Profile
All Topic

Pusat Informasi Kehamilan Ektopik

Tentang Kehamilan Ektopik

Normalnya dalam sebuah proses kehamilan, sel telur yang telah dibuahi melakukan perjalanan dari ovarium menuju rahim melalui jalur yang disebut tuba falopi. Tapi dalam kehamilan ektopik, sel telur yang dibuahi alih-alih bertandang ke rahim malah menempel di tempat selain rahim, umumnya menempel di jalur tuba falopi, atau juga di dalam ovarium, serviks maupun perut. Sel telur yang terlanjur menempel di bagian tubuh selain rahim, sulit diubah menjadi kehamilan yang normal. Apabila sel telur yang menempel di tuba falopi dibiarkan terus bertumbuh, nantinya dikhawatirkan akan menyebabkan pendarahan sebab rusaknya tuba falopi.

Gejala

Beberapa minggu di awal kehamilan ektopik, biasanya timbul gejala-gejala yang serupa kondisi pada kehamilan normal.

Namun, ada beberapa gejala yang perlu diwaspadai sebagai penanda kehamilan ektopik, semisal:

  • Nyeri pada panggul pun perut
    Rasa nyeri biasanya begitu mendera, dan terasa lebih menyiksa di saat sang ibu bahkan hanya melakukan gerakan-gerakan ringan.
     
  • Pendarahan pada organ kewanitaan
    Saat tengah hamil dan terjadi pendarahan, itulah saatnya anda menyadari ada sesuatu yang abnormal pada kandungan anda.

 

Penyebab

Ada pun hal yang dapat menyebabkan kehamilan ektopik bermula dari rusaknya tuba falopi. Sel telur akan mengalami kesulitan melewati saluran tuba falopi yang rusak, sehingga alih-alih melaluinya malah menempel dan berkembang di tuba falopi.

Faktor Resiko

Faktor-faktor pemicu kerusakan tuba falopi, adalah:

  • Merokok
    Semakin sering intensitas anda merokok, kemungkinan terjadi kerusakan dalam perangkat reproduksi anda, akan semakin besar
     
  • Radang Panggul
    Biasanya merupakan efek dari infeksi klamidia atau gonore.
     
  • Endometriosis, peradangan yang terkait dengan ketidak seimbangan hormon esterogen
    Efek samping dari endometriosis dapat menyebabkan luka parut di sekitar tuba falopi, luka tersebut mengakibatkan terhambatnya perjalanan sel telur
     
  • Efek Samping Pengobatan
    Beberapa langkah medis ternyata selain dapat menyembuhkan suatu gejala, dapat juga menimbulkan gejala penyakit yang lain. Tindakan operasi di seputar daerah panggul, bila tak berhati-hati dapat memicu beberapa kerusakan jaringan kewanitaan.

Diagnosa

Untuk mengetahui adanya proses kehamilan, biasanya dilakukan pemeriksaan sampel air seni. Sedangkan untuk memastikan apakah perkembangan kehamilan anda merupakan kehamilan ektopik, dokter akan melakukan beberapa rangkaian pemeriksaan, serupa:

  • Pemeriksaan Panggul
    Tahap pemeriksaan ini untuk memastikan dimana gejala nyeri yang mendera bersumber
     
  • Pemeriksaan sampel darah
    Pemeriksaan darah bertujuan untuk menimbang kandungan hormon selama masa kehamilan, yang biasanya meningkat. Bila kandungan hormon justru menurun, bisa diasumsikan ada sesuatu yang abnormal dalam kehamilan, seperti kehamilan ektopik atau masalah kehamilan lainnya
     
  • USG
    Ultrasonografi atau yang lebih dikenal dengan sebutan USG bisa memfasilitasi penggambaran dari apa yang ada di perut anda.

Pengobatan

Umumnya dokter akan meresepkan obat-obatan dan tindakan operasi. Pengangkatan sel telur yang terlanjur berkembang di tuba falopi harus dilakukan segera sebelum menimbulkan kerusakan yang lebih parah pada organ-organ reproduksi lainnya.

Walau sebenarnya kehamilan ektopik tidak mempengaruhi perihal kesuburan. Namun, perlu anda perhatikan, biasanya pada proses kehamilan berikutnya beresiko terjadi kembali kehamilan ektopik.

Artikel Terkait

Pertanyaan Terkait

  • Apakah Saya Masih Perawan?

    Hallo dokter, saya merupakan wanita berusia 17 tahun ingin bertanya. beberapa tahun lalu tepat nya saat saya kelas 3 smp, saya yg baru saja pulang jalan2 ingin mandi dan membuka jeans saya diwc lalu ada sedikit darah di celana dalam saya lalu setelah itu saya merasakan bagian kelamin saya seperti berbeda seperti ada lubang baru dibawah alat namun tidak tembus seperti masih ada lapisan dan bagian bawah saya terasa tidak terlalu rapat dan saya dulu hanya membiarkan nya karena tidak mengerti apa2, kenapa bisa begitu ya dok? Padahal saya tidak pernah melakukan hubungan seks sama sekali, apakah saya tidak perawan? Apakah karena jeans atau apa pergerkan tubuh yg tidak berhati-hati karena saya termasuk org yang bergerak sembarang seperti duduk terlalu ngangkang melipat paha kuat dan duduk semberangan, apakah itu bisa menyebabkan tidak perawan dok? Apakah selaput dara saya rusak atau robek?

