Profile
All Topic

Pusat Informasi Kehamilan Ektopik

Tentang Kehamilan Ektopik

Normalnya dalam sebuah proses kehamilan, sel telur yang telah dibuahi melakukan perjalanan dari ovarium menuju rahim melalui jalur yang disebut tuba falopi. Tapi dalam kehamilan ektopik, sel telur yang dibuahi alih-alih bertandang ke rahim malah menempel di tempat selain rahim, umumnya menempel di jalur tuba falopi, atau juga di dalam ovarium, serviks maupun perut. Sel telur yang terlanjur menempel di bagian tubuh selain rahim, sulit diubah menjadi kehamilan yang normal. Apabila sel telur yang menempel di tuba falopi dibiarkan terus bertumbuh, nantinya dikhawatirkan akan menyebabkan pendarahan sebab rusaknya tuba falopi.

Gejala

Beberapa minggu di awal kehamilan ektopik, biasanya timbul gejala-gejala yang serupa kondisi pada kehamilan normal.

Namun, ada beberapa gejala yang perlu diwaspadai sebagai penanda kehamilan ektopik, semisal:

  • Nyeri pada panggul pun perut
    Rasa nyeri biasanya begitu mendera, dan terasa lebih menyiksa di saat sang ibu bahkan hanya melakukan gerakan-gerakan ringan.
     
  • Pendarahan pada organ kewanitaan
    Saat tengah hamil dan terjadi pendarahan, itulah saatnya anda menyadari ada sesuatu yang abnormal pada kandungan anda.

 

Penyebab

Ada pun hal yang dapat menyebabkan kehamilan ektopik bermula dari rusaknya tuba falopi. Sel telur akan mengalami kesulitan melewati saluran tuba falopi yang rusak, sehingga alih-alih melaluinya malah menempel dan berkembang di tuba falopi.

Faktor Resiko

Faktor-faktor pemicu kerusakan tuba falopi, adalah:

  • Merokok
    Semakin sering intensitas anda merokok, kemungkinan terjadi kerusakan dalam perangkat reproduksi anda, akan semakin besar
     
  • Radang Panggul
    Biasanya merupakan efek dari infeksi klamidia atau gonore.
     
  • Endometriosis, peradangan yang terkait dengan ketidak seimbangan hormon esterogen
    Efek samping dari endometriosis dapat menyebabkan luka parut di sekitar tuba falopi, luka tersebut mengakibatkan terhambatnya perjalanan sel telur
     
  • Efek Samping Pengobatan
    Beberapa langkah medis ternyata selain dapat menyembuhkan suatu gejala, dapat juga menimbulkan gejala penyakit yang lain. Tindakan operasi di seputar daerah panggul, bila tak berhati-hati dapat memicu beberapa kerusakan jaringan kewanitaan.

Diagnosa

Untuk mengetahui adanya proses kehamilan, biasanya dilakukan pemeriksaan sampel air seni. Sedangkan untuk memastikan apakah perkembangan kehamilan anda merupakan kehamilan ektopik, dokter akan melakukan beberapa rangkaian pemeriksaan, serupa:

  • Pemeriksaan Panggul
    Tahap pemeriksaan ini untuk memastikan dimana gejala nyeri yang mendera bersumber
     
  • Pemeriksaan sampel darah
    Pemeriksaan darah bertujuan untuk menimbang kandungan hormon selama masa kehamilan, yang biasanya meningkat. Bila kandungan hormon justru menurun, bisa diasumsikan ada sesuatu yang abnormal dalam kehamilan, seperti kehamilan ektopik atau masalah kehamilan lainnya
     
  • USG
    Ultrasonografi atau yang lebih dikenal dengan sebutan USG bisa memfasilitasi penggambaran dari apa yang ada di perut anda.

Pengobatan

Umumnya dokter akan meresepkan obat-obatan dan tindakan operasi. Pengangkatan sel telur yang terlanjur berkembang di tuba falopi harus dilakukan segera sebelum menimbulkan kerusakan yang lebih parah pada organ-organ reproduksi lainnya.

Walau sebenarnya kehamilan ektopik tidak mempengaruhi perihal kesuburan. Namun, perlu anda perhatikan, biasanya pada proses kehamilan berikutnya beresiko terjadi kembali kehamilan ektopik.

Artikel Terkait

Pertanyaan Terkait

  • Sudah Menikah Tapi Masih Perawan

    Dok.. Saya sudah menikah selama 4 bulan..namun sampai saat ini...saya masih perawan.. Dr berbagai artikel yang saya baca..ada kemungkinan saya menderita vaginismus..sebab saya memang sangat takut akan rasa sakit yang pasti akan terjadi..tapi di satu sisi saya menikmati rangsangan dari suami saya..namun entah mengapa ketika.melakukan penetrasi..tubuh saya secara spontan menolak dan saya merasakan vagina saya menutup...apakah benar ini vaginismus? Jika benar ddemikian untuk mengatasi kemungkinan vaginismus ataupun mungkin hal lain..kira-kira baiknya saya konsultasi kemana..psikiater atau dokter umum? Terima.kasih bila pertanyaan ini dijawab.. Salam hangat

    Detail Answer
  • Celana Dan Baju Terciprat Sperma

    Dok, 3 hari setelah saya selesai haid. Saya mengocok penis suami saya, dan suami saya juga menggosok2 jarinya di vagina saya dengan keadaan celana saya masih lengkap. Namun, ada sedikit basah bekas air basuhan setelah pipis. Tdk lama stelah itu suami saya mengalami ejakulasi (keluar) mani. Dan terkena di celana dan baju. Langsg saya ke kamar mandi mengganti pakaian dan celana (saya lupa sudah cuci tgn atau blm). Yg saya tanya apakh saya bisa hmil hanya dengan begitu? Apaakah saat saya membersihkan lantai yg terkena sperma, dan baju serta celana kmudian saya membersihkan vagina saya sya bisa hamil?

