Profile
All Topic

Pusat Informasi Kesehatan Bayi

Tentang Kesehatan Bayi

Kesehatan Bayi merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan terutama bagi ibu yang baru melahirkan. Menjaga kesehatan si buah hati adalah hal yang utama. Dapatkan berbagai informasi mengenai kesehatan bayi disini.

Pertumbuhan Bayi

Masa bayi dimulai dari usia 0-12 bulan yang ditandai dengan pertumbuhan dan perubahan fisik yang cepat disertai dengan perubahan dalam kebutuhan zat gizi. Pemberian nutrisi pada bayi harus sudah dimulai sejak dalam kandungan yaitu dengan pemberian nutrisi yang cukup dan memadai pada ibu hamil. Setelah lahir, harus diupayakan pemberian ASI secara eksklusif.

Makanan pertama dan utama bagi bayi adalah air susu ibu (ASI). ASI mengandung berbagai zat gizi yang dibutuhkan dalam proses pertumbuhan dan perkembangan bayi. ASI adalah makanan terbaik bagi bayi yang sangat sempurna, bersih, serta mengandung zat kekebalan yang sangat dibutuhkan bayi. ASI adalah makanan bayi yang paling sempurna baik kualitas maupun kuantitasnya.

Manfaat ASI bagi bayi adalah sabagai nutrisi yang memiiliki komposisi yang seimbang dan disesuaikan dengan kebutuhan pertumbuhan bayi, meningkatkan daya tahan tubuh bayi karena mengandung zat kekebalan untuk melindungi bayi dari berbagai penyakit infeksi bakteri, virus, parasit, dan jamur, meningkatkan jalinan kasih sayang, meningkatkan daya penglihatan dan kepandaian bicara, mengurangi risiko terkena penyakit kencing manis, kanker pada anak, dan penyakit jantung, menunjang perkembangan motorik.

Pemberian ASI selama 6 bulan tanpa dicampur dengan tambahan cairan lain seperti susu formula, jeruk, madu, air teh, air putih dan tanpa tambahan makanan padat seperti pisang, pepaya, bubur susu, biskuit, bubur nasi tim disebut sebagai ASI Eksklusif. Kenapa kita dianjurkan untuk tidak memberi makanan selain ASI pada bayi yang masih berusia 0-6 bulan, hal ini disebabkan karena sistem pencernaan bayi belum dapat bekerja dengan maksimal. Karena hal inilah sistem pencernaan si bayi tidak dapat mencerna makanan selain ASI yang di berikan oleh si ibu.

Pemberian makanan tambahan yang terlalu dini berbahaya karena bayi belum memerlukan makanan tambahan saat ini dan makanan tersebut dapat menggantikan ASI lebih sedikit, menyebabkan risiko terjadinya infeksi meningkat, selain itu tidak ditemukan bukti bahwa pemberian makanan tambahan pada usia empat atau lima bulan lebih menguntungkan, bahkan mempunyai dampak negatif untuk kesehatan bayi.

Artikel Terkait

Pertanyaan Terkait

  • Bayi Sering Kentut

    Halo dok. Saya baru melahirkan ank yg kedua.. Ank saya baru 1bln tp dia sering bab sat mengeluarkan angin.. Tpi jmlhny sedikit.. Mslh g sama kesehatanny.. Bgaimna mengatasiny.. O ia dia asi. Tp mlalui dodot.

    Detail Answer
  • Bayi Sering Ngulet Dan Gumoh

    Malam dok... Saya mau bertanya dok.. anak saya baru brumurr 1,5 bln dan full asi dari lahir memang sudah sering ngulet... sy kira itu akan hilang. Tpi sampe umur 1,5bln ternyata blm hilang jg. Mana kalo ngulet dengan mengeluarkan suara yg keras. Kadang jg suka mengedan sampe muka merah... kadang suka gumoh tiba2.. padahal sdh diberi asi beberapa waktu lalu dan sudh disendawain.. tpi mash gumo.. dan terkadang saat sya menggendong bayi saya, saya merasakan perutnya seperti bunyi kerucuk2 gitu dok... tolong diberi penjelasan dok.. apakah yg dialami bayi saya itu wajar saja atau ada gangguan ya dok.. mohom sangat penjelasannya. Terina kasih

    Detail Answer
  • Bagaimana Cara Mengatasi Ruam Di Bokong Balita?

