Profile
All Topic

Pusat Informasi Keguguran

Tentang Keguguran

Abortus yang terjadi tanpa tindakan mekanis atau medis untuk mengosongkan uterus, maka abortus tersebut dinamai abortus spontan. Kata lain yang luas digunakan adalah keguguran (miscarriage).

Gejala Keguguran

  • Pendarahan mungkin hanya bercak sedikit, atau bisa cukup parah
  • Nyeri dan kram terjadi di perut bagian bawah
  • Anda mungkin tidak lagi memiliki tanda-tanda kehamilan seperti mual atau payudara bengkak atau nyeri jika Anda telah mengalami keguguran.

Penyebab Keguguran

1. Kelainan dalam pertumbuhan, contohnya seperti kelainan pada kromosom yaitu kelainan paling sering pada abortus spontan, bisa juga karena pengaruh virus, obat-obatan, radiasi

2. Kelainan pada plasenta

3. Penyakit ibu seperti seperti pneumonia, malaria, anemia dan lain lain

Faktor Resiko

Jumlah paritas (jumlah anak yang telah dilahirkan), usia ibu Resiko secara relatif lebih rendah pada wanita usia dibawah 30 tahun, dan Pada wanita berusia antara 30-34 tahun, lalu meningkat tajam pada wanita berusia antara 35-40 tahun dan pada wanita berusia 40 keatas, dan hamil dengan jarak kurang dari 3 bulan dari kehamilan sebelumnya dan keadaan umum dan gizi ibu.

Komplikasi Akibat Keguguran

  • perdarahan

  • syok

  • emboli udara

  • infeksi

Diagnosa Keguguran

Untuk mendiagnosi abortus spontan dengan anamnesis atau wawancara medis, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang.

1. Anamnesis

  • Adanya amenore pada masa reproduksi
  • Perdarahan pervaginam disertai jaringan hasil konsepsi
  • Rasa sakit atau keram perut di daerah atas simpisis

2. Pemeriksaan Fisik     

Pemeriksaan panggul. Pemeriksaan dilakukan untuk melihat apakah leher rahim sudah mulai membesar.

3. Pemeriksaan penunjang:

  • Pemeriksaan USG (Ultrasonografi). Hal ini membantu dokter untuk memeriksa detak jantung janin dan menentukan apakah embrio berkembang normal.
  • Pemeriksaan darah. Jika mengalami keguguran, pengukuran hormon kehamilan, HCG beta, kadang-kadang bisa berguna dalam menentukan apakah Anda telah benar-benar melewati semua jaringan plasenta.
  • Pemeriksaan jaringan. Jika telah melewati jaringan, dapat dikirim ke laboratorium untuk mengkonfirmasi bahwa keguguran telah terjadi - dan bahwa gejala tidak berhubungan dengan penyebab lain dari perdarahan kehamilan.

 

Pengobatan Keguguran

Pengobatan miscarriage atau abortus spontan adalah dengan memperbaiki keadaan umum.

1. Bila perdarahan banyak, berikan transfusi darah dan cairan yang cukup.

2. Pemberian antibiotika yang cukup tepat atau antibiotika spektrum luas.

3. 24 sampai 48 jam setelah dilindungi dengan antibiotika atau lebih cepat bila terjadi perdarahan yang banyak, lakukan dilatasi dan kuretase untuk mengeluarkan hasil konsepsi.

4. Pemberian infus dan antibiotika diteruskan menurut kebutuhan dan kemajuan penderita.

Pencegahan Keguguran

Seperti sudah diketahui bahwa abortus spontan / keguguran  ditandai dengan adanya pendarahan. Maka dari itu setiap ibu hamil disarankan, jika mengalami pendarahan sedikit atau banyak harus segera menghubungi dokter agar segera bisa ditangani dan hindari stress, menjaga berat badan berhenti merokok, berhenti minum minuman beralkohol.

Artikel Terkait

Pertanyaan Terkait

  • Mau Memakai Pil KB Setelah Keguguran

    salam kenal dok, saya kemarin habis kuret krna keguguran usia kehamilan saya 9minggu, saya keguguran dlm kehamilan anak yg ke 4, yg mau saya tanyakan apakah saya bisa memakai KB dulu untuk menunda kehamilan saya apa tidak, setelah di kuret, trimakasih

    Detail Answer
  • Ciri-ciri Keguguran

    Selamat siang dokter saya mau tanya saya hamil usia memasuki usia 12minggu saya mau tanya apakah saya mengalami keguguran karena usia 8minggu saya mengeluarkan flek darah dan lendir bercampur darah di sertai nyeri punggung dan kram perut.lalu saya keluar darah seperti darah haid tp tidak terlalu banyak dan gumpalan darah hitam tp kecil2 seperti darah hancur di sertai nyeri punggung belakang dan kram perut..apakah saya keguguran!?tapi saya belum menemukan ada gumpalan darah besar dan adanya janin yang keluar dr rahim saya hanya saja darah segar seperti darah haid bercampur lendir dan gumpalan darah beku yang hancur?

