Profile
All Topic

Pusat Informasi Kehamilan Ektopik

Tentang Kehamilan Ektopik

Normalnya dalam sebuah proses kehamilan, sel telur yang telah dibuahi melakukan perjalanan dari ovarium menuju rahim melalui jalur yang disebut tuba falopi. Tapi dalam kehamilan ektopik, sel telur yang dibuahi alih-alih bertandang ke rahim malah menempel di tempat selain rahim, umumnya menempel di jalur tuba falopi, atau juga di dalam ovarium, serviks maupun perut. Sel telur yang terlanjur menempel di bagian tubuh selain rahim, sulit diubah menjadi kehamilan yang normal. Apabila sel telur yang menempel di tuba falopi dibiarkan terus bertumbuh, nantinya dikhawatirkan akan menyebabkan pendarahan sebab rusaknya tuba falopi.

Gejala

Beberapa minggu di awal kehamilan ektopik, biasanya timbul gejala-gejala yang serupa kondisi pada kehamilan normal.

Namun, ada beberapa gejala yang perlu diwaspadai sebagai penanda kehamilan ektopik, semisal:

  • Nyeri pada panggul pun perut
    Rasa nyeri biasanya begitu mendera, dan terasa lebih menyiksa di saat sang ibu bahkan hanya melakukan gerakan-gerakan ringan.
     
  • Pendarahan pada organ kewanitaan
    Saat tengah hamil dan terjadi pendarahan, itulah saatnya anda menyadari ada sesuatu yang abnormal pada kandungan anda.

 

Penyebab

Ada pun hal yang dapat menyebabkan kehamilan ektopik bermula dari rusaknya tuba falopi. Sel telur akan mengalami kesulitan melewati saluran tuba falopi yang rusak, sehingga alih-alih melaluinya malah menempel dan berkembang di tuba falopi.

Faktor Resiko

Faktor-faktor pemicu kerusakan tuba falopi, adalah:

  • Merokok
    Semakin sering intensitas anda merokok, kemungkinan terjadi kerusakan dalam perangkat reproduksi anda, akan semakin besar
     
  • Radang Panggul
    Biasanya merupakan efek dari infeksi klamidia atau gonore.
     
  • Endometriosis, peradangan yang terkait dengan ketidak seimbangan hormon esterogen
    Efek samping dari endometriosis dapat menyebabkan luka parut di sekitar tuba falopi, luka tersebut mengakibatkan terhambatnya perjalanan sel telur
     
  • Efek Samping Pengobatan
    Beberapa langkah medis ternyata selain dapat menyembuhkan suatu gejala, dapat juga menimbulkan gejala penyakit yang lain. Tindakan operasi di seputar daerah panggul, bila tak berhati-hati dapat memicu beberapa kerusakan jaringan kewanitaan.

Diagnosa

Untuk mengetahui adanya proses kehamilan, biasanya dilakukan pemeriksaan sampel air seni. Sedangkan untuk memastikan apakah perkembangan kehamilan anda merupakan kehamilan ektopik, dokter akan melakukan beberapa rangkaian pemeriksaan, serupa:

  • Pemeriksaan Panggul
    Tahap pemeriksaan ini untuk memastikan dimana gejala nyeri yang mendera bersumber
     
  • Pemeriksaan sampel darah
    Pemeriksaan darah bertujuan untuk menimbang kandungan hormon selama masa kehamilan, yang biasanya meningkat. Bila kandungan hormon justru menurun, bisa diasumsikan ada sesuatu yang abnormal dalam kehamilan, seperti kehamilan ektopik atau masalah kehamilan lainnya
     
  • USG
    Ultrasonografi atau yang lebih dikenal dengan sebutan USG bisa memfasilitasi penggambaran dari apa yang ada di perut anda.

Pengobatan

Umumnya dokter akan meresepkan obat-obatan dan tindakan operasi. Pengangkatan sel telur yang terlanjur berkembang di tuba falopi harus dilakukan segera sebelum menimbulkan kerusakan yang lebih parah pada organ-organ reproduksi lainnya.

Walau sebenarnya kehamilan ektopik tidak mempengaruhi perihal kesuburan. Namun, perlu anda perhatikan, biasanya pada proses kehamilan berikutnya beresiko terjadi kembali kehamilan ektopik.

Artikel Terkait

Pertanyaan Terkait

Get the Newsletter! all about Kehamilan Ektopik

Our free healthy living newsletter delivers useful news, inspiring stories, and delicious recipes to your in-box every day.

Anda punya pertanyaan seputar Kehamilan Ektopik ?
Ask Doctor