Profile
All Topic

Pusat Informasi Kista Ginjal

Tentang Kista Ginjal

Kista ginjal adalah kista yang terdapat di ginjal. Kista ini biasanya berkaitan dengan penyakit lainnya yang bisa mengganggu fungsi ginjal. Namun secara umum kista ginjal tidak berkembang menjadi kanker. Seseorang bisa memiliki lebih dari satu kista ginjal. Jadi, jangan berpikiran kista hanya mungkin terjadi di rahim. Kista ginjal yang tidak menimbulkan gejala atau masalah apapun biasanya tidak memerlukan perawatan.

Gejala

Kista ginjal yang kecil biasanya tidak menunjukkan gejala apapun. Jika ukurannya sudah membesar, kista dapat menimbulkan gejala berikut :

  • Kebal di punggung atau tubuh bagian samping.
  • Demam.
  • Nyeri di perut bagian atas.

Penyebab

Sampai saat ini masih belum jelas apa penyebab munculnya kista di ginjal.

Faktor Resiko

Kista ginjal umumnya terjadi pada mereka yang sudah berumur, meskipun sebenarnya dapat menyerang siapa saja.

Komplikasi Akibat

Kista di ginjal dapat menimbulkan masalah lain, seperti :

  • Infeksi pada kista, sehingga menyebabkan demam dan nyeri.
  • Kista pecah, sehingga menyebabkan nyeri yang sangat di punggung atau tubuh bagian samping.

Diagnosa

Pemeriksaan untuk mendiagnosis kista ginjal mencakup :

  • Tes pencitraan, seperti ultrasound, CT scan, dan MRI.
  • Tes fungsi ginjal.

Pengobatan

Jika kista tidak menunjukkan gejala apapun dan tidak mengganggu aktivitas sehari-hari, penderitanya tidak memerlukan perawatan. Tapi, dokter akan merekomendasikan tes pencitraan secara rutin untuk melihat apakah ukurannya membesar. Terkadang, kista ginjal akan hilang dengan sendirinya. Untuk kista yang mengganggu, ada dua prosedur yang dapat dilakukan. Dokter akan mengeringkan kista atau melakukan operasi pengangkatan.

Artikel Terkait

Pertanyaan Terkait

  • Setelah Operasi Pengangkatan Rahim

    Mlm dok, ibu saya 3 hari kemarin operasi pengangkatan rahim karena haid tidak berhenti berhenti, setelah usg kata dokter ada tumor d dalam rahim ibu saya dan rahim harus di angkat, tapi setelah operasi kondisi badan nya kok lemes terus yya dok dan sering mules mules, merasa kedinginan terus

    Detail Answer
  • Kandungan

    Dok saya abis operasi laparaskopy kista,singkat cerita sm dokter di suruh suntik tapros. Suntik tapros yg ke 1 saya haid normal dn pas di USG kata dokter ad kantong janin,tpi pas di tes negatif, suntik tapros yg ke 2 saya blm haid,udh telat 23 hari,yg mau sya tanyakan apakah mash ad kemungkinan hamil y dok,apa karna efek suntik tapros saya ngk haid y dok

    Detail Answer
  • Seperti Penyempitan Vagina

    Dok saya mau tanya, baru baru ini lubang miss v saya terasa menyempit dan setelah saya coba masukkan satu jari rasanya sempit,dan seperti ada otot keras, apakah itu suatu masalah atau hal normal,karna saya blm menikah dan belum berhubungan seksual hanya saja miss v saya seperti ada yg menumbuh

    Detail Answer
  • Apakah Kista Bartholin Bisa Sembuh Atau Hilang ?

    Dok..minggu2 ini saya sering melakukan hubungan dengan pasangan saya.. lalu setelah melakukan hub yang terakhir siangnya saya merasa ada nyut2 dibagian V tapi saya biarkan saja setelah sore hari karena rasannya lumayan sakit jadi saya cek ternyta ada benjolan di bagian kiri bawah V ..kalo dari yang saya baca di internet sepertinya Kista Bartholin .! Yang saya mau tanyakan. 1. Apakah pembentukan kista ini terjadi dengan cepat karena saya merasa baru 1 hari atau sbelumnya saya tidak tau karena tidak pernah merasakannya..? 2.apakah penyakit ini bisa sembuh dengan sendirinya atau mengempes sampai tidak lagi terasa sakit ..?kira2 brapa lama penyembuhannya ( ukurannya masih sekecil kurang lbh 2cm) 3.kalo saya mau cek ke rs atau dokter apakah status hubungan saya dengan pasangan akan di permasalahkan ...? Terimakasih