    Detail Answer
  • Keluar Darah Menggumpal Setelah 1 Bulan Keguguran

    Siang dok. Saya mau tanya, tgl 01 maret saya mengalami keguguran tanpa kuret.(usia kandungan saya sekitar 4 bulan). 3 minggu setelah keguguran hanya sedikit seperti flek, dan 2 harinya total sudah tidak ada darah yang keluar. Tetapi 2 hari kemudian saya mengeluarkan darah lagi dok. Tetapi tidak terlalu banyak selama kurang lebih 4 hari. Dan Sekitar 3 hari kemudian saya tidak mengeluarkan darah sama sekali dok. Saya fikir sudah bersih. Saya berhubungan lagi dok. (Malamnya saya minum air kelapa muda) pas subuhnya saya mengeluarkan darah banyak dok, ada yang menggumpal juga. Kira-kira hampir sudah 4 hari ini saya masih mengeluarkan darah yang menggumpal. Kira-kira apa rahim saya belum bersih atau ada hal lain ya? Mohon jawabannya ya dok. Terimakasih

    Detail Answer
  • Pusing Setelah Keguguran

    Selamat malam dok.. 4 hari lalu saya keguguran di usia kandungan 3 bulan,hari pertama saya mengalami pendarahan hebat disertai keluarnya gumpalan2 darah.. Hari2 berikutnya pendarahan masih terjadi dengan volume darah yang lebih sedikit.. Pada hari keempat saya merasa badan saya seperti terasa ringan dan kepala sangat pusing kemudian terasa ingin pingsan,disertai tangan yang menjadi sangat dingin.. Kira2 apa penyebab saya pusing dok ? Dan bagaimana penanganan yang tepat ?

    Detail Answer
  • Kandungan Ikan Cue Bagi Bumil

    Dok.q ingin menanyakan apakah ikan cue kurang bagus jka dikomsumsi ibu hamil muda? Trimah kasih.

    Detail Answer
  • Apa Beda Duphaston, Utrogestan Dan Pregnabion

    Halo Dokter, saya sedang hamil dengan usia kehamilan kira-kira 9 minggu-an. Ketika pertama periksa ke dokter kandungan (usia kehamilan 6 Minggu) janin belum terlihat lalu saya diberi Utrogestan. Kemudian pada usia kehamilan 7 Minggu saya mengalami pendarahan kata dokter kemungkinan karena kecapekan, (kondisi janin sudah terlihat dan alhamdulillah baik) lalu saya diberi obat duphaston, pendarahan berhenti. Lalu pada tanggal 28 April kemarin (usia kehamilan kira-kira 9 Minggu) saya mengalami pendarahan lagi walau tidak sebanyak yang pertama. Karena tidak berhasil menemui dokter kandungan, saya periksa ke Bidan dan diberi Pregnabion. Pertanyaan saya apa perbedaan ketiga obat tersebut? Dan kenapa saya kerap mengalami pendarahan? Apa murni kecapekan atau ada kondisi lain? Terimakasih dokter

    Detail Answer
  • Setelah Keguguran Di Perut Masih Ada Detak

    Dok semalam pacar saya keguguran , dan hari ini di perut nya masih ada detak kayak jantung gitu , itu apa ya dok ? Mohon bantuan nya dok Terima kasih

    Detail Answer
  • 48 Hari Pasca Keguguran TP 2 Garis Samar

    Selamat Pagi Dok Saya keguguran sudah 48 hari. Saya tidak kuret dan diberikan obat sejenis misoprostol. Setelah keguguran saya pendarahan selama 10 hari setelah itu seminggu berhenti dan keluar darah kembali selama 14 hari. Saya sudah periksa ke dokter dan rahim sudah bersih hanya tinggal sisa sisa darah saja. Sekarang sudah 15 hari berhenti pasca pendarahan terakhir. Dan mengapa hasil testpack 2 garis samar? Apakah saya hamil kembali atau itu sisa bhcg pasca keguguran? Dan jika itu sisa bhcg kapan saya bisa mendapatkan haid pertama untuk bisa hamil kembali?

    Detail Answer
  • Setelah Kuret, Perut Masih Terasa Sakit

    Siang dok Juli 2017 saya keguguran UK 6minggu disertai perdarahan selama 3 minggu dan akhirnya harus dikuret. Kenapa sampai bulan juni 2018 ini masih terasa sakit Dan perih ya dok? Saya takut ada luka lain di rahim dok Karena hampir 1th blum hamil lg. Bagaimana solusinya dok

    Detail Answer
  • 20 Hari Pasca Keguguran Keluar Flek Dan TP + Jelas

    Selamat Pagi Dokter, Saya Isma. tanggal 29 Maret saya mengalami keguguran dan dokter menyarankan kuret karena darah yg ada dirahim sangat banyak. Tetapi saya tetap ingin konsumsi obat saja, sehingga dokter memberikan resep misoprostol selama 5 hari. Setelah minum obat tersebut perut sangat sakit dan keluar jaringan seperti hati ayam sebanyak 2 kali. Setelah obat habis saya disarankan kedokter untuk melihat sudah bersih rahim, dan dokter mengatakan sudah bersih hanya tersisa gumpalan darah saja sehingga saya diberikan resep obat gastrul dan metvel ( kalo tidak salah tulisannya seperti itu ) untuk 3 hari kedepan. Setelah hari ke11 saya keguguran, sudah tidak keluar darah. Pertanyaan saya mengapa pada hari ke 19 ( 16 Maret ) keluar flek kembali setelah seminggu sudah tidak keluar darah?? Dan Kenapa hasil testpack masih positif terang ( 20 hari pasca abortus )?? apakah hormon HCG masih tetap berproduksi??

    Detail Answer

Get the Newsletter! all about Keguguran

Our free healthy living newsletter delivers useful news, inspiring stories, and delicious recipes to your in-box every day.

Anda punya pertanyaan seputar Keguguran ?
Ask Doctor