Profile
All Topic

Pusat Informasi Kesehatan Bayi

Tentang Kesehatan Bayi

Kesehatan Bayi merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan terutama bagi ibu yang baru melahirkan. Menjaga kesehatan si buah hati adalah hal yang utama. Dapatkan berbagai informasi mengenai kesehatan bayi disini.

Pertumbuhan Bayi

Masa bayi dimulai dari usia 0-12 bulan yang ditandai dengan pertumbuhan dan perubahan fisik yang cepat disertai dengan perubahan dalam kebutuhan zat gizi. Pemberian nutrisi pada bayi harus sudah dimulai sejak dalam kandungan yaitu dengan pemberian nutrisi yang cukup dan memadai pada ibu hamil. Setelah lahir, harus diupayakan pemberian ASI secara eksklusif.

Makanan pertama dan utama bagi bayi adalah air susu ibu (ASI). ASI mengandung berbagai zat gizi yang dibutuhkan dalam proses pertumbuhan dan perkembangan bayi. ASI adalah makanan terbaik bagi bayi yang sangat sempurna, bersih, serta mengandung zat kekebalan yang sangat dibutuhkan bayi. ASI adalah makanan bayi yang paling sempurna baik kualitas maupun kuantitasnya.

Manfaat ASI bagi bayi adalah sabagai nutrisi yang memiiliki komposisi yang seimbang dan disesuaikan dengan kebutuhan pertumbuhan bayi, meningkatkan daya tahan tubuh bayi karena mengandung zat kekebalan untuk melindungi bayi dari berbagai penyakit infeksi bakteri, virus, parasit, dan jamur, meningkatkan jalinan kasih sayang, meningkatkan daya penglihatan dan kepandaian bicara, mengurangi risiko terkena penyakit kencing manis, kanker pada anak, dan penyakit jantung, menunjang perkembangan motorik.

Pemberian ASI selama 6 bulan tanpa dicampur dengan tambahan cairan lain seperti susu formula, jeruk, madu, air teh, air putih dan tanpa tambahan makanan padat seperti pisang, pepaya, bubur susu, biskuit, bubur nasi tim disebut sebagai ASI Eksklusif. Kenapa kita dianjurkan untuk tidak memberi makanan selain ASI pada bayi yang masih berusia 0-6 bulan, hal ini disebabkan karena sistem pencernaan bayi belum dapat bekerja dengan maksimal. Karena hal inilah sistem pencernaan si bayi tidak dapat mencerna makanan selain ASI yang di berikan oleh si ibu.

Pemberian makanan tambahan yang terlalu dini berbahaya karena bayi belum memerlukan makanan tambahan saat ini dan makanan tersebut dapat menggantikan ASI lebih sedikit, menyebabkan risiko terjadinya infeksi meningkat, selain itu tidak ditemukan bukti bahwa pemberian makanan tambahan pada usia empat atau lima bulan lebih menguntungkan, bahkan mempunyai dampak negatif untuk kesehatan bayi.

Artikel Terkait

Pertanyaan Terkait

Get the Newsletter! all about Kesehatan Bayi

Our free healthy living newsletter delivers useful news, inspiring stories, and delicious recipes to your in-box every day.

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan Bayi ?
Ask Doctor