Profile
All Topic

Pusat Informasi Myopia

Tentang Myopia

Rabun jauh (miopia) merupakan penyebab umum dari penglihatan kabur. Kondisi penurunan kualitas penglihatan ini terjadi dari tingkatan yang ringan hingga akut. Jika Anda rabun jauh, benda-benda di kejauhan tampak buram dan tidak fokus. Anda mungkin membutuhkan usaha ekstra untuk dapat memaknai bentuk benda-benda yang berada di kejauhan. Rabun jauh sendiri bukanlah suatu penyakit tapi mungkin adalah efek samping dari suatu penyakit.

Gejala

Gejala utama yang terjadi pada rabun jauh, adalah penglihatan kabur ketika melihat obyek yang jauh. Anda mungkin mengalami masalah untuk memaknai suatu gambaran yang terletak agak jauh atau kata-kata di papan tulis, layar film dan televisi. Hal ini dapat menyebabkan penurunan prestasi di sekolah, di bidang olahraga bahkan mampu mempengaruhi kinerja kerja bila tak segera diberi penanganan.

 

Penyebab

Kebanyakan rabun jauh disebabkan oleh perubahan alamiah dalam bentuk bola mata. Terkadang, rabun jauh disebabkan oleh perubahan kornea atau lensa mata. Masalah-masalah tersebut menyebabkan pergeseran fokus mata dalam menerima  sinar cahaya yang memasuki mata. Biasanya, cahaya berfokus secara langsung pada retina, sedangkan pada kasus miopi, sinar yang masuk ke mata jatuh di depan titik seharusnya. 

Diagnosa

Pemeriksaan mata rutin dapat menunjukkan apabila ada gangguan pada mata. Tes daya penglihatan bisa dilakukan minimal setahun sekali. Tes mata meliputi sesi pertanyaan tentang penglihatan dan pemeriksaan fisik dari bola mata. Oftalmoskopi, tonometri, ujian lampu celah, dan tes penglihatan lainnya juga bagian dari pemeriksaan mata rutin.
Rabun jauh biasanya pertama kali ditemukan pada anak-anak kelas-usia sekolah.

Pengobatan

Kebanyakan orang-orang yang menggunakan kacamata rabun jauh atau lensa kontak untuk memperbaiki visi mereka.

Operasi juga dapat mengurangi atau memperbaiki rabun jauh. Ada beberapa pