Profile
All Topic

Pusat Informasi Kesehatan Pria

Tentang Kesehatan Pria

Sama halnya dengan wanita, pria juga memiliki permasalahan kesehatan yang khas yang harus mereka hadapi. Meski ada yang serupa, beberapa organ tubuh pria memiliki fungsi yang berbeda dengan wanita dan membutuhkan penanganan tersendiri. Sikap acuh, pola hidup yang tidak teratur dan tidak peduli akan kesehatan seringkali menjadi penyebab terciptanya permasalahan kesehatan pada pria. Bagian ini akan menyingkap segala urusan kesehatan pria sekaligus mengajak pria untuk dapat mengerti pentingnya arti hidup sehat.

Gejala

Terdapat beberapa penyakit yang rentan menyerang pria antara lain, penyakit jantung, penyakit pernapasan atau paru-paru, penyakit akibat alkohol, penyakit organ hati, diabetes, kanker kulit dan HIV atau AIDS.

Penyebab

Gaya hidup yang tidak sehat seperti sering mengkonsumsi alkohol, kebiasaan merokok dan sering gonta-ganti pasangan menjadi faktor yang meningkatkan resiko terjadinya gangguan kesehatan yang telah disebutkan diatas.

Faktor Resiko

Menurut American Lung Association, setiap tahunnya banyak pria yang terdiagnosis terkena kanker paru-paru karena memiliki riwayat merokok di masa lalunya. Walaupun kanker paru-paru bisa terjadi karena beberapa faktor, namun merokok tetap menjadi salah satu penyebab utama terjadinya kanker paru-paru. Beberapa penyakit yang muncul akibat mengkonsumsi alkohol secara berlebihan dalam jangka waktu yang lama sangat berisiko terhadap pria. Contohnya saja seperti risiko keganasan pada mulut, tenggorokan, kerongkongan, hati, dan usus besar. Alkohol juga dapat menggangu fungsi organ dalam memproduksi hormon pada pria sehingga dapat mengakibatkan impotensi dan infertilitas. Selain itu menurut American Cancer Society, alkohol dan tembakau dapat meningkatkan risiko Anda terkena penyakit pada organ hati. Hal lainnya, Menurut Skin Cancer Foundation, pria di atas 50 tahun berada pada risiko tertinggi untuk terkena kanker kulit dua kali lipat dibandingkan perempuan. Hal ini dikarenakan pria lebih sering terkena paparan sinar matahari dibandingkan wanita. Terakhir, pria lebih beresiko terkena HIV-AIDS disebabkan kebiasaan bergonta-ganti pasangan dan hubungan dengan sesama jenis. Infeksi ini paling banyak berkembang dikalangan gay, biseksual, dan homo.

Komplikasi Akibat

seorang pria yang mengidap diabetes maka pria tersebut akan mengalami risiko yang lebih besar mengalami impotensi dan kadar testoteron yang rendah. Hal tersebut dapat menyebabkan peningkatan depresi atau kecemasan yang berlebihan. Komplikasi lainnya sesuai dengan penyakit yang mendasari.

Diagnosa

Diagnosa penyakit pada pria pada dasarnya sama dengan wanita. Dokter memerlukan wawancara medis (anamnesis), pemeriksaan fisis dan penunjang bila diperlukan.

Pengobatan

Diagnosa penyakit pada pria pada dasarnya sama dengan wanita. Dokter memerlukan wawancara medis (anamnesis), pemeriksaan fisis dan penunjang bila diperlukan.

Pencegahan

Penting untuk menerapkan pola hidup sehat dengan konsumsi makanan bergizi, menghindari kebiasaan konsumsi minuman beralkohol, rokok, berganti-ganti pasangan dan seks dengan sesama jenis. Selain itu penting untuk rutin berolahraga agar tubuh tetap fit serta cek kesehatan rutin.

Artikel Terkait

Pertanyaan Terkait

Get the Newsletter! all about Kesehatan Pria

Our free healthy living newsletter delivers useful news, inspiring stories, and delicious recipes to your in-box every day.

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan Pria ?
Ask Doctor