemasan Anda mungkin terkait dengan kondisi medis yang mendasari.
  • Pemeriksaan atau tes laboratorium darah atau urin atau tes lainnya, jika dicurigai penyebabnya adalah kondisi medis.
  • Menggunankan kuesioner psikologis untuk membantu menentukan diagnosis.
     

Pengobatan

Kecemasan biasanya dapat dihilangkan dengan berbagai cara, diantaranya seperti :

  • Terapi
  • Meditasi
  • Hipnotis

Pencegahan

Pencegahan kecemasan pada dasarnya melibatkan kesadaran dari tekanan kehidupan dan kemampuan seseorang untuk mengatasinya sendiri. Kecemasan dapat dicegah dengan melakukan beberapa hal berikut :

  • Berolahraga
  • Meditasi
  • Relaksasi latihan pernapasan
  • Visualisasi
  • Melatih ketrampilan interpersonal dalam berhubungan dengan orang lain

Pencegahan juga mencakup diet, olahraga teratur, istirahat, dan dasar-dasar dalam hal pemeliharaan kesehatan preventif. Diet adalah faktor besar. Kafein, stimulan, kurang istirahat, dan kurang olahraga adalah aktor yang mempengaruhi kecemasan.

Artikel Terkait

Pertanyaan Terkait

Get the Newsletter! all about Kecemasan (Anxiety)

Our free healthy living newsletter delivers useful news, inspiring stories, and delicious recipes to your in-box every day.

Anda punya pertanyaan seputar Kecemasan (Anxiety) ?
Ask Doctor