Profile
All Topic

Pusat Informasi Kesehatan Bayi

Tentang Kesehatan Bayi

Kesehatan Bayi merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan terutama bagi ibu yang baru melahirkan. Menjaga kesehatan si buah hati adalah hal yang utama. Dapatkan berbagai informasi mengenai kesehatan bayi disini.

Pertumbuhan Bayi

Masa bayi dimulai dari usia 0-12 bulan yang ditandai dengan pertumbuhan dan perubahan fisik yang cepat disertai dengan perubahan dalam kebutuhan zat gizi. Pemberian nutrisi pada bayi harus sudah dimulai sejak dalam kandungan yaitu dengan pemberian nutrisi yang cukup dan memadai pada ibu hamil. Setelah lahir, harus diupayakan pemberian ASI secara eksklusif.

Makanan pertama dan utama bagi bayi adalah air susu ibu (ASI). ASI mengandung berbagai zat gizi yang dibutuhkan dalam proses pertumbuhan dan perkembangan bayi. ASI adalah makanan terbaik bagi bayi yang sangat sempurna, bersih, serta mengandung zat kekebalan yang sangat dibutuhkan bayi. ASI adalah makanan bayi yang paling sempurna baik kualitas maupun kuantitasnya.

Manfaat ASI bagi bayi adalah sabagai nutrisi yang memiiliki komposisi yang seimbang dan disesuaikan dengan kebutuhan pertumbuhan bayi, meningkatkan daya tahan tubuh bayi karena mengandung zat kekebalan untuk melindungi bayi dari berbagai penyakit infeksi bakteri, virus, parasit, dan jamur, meningkatkan jalinan kasih sayang, meningkatkan daya penglihatan dan kepandaian bicara, mengurangi risiko terkena penyakit kencing manis, kanker pada anak, dan penyakit jantung, menunjang perkembangan motorik.

Pemberian ASI selama 6 bulan tanpa dicampur dengan tambahan cairan lain seperti susu formula, jeruk, madu, air teh, air putih dan tanpa tambahan makanan padat seperti pisang, pepaya, bubur susu, biskuit, bubur nasi tim disebut sebagai ASI Eksklusif. Kenapa kita dianjurkan untuk tidak memberi makanan selain ASI pada bayi yang masih berusia 0-6 bulan, hal ini disebabkan karena sistem pencernaan bayi belum dapat bekerja dengan maksimal. Karena hal inilah sistem pencernaan si bayi tidak dapat mencerna makanan selain ASI yang di berikan oleh si ibu.

Pemberian makanan tambahan yang terlalu dini berbahaya karena bayi belum memerlukan makanan tambahan saat ini dan makanan tersebut dapat menggantikan ASI lebih sedikit, menyebabkan risiko terjadinya infeksi meningkat, selain itu tidak ditemukan bukti bahwa pemberian makanan tambahan pada usia empat atau lima bulan lebih menguntungkan, bahkan mempunyai dampak negatif untuk kesehatan bayi.

Artikel Terkait

Pertanyaan Terkait

  • Kesehatan Bayi Usia 5 Bulan

    Selamat sore dok... Dok..bayi sy berusia 1bln..dn bnyk minum ASI..akn ttpi sepertiny kurang dr ASI sy dok utk si baby..krn mgkn kurang kental..apakah boleh dtambah dgn susu formula dok??dan susu formula apa yg cocok utk bayi usia 1bln dok?? Mohon arahannya dok..trm ksh

    Detail Answer
  • Kenapa Sudah Diberi Obat Tapi Bayi Masih Diare?

    Dok anak saya usia 3 bulan. Sudah 5 hari diare . Sehari bisa 7-8 x BAB. Saya kasih ASIX.Setiap habis minum ASI dia selalu BAB. Wrna Feses nya kehijauan. Sudah sya baya ke dktr Sp.A tapi ttp saja dok tidak ada perubahan. Diberi puyer yg isinya collistin 60.000, vit B.6 2 mg., histapan 6 mb, zinkid 2 mg. Obat nya sdh sya minum kn separo tp malah semakin diare. Apalah harus saya hentikan pemberian obat nya dok? Lalu apa sya kasih lacto b saja? Trmksh

    Detail Answer
  • Kebiasaan Bayi

    halo dok, bayi saya (sekarang usia 11 bln) punya beberapa kebiasaan aneh saat ngantuk/mau tidur, dia akan : 1. menggeleng2an kepala dengan cepat, 2. memukul2 kepala dengan tangan, 3. menghentak2an tangan atau kaki. yang saya khawatirkan itu saat memukul2 kepala, apakah hanya kebiasaan atau ada kelainan ya dok? terimakasih

    Detail Answer
  • Menyapih Anak

    Sok anak saya bulan Mei ini mau 2thn. Skrg ini saya mencoba untuk mulai menyapihnya. Kenapa asi yg sblh kiri sdh tdk ada sdh lama tinggal yg kanan aja meski yg asi kanan jg keluarnya sdkit.Apkh blh saya menyapih dari skrg?Meski ASI-nya kurang ska msh ada.dn bagaimana cara menyapih yg benar agar tdk rewel??.Mohon info lengkapnya, MKS.

    Detail Answer
  • Minum Jamu Untuk Ibu Hamil Apakah Boleh?

    Dok sya mau tanya, usia kandungan sya 35 minggu dan disarankan sma orang tua untuk konsumsi jamu kunyit asam biar darah persalinannya tidak bau amis,, apa benar dok? Dan sya sdh konsumsi hampir 2 minggu .. tp kta spupu ga boleh konsumsi jamu takut air ketubannya keruh Mohon penjelasannya dok, sebaik nya konsumsi atau tidak, terima kasih dokter

    Detail Answer
  • Kesehatan Bayi

    hi dokter..mw tanya bagaimana wrn BAB pd bayi umur 1bln jika tdk cocok minum sufor..makasie

    Detail Answer
  • Merebus Botol Susu Bayi

    Siang, Dok, berbahayakah merebus botol susu bayi?

    Detail Answer
  • Kesehatan Bayi

    Siang doctor..mw tanya klo bayi sering mengguliat knp yaa..??apakah itu normal.. Trimakasih

    Detail Answer
  • PUP Setelah Pergantian Minum Susu

    sore dok, saya mau tanya... anak saya usia 1 tahun, hari ini susu formula saya ganti sesuai dengan usianya. kenapa ya dok setelah minum susu formula selang beberapa menit langsung PUP berwarna hijau tua?? apakah susu formulanya tidak cocok ?? trims

    Detail Answer
  • Kesehatan Pada Ibu Menyusui

    Sore Doc..saya mw tny.. klo puting payudaa lecet itu disebabkan apa ya Doc..?(sy menyusui bayi umur 2bln)..makasie

    Detail Answer

Community

Get the Newsletter! all about Kesehatan Bayi

Our free healthy living newsletter delivers useful news, inspiring stories, and delicious recipes to your in-box every day.

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan Bayi ?
Ask Doctor