    Detail Answer
  • Vagina Tertutup Daging

    Dok,saya remaja usia 18 baru baru ini saya merasakan didalam lubang vagina saya tertutup oleh daging yang membuat satu jari pun sulit masuk,biasanya tidak seperti itu. Tetapi sejauh ini tdk ada gejala sakit atau apapun hanya dibawah klitoris terdapat benjolan sebesar jerawat yg terasa gatal. Saya tdk berani untuk memeriksakan ke spesialis karna sy pikir sy akan mencobanya saat sudh menikah. Dan saya barengi dengan meminum air rebusan kulit manggis. Yg ingin sy tanyakan, apa nama benjolan tsb dan apakah berbahaya jika tidak ditangani medis? Karna untuk operasi,saya msh remaja dan takut ada luka membekas,mohon jawabannya dok agar saya mendapat kejelasan. Krna sy selalu kepikiran dengan ini.

    Detail Answer
  • Kista Bartholin Bahaya Atau Tidak?

    Hi dok, saya mengalami benjolan di labia mayora ini udahh kedua kalinya. Yang pertama sakit dan saya periksa ke dokter, dokter bilang kalo harus di operasi. Saya coba searching diinternet katanya rendam air panas dan basuh dengan daun sirih, udahh aku lakukan selama seminggu dan pecah dengan sendirinya. Nahh yang ini kedua, yang kedua gak sakit dan udah besar. tapi aku takut berobat ke dokter, takut operasi. Menurut dokter yang kedua ini bahayaa atau tidak? Apaa yang harus aku lakuin? Umur aku 22 tahun. Terima kasih sebelumnya dok 😊

    Detail Answer
  • Benjolan Bulat Di Dalam Vagina

    Dok, Saya fitri 23tahun,sudah menikah Mau tanya dok, didalam vagina sy,kalau jari saya masuk kedalam seperti ada seperti benjolan bulat,ga sakit sih dok,tp sepertinya sebelumnya ga ada.. Ditambah keputihan sya seperti ampas tahu,warna putih ke kuningan (maaf ya) Kira2 benjolan ini ada hubungannya sm keputihan sy ga ya dok? Karna sebelumnya sy udah cek keputihan sy .papsmear dan test iva semuanya bagus. Hanya katanya radang. Mohon penjelasannya ya dok. Benjolan ini apa..berbahaya atau ga Ada hubungannya dengan kesuburan atau ga dok?

    Detail Answer
  • Area Vagina Seperti Mengeluarkan Daki/kotoran

    Dok saya mau bertanya, vagina saya dan bibir vagina sering mengeluarkan daki berwarna putih. Tp setelah saya bersihkan malah gatal sekali. Itu kenapa ya?

    Detail Answer
  • Nyeri Pinggul Di Sebelah Kanan

    Pagi dok, saya riri, Seminggu yg lalu saya usg untuk promil anak ke 3, hasil usg, saya di vonis terkena kista, ukuran 3, 56cm.. Udah 3 hari ini saya sering mengeluh nyeri pinggul sebelah kanan, sampai di pake untuk rukuk saja sakit bgt dok, apa itu efek dri kista saya atau gimna dok?? Terima kasih

    Detail Answer
  • Bolehkan Menggunakan Pil Kb Tp Mempunyai Kista

    Ass dok, saya chintya 23 thn. Dulu saya pernah pakai kb suntik 3bulan sekali selama kurang lebih 3tahun dan sama sekali tdk haid selama kb suntik. dan berhenti sudah hmpr 10bulan tp haid blm keluar. Pernah 2bulan yg lalu sempet diusg ada kista ovarium kanan. Trs bulan kmrin cheup lg si kista udh ga keliatan dan dokternya blg ini kista fungsional diksh obat regumen. Sempet haid setelah mnm obat tp cuma3hari. Kalau menggunakan pil kb microgynon biar haid lancar tiap bulan bisa ga ya dok? Apa gaada efek nya?

    Detail Answer

Get the Newsletter! all about Kista Ginjal

Our free healthy living newsletter delivers useful news, inspiring stories, and delicious recipes to your in-box every day.

Anda punya pertanyaan seputar Kista Ginjal ?
Ask Doctor