    Detail Answer
  • Tanya Dokter

    Dok saya mau tanya saya berhubungan intim dengan pacar saya tgl 1 apr kemarin dan saya mengeluarkan nya di luar sedangkan jadwal siklus haid nya bulan kemarin tgl 15 maret dan smpe saat ini bulan april ini cewe saya belum menstruasi...apakah pacar saya hamil dok? Hasil tespek 3x negatif terakhir cek ke bidan untuk di usg ada bulatan kecil di kantung janin nya tapi gak tau itu apa dok kata bidan nya

    Detail Answer
  • 1kali Ml Apakkah Hamil

    Saya ml dgn pacar 1 kali terus dia langsung minum pil kb apakah bisa hamil???

    Detail Answer
  • Telat Menstruasi 9 Hari Di Tes Pack Hasilnya Negatif

    Dok pacar saya telat 9 hari di tes pakai tes pack hasil nya negatif, kenapa dok apakah dia hamil atau tidak

    Detail Answer
  • Telat Haid Tpi Test Pack Negativ

    Malam dok, sya arumi, seminggu setelah haid, sy berhubgn. Seminggu stelah itu sy haid, tapi hnya 3 hari. Padahal sblum brhubgn sy bru haid. Nah seharusnya tgl 5 april kmaren sy sdah haid, tpi sampai tgl 21 ini sy blm haid. Sy sdah test pack sbnyk 5 x, tpi hasil ny negativ. Tapi sy mngalami mual, lelah, pyudara sakit dn mmbngkak, sma seperti tnda awal khamilan. Apkah kmungkinan sy hamil dok

    Detail Answer
  • Pembuahan

    Permisi dok sya mau tanya pada tanggal 12 sya brhubngn intim dan pada tanggal 17 istri sya harus nya dtang bulan namun sudah tnggal 20 pun blun haid juga tapi sudh sya tes k hmilan hasil ny masih negatif apakah blum terdeteksi.???

    Detail Answer
  • Pertanyaan Ttg Kehamilan

    Dok saya mau tanya tpht sya 3 maret 2017 berapa usia kehamilan saya y dok?? Trs kenapa pd usia kehmilan awal ini saya muntah muntah terus dan susah untuk makan apa yang harus saya lakukan y dok?? Smntra ini untuk tenaga dan mengatasi muntah saya minun promaag dan pocari sweet ap gak apa apa buat janin saya y?

    Detail Answer
  • Kehamilan

    Dok saya ingin bertanya, sebelum bertanya saya cerita sedikit ya dok, saya baru tau dari internet kalau rumput Fatimah itu bahaya untuk kehamilan. Dan saya terlanjur meminum rendaman rumput Fatimah setelah saya tau kalau rumput Fatimah itu membahayakan janin. Saya takut akan terjadi apa-apa dengan janin saya, apakah janin saya dan kehamilan saya akan sehat-sehat saja dokter? Usia kehamilan saya 37w. Tolong dijawab dok, terimakasih:)

    Detail Answer
  • Kehamilan

    Malam dok, sy mw tnya... istri sy tgl. 18 jan' haid,& biasanya siklus haid istri sy slalu maju 1 mggu, tp di bln feb istri sy tdk haid smpe sy sruh utk TP tgl.26 Feb dan alhamdulillah hasilnya (+), tapi disaat tgl 28 feb istri sy klwr flek trus slma 3 hr btrut2 smpe akhrnya klwr drah sprti haid pd tgl.2 mar' & sy pun lgsg bw ke RS & pd saat di prksa n' USG kantung rahimnya sdh ada n' sdh ada janin sbsar kcang ijo. Dokter blg msh ada janin tp kndungan agak lemah. Akhirnya sy mrsa lega krna tdk trjdi apa2 dgn kndungnnya n' istri sy pun sdh dsruh plng n' di beri resep obat penguat janin duphston dan folavit utk dmnum slma 15hr. Dan stlh 15hr obat sdh habis dsruh dokter utk check up kmbali. Pd saat sdh ada di rmh istri sy msh aja klwrn drah sprti haid, sy sruh istri sy utk mnun obat yg dksh resep dr dokter tp kok msh aja trus klwr darah, sy kira stlh mnum obat resep dr dokter bs brhnti darahnya tp msh ttep klwr drah slma 6hr. Apakah mgkn drah itu mrupakn keguguran...?

    Detail Answer
  • Gastrul

    Permisi dok mau tanya brpa lama reaksi dri penggunaa gastrul?

    Detail Answer

Community

Get the Newsletter! all about Kehamilan Ektopik

Our free healthy living newsletter delivers useful news, inspiring stories, and delicious recipes to your in-box every day.

Anda punya pertanyaan seputar Kehamilan Ektopik ?
Ask Doctor