Profile
All Topic

Pusat Informasi Ketombe (Dandruff)

Tentang Ketombe (Dandruff)

Ketombe atau Dandruff adalah penumpahan kulit pada kulit kepala yang mengarah pada serpihan putih di kepala, leher, dan bahu.

Gejala

Gejala umum ketombe biasanya munculnya serpihan putih pada rambut. Serpihan tampak berminyak serpihan kulit mati di rambut dan pada bahu dan kulit kepala. Kulit kepala dapat terlalu kering atau berminyak.

Penyebab

Ketombe dapat disebabkan oleh bentuk dari suatu kondisi kulit yang disebut eksim, yang menyebabkan peningkatan penumpahan sel-sel kulit kepala yang normal. Ketombe juga dapat disebabkan oleh infeksi jamur. Perubahan hormonal atau musiman juga dapat membuat ketombe parah.

Faktor Resiko

Beberapa hal yang memicu terjadinya ketombe adalah :

  • Umur
    Ketombe biasanya dimulai pada dewasa muda dan berlanjut sampai usia pertengahan. Itu tidak berarti orang dewasa tidak mendapatkan ketombe, namun. Bagi sebagian orang, masalah ketombe dapat berlangsung seumur hidup.
     
  • Menjadi laki-laki
    Karena laki-laki lebih memiliki ketombe, beberapa peneliti berpikir hormon laki-laki mungkin memainkan peran dalam ketombe. Pria juga memiliki lebih besar kelenjar penghasil minyak pada kulit kepala mereka, yang dapat berkontribusi untuk ketombe.
     
  • Menggunakan minyak rambut
    Memiliki kulit berminyak dan rambut berlebihan membuat Anda lebih rentan terhadap ketombe.
     
  • Diet
    Jika diet Anda kurang makanan tinggi seng, vitamin B atau jenis lemak tertentu, Anda mungkin lebih cenderung memiliki ketombe.
     
  • Penyakit tertentu
    Untuk alasan yang tidak jelas, orang dewasa dengan penyakit saraf, seperti penyakit Parkinson, lebih mungkin untuk mengembangkan dermatitis seboroik dan ketombe. Jadi orang-orang pulih dari kondisi stres, terutama serangan jantung dan stroke, dan orang-orang dengan bermasalah dengan sistem kekebalan tubuh.

Pengobatan

Perawatan di rumah dapat membantu Anda mencegah dan menyingkirkan gejala ketombe, diantaranya seperti :

  • Gunakan sampo anti ketombe.
    Berbagai shampoo yang tersedia, yang mengandung bahan yang berbeda. Mencoba beberapa akan membantu Anda mengetahui sampo antidandruff yang paling efektif bagi Anda.
     
  • Gunakan sampo setiap hari untuk mencegah membangun dari sel-sel kulit mati pada kulit kepala Anda
     
  • Jika sampo anti ketombe membantu menghentikan untuk sementara tapi kembali masalah ketombe, coba sampo anti ketombe yang berbeda.
     
  • Gunakan sampo anti ketombe alternatif lainnya jika Anda khawatir tentang efek dari bahan kimia sampo antidandruff 'pada rambut Anda.
     
  • Gosok kulit kepala Anda.
    Ketika Anda mencuci rambut, biarkan berbusa kemudian bilas. Sabuni kulit kepala Anda dua kali, dan gosok kulit kepala Anda saat keramas. Ini akan membantu mengusir sel berlebih. Berhati-hatilah untuk tidak menggosok penuh semangat bahwa Anda merusak kulit kepala Anda.
     
  • Setelah Anda keramas kedua kalinya, biarkan sampo selama 5 menit. Ini akan memberikan waktu sampo anti ketombe untuk bekerja.
     
  • Bilas dengan baik. Ini akan membantu menyingkirkan semua sel Anda telah melonggarkan up selama keramas.

Pencegahan

Selain keramas teratur, Anda dapat mengambil langkah-langkah berikut untuk mengurangi resiko terkena ketombe :

  • Belajar untuk mengelola stres
    Stres mempengaruhi kesehatan Anda secara keseluruhan, membuat Anda rentan terhadap sejumlah kondisi dan penyakit. Ia bahkan bisa membantu ketombe memicu atau memperburuk gejala yang ada.
     
  • Lebih sering menyuci kepala
    Jika Anda cenderung memiliki kulit kepala berminyak, keramas setiap hari dapat membantu mencegah ketombe.
     
  • Potong rambut
    Semprotan rambut, gel styling, mousse rambut dan malam semua bisa membangun pada rambut dan kulit kepala, membuat mereka berminyak.
     
  • Makan makanan yang sehat
    Diet yang menyediakan cukup seng, vitamin B dan beberapa jenis lemak dapat membantu mencegah ketombe.
     
  • Dapatkan sedikit sinar matahari
    Sinar matahari mungkin baik untuk ketombe. Tapi karena paparan sinar ultraviolet kerusakan kulit dan meningkatkan risiko kanker kulit, jangan berjemur. Sebaliknya, hanya menghabiskan sedikit waktu di luar rumah. Dan pastikan untuk mengenakan tabir surya pada wajah dan tubuh Anda.

Artikel Terkait

Pertanyaan Terkait

Get the Newsletter! all about Ketombe (Dandruff)

Our free healthy living newsletter delivers useful news, inspiring stories, and delicious recipes to your in-box every day.

Anda punya pertanyaan seputar Ketombe (Dandruff) ?
Ask Doctor