    Detail Answer
  • Hamil Atau Tidak?

    Dok kemaren krmarin tanggal 4 agustus saya melakukan hubungan dengan pacar saya tapi dia keluarin di luar selang bebera mrnit saya bermain lagi seperti ada sesuatu entah saya yang kluar atau dia sampai saat ini saya belum haid . Tolong beritahu saya tanda2 kehamilan 5 hari sampai 1 mnggu ??

    Detail Answer
  • Kehamilan Mudigah

    Pagi dok, hamil 12 minggu tgl 7 agt 2017 sy periksa usg, ternyata divonis detak jantung janin tdk ada tapi sy tdk mengalami pendarahan dan tidak ada keluhan apa2 selama kehamilan, pertanyaannya: 1 apakah janin sy bisa diselamatkan tanpa kuret. 2 apakah minum obat membantu pertumbuhan janin dan detak jantung. Makasih dok

    Detail Answer
  • Ingin Cepat Hamil

    Selamat sore dokter dokter saya ingin bertanya : saya sudah menikah sekitar 1 tahun yang lalu namun baru baru nikah karna alasan pekerjaan yang tidak memperbolehkan cuti hamil saya memilih untuk program KB suntik 1 bulan (sekali) 3 bulan (sekali) agustus-desember 2016.jadi saya suntik hanya 2x dalam waktu 4 bulan , setelah itu saya lepas kb suntik dibulan january 2017 hingga saat ini saya ingin hamil dok , dan selama saya kb saya hadi setiap bulannya bahkan pernah sebulan 2x haid tapi untuk di bulan juli 2017 haid saya normal hanya 1 bulan sekali tapi haid saya hanya 5hari , biasanya seminggu baru bersih . apakah saya bisa hamil dok ? dan sudah satu bulan ini saya konsumsi susu promil pr#nagen dan saya minum folavit serta vit e . apakah itu bisa membantu kesuburan saya dok / saya sudah pernah USG ke dokter soal rahim saya , dan rahim saya normal. apakah sampai saat ini saya belum hamil karna belum kembali subur ? berapa lama ya dok biasanya kesuburan itu kembali normal terimaksh

    Detail Answer
  • Apakah Bisa Hamil?

    dok saya mau nanya, kalau penis hanya diarahkan ke mulut vagina ( disitu kondisi penisnya bersih,tidak basah ) dan pada saat penis itu ingin memasuki vaginanya ternyata si cewenya kesakitan dok (saya gatau karna masih perawan apa tidaknya ) dan pada saat cewenya kesakitan si cowonya langsung ngelepas penisnya kejadiannya cuman 2menit aja dok. dan juga tidak ada pendarahan atau pecah perawan sih dok, yang cowonya juga tidak mengeluarkan cairan apa apa dan cewenya jg tidak merasakan adanya cairan. yang ingin saya tanyakan? apakah itu bisa membuat kehamilan dok?

    Detail Answer
  • Lama Tidak Haid Tetapi Tidak Hamil

    halo dok, Saya ingin bertanya Apabila saya melakukan hubungan tanpa pengaman dan tidak melakukan penetrasi di dalam apakah akan memungkinkan saya hamil dok? tapi 3 hari telat itu saya tes pack dan hasilnya negatif. Apa saya bisa percaya hasil tersebut karena hingga 5 hari ini saya belum datang bulan. Ini pertama kali saya melakukan hubungan dok, apa sebaiknya saya meminum obat pelancar datang bulan saja?

    Detail Answer
  • Usg Di Perut Tdk Terdeteksi Usia Kehamilan 11 W

    Selamat Siang Dokter mohon solusinya. tanggal 8 saya mengalami flek warna coklat 2 kali sekitar jam 1 siang dan 7 malam. terus saya bawah ke rumah sakit , sudah di cek fleknya doter bilang cuma sedikit, kemudian saya di usg pertama janin tidak terdeteksi , di jam yang sama saya diminta untuk kencing kemudian di usg kembali, kemudian saya disarankan dokter untuk cek pakai test pack dan hasilnya positif garis 2 saya pakai sensitif, yang saya takutkan flek coklat sama janin blm terdeteksi, saya makan dan juga minum susu sudah tidak mual atau pun muntah, yang di infokan dokternya pertama kemarin ditakutkan BO atau janin tidak berkembang, konsumsi makan saya juga sudah mendingna dan enak dari sebelum sebelumnya. terima kasih dan mohon sarannya

    Detail Answer
  • Perut Kram Kepala Puaing Payudara Membesar

    dok semingguan ini saya merasakan perut terus sakit apalagi dibawak gerak terlalu sering terasa nyeri dibagian bawah, dan payudara saya membesar nyeri diamljng itu juga ada pembulu vena biru di sekitar payudara. apakah saya hamil tap saya tespek masuh negativ, waktu sya priksa kebidan mmg sudah ada benjolan dbagian bawah perut tp dtp msh negatif. mohon penjelasanya dok

    Detail Answer
  • Tanya Dokter Kandungan

    Dok saya kan terakhir haid tgl 24 bulan 6 dan tgl 11bulan 8 saya positif hami. Usia kandungan saya sudah berapa week ya dok??

    Detail Answer

Community

Get the Newsletter! all about Kehamilan Ektopik

Our free healthy living newsletter delivers useful news, inspiring stories, and delicious recipes to your in-box every day.

Anda punya pertanyaan seputar Kehamilan Ektopik ?
Ask Doctor