Profile
All Topic

Pusat Informasi Kiropraktik

Tentang Kiropraktik

Chiropractic lebih dari 100 negara telah menjadi satu bentuk teknik teapi alternative untuk tulang belakang. Kelebihanya tanpa menggunakan obat dan tanpa menggunakan teknik operasi. Bahkan ibu hamil, bayi, anak pun dapat mengikuti terapi ini. Chiropractic adalah melihat hubungan antara system syaraf dengan system dalam tubuh, terutama persendian dan otot disekitar tulang belakang. Atau yang lebih umum dikenal dengan sebutan kiropraktik adalah jenis terapi untuk mengobati atau memperbaiki gangguan pada tulang belakang. Terapi ini pertama kali dilakukan di Amerika pada tahun 1800 awal. Kiropraktik dilakukan dengan menarik, mendorong dan memutar tulang belakang dengan tangan. Beberapa terapis menggunakan panas, stimulasi listrik dan ultrasound untuk merilekskan otot-otot pasiennya sebelumnya terapi dimulai.

System Syaraf

System syaraf merupakan system pengontrol utama tubuh. System ini mengirimkan dan menerima informasi  namun kadang sesuatu hal dapat mnghalangi dan mengganggu system syaraf bekerja secara maksimum. Kondisi ini disebut subluxation. Subluxation itu bisa disebabkan adanya trauma, stress berkepanjangan, atau kebiasaan  pada posisi/postur tubuh yang salah. Gejala yang muncul biasanya nyeri, mati rasa, kesemutan, sakit kepala dan otot yang tegang.

Para praktisi chiropractic adalah satu satunya professional dibidang kesehatan yang mampu menghilangkan dan mencegah terjadinya subluxation. Hasil dari sebuah riset menunjukkan, kiropraktik dapat membantu untuk penyembuhan nyeri punggung bagian bawah, nyeri pada leher dan sakit kepala. Melihat dari bagaimana terapi ini dilakukan, pastinya banyak orang yang bertanya mengenai keamanan dari terapi ini.

Terapi ini aman, selagi dilakukan oleh orang yang memang ahli, namun tetap saja terkadang ada efek sampingnya seperti, sakit pada area yang diobati, pegal-pegal atau pusing. Efek samping tersebut umumnya akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari. Jika dilakukan oleh sembarang orang, kiropraktik dapat mengakibatkan hernia dan penekanan saraf, sehingga menyebabkan nyeri yang lebih parah. 

Kelebihan Kiropraktik

Kelebihan dari Kiropraktik ini adalah:

  • Meningkatkan kesehatan badan secara keseluruhan
  • Meningkatkan tenaga
  • Tidur yang lebih nyenyak
  • Membantu memperbaiki postur tubuh
  • Melambatkan penuaan
  • Tidak sakit
  • Tanpa obat obatan

Faktor Resiko

Hindari pula melakukan terapi ini jika Anda :

  • Menderita osteoporosis.
  • Memiliki gejala kerusakan saraf, yaitu mati rasa atau tangan dan kaki lemah.
  • Pernah menjalani operasi tulang punggung. Konsultasikan lebih dulu dengan dokter.
  • Merasakan nyeri pada punggung yang disertai dengan demam, menggigil, berkeringat dan berat badan menurun. Kondisi ini dapat menjadi indikasi adanya infeksi atau tumor.

 

Tahap Perawatan Kiropraktik

Tahap perawatan chiropractic ini ada 3 perawatan:

1. Tahap Penjagaan Intensif: Penjagaan semasa keadaan pasien akut.

Dalam tahap ini, para kiropraktor akan mencoba untuk menstabilkan keadaan pasien melalui cara dengan “urut” atau memijat.

2.Tahap Pemulihan:  Menstabilkan keadaan pasien

Tahap ini bertujuan untuk mengembalikan fungsi tulang yang normal.

3. Tahap Pemulihan : Langkah pencegahan / menjaga kesehatan

Tahap pemulihan ini diberikan dengan memberikan motivasi agar agar melakukan kebiasaan kebiasaan baik agar gangguan yang sama tidak terulang kembali.

Tidak ada data yang cukup untuk menetapkan keselamatan dari chiropractic ini. Tindakan kiropraktik terutama pada tulang belakang bagian atas, bisa juga mengakibatkan komplikasi yang dapat menyebabkan cacat permanen atau kematian, ini dapat terjadi pada orang dewasa dan anak-anak.

Artikel Terkait

Pertanyaan Terkait

Get the Newsletter! all about Kiropraktik

Our free healthy living newsletter delivers useful news, inspiring stories, and delicious recipes to your in-box every day.

Anda punya pertanyaan seputar Kiropraktik ?
Ask Doctor