    Dok saya mau tanya, cara mengatasi bintik kemerahan dan juga pergantian kulit pada sekitar area bokong bayi itu bagaimana? anak saya berumur 1 th, dan dalam kesehariannya lebih sering memakai popok. lalu apakah boleh balita di kasih salep Hydrocortisone dengan kadar 2,5 %, karna setelah saya konsultasikan ke dokter dikasihlah salep tersebut. apakah tidak berbahaya?

    Detail Answer
  • Menggugurkan Kandungan

    Dok. Kenapa saya sudah menggunakan gastrul lebih dari 9 jam tetap tidak mengeluarkan darah. Saya sedang hamil 5 minggu. Hanya efek samping yang saya dapatkan seperti diare, pusing, mual dan demam. Ini bagaimana ya dok dengan kandungan saya. Apakah gagal menggugurkannya ? Saya wanita muda yang belum menikah.. Mohon bantuan jawaban ya dok.

    Detail Answer
  • Mata Berair Pada Bayi

    dok saya mau tanya, kenapa mata sebelah kiri bayi saya selalu saja berair, itu dimulai sejak bayi saya lahir sampai sekarang usia nya sudah hampir 4bulan dan masih saja berair ,, sudah saya coba pakai salep mata tetep saja tidak ada reaksi nya,,

    Detail Answer
  • Anak Trauma

    Selamat mlm dok.. saya punya bayi 5 bulan bayi saya pernah 1 x saat sedang bermain dan bernyanyi 1 lagu selamat ulang tahun oleh neneknya sekalian di gunting kukunya dok.. dan semenjak itu setiap dinyanyikan lagu selamat ultah dia menangis.. apa mungkin dok bayi 5 bulan memiliki trauma?terima kasih dok

    Detail Answer
  • Benjolan Di Kelamin Bayi

    Dok anak saya usia 1,5 bulan. Ketika di utut anak saya menangis hebat. Yang mana sebelumnya anak saya tidak pernah menangis sepertiitu setelah di urut di tukang urut tradisional ada benjolan sebesar buah zakar di atas buah zakar anak saya. Jadi terkesan ada 3 buah zakar. Kira itu knpa ya dok?

    Detail Answer
  • Bayi 2bulan Tidak Mau Menyusu

    Selamat malam dok Bayi saya saat ini berusia 2bulan 10 hari dengan BB 5,5 Kg. Sejak lahir sudah di berik sufor karena ASI nya tidak keluar . biasanya bayi saya minum susu setiap 4jam sekali 120ml tetapi belakangan ini bayi saya mau menyusu setiap 5-7 jam sekali itupun hanya 90 ml. Tetapi kondisi saat ini bayi saya tidak rewel dan buang air 1x setia hari. Yang saya khawatirkan bayi saya takut lapar ataupun dehidrasi. Apakah itu normal dok ? Mohon respon nya Terima kasih

    Detail Answer
  • Hip Displasia

    Halo dok, apakah hip displasia itu? Bagaimana jika terjadi pada bayi? Tindakan apa yang harus dilakukan? Terimakasih

    Detail Answer
  • Bayi Bergetar Saat Menyusui

    Dok, bayi saya berusia 4 m 3 w. Belakangan ini kepalanya bergetar saat menyusui dalam kondisi sudah tertidur. Pagi ini, tidak hanya kepala, tp tangannya jg ikut bergetar. Apakah hal tsb normal ? Terima kasih sebelumnya

    Detail Answer

Community

Get the Newsletter! all about Kesehatan Bayi

Our free healthy living newsletter delivers useful news, inspiring stories, and delicious recipes to your in-box every day.

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan Bayi ?
Ask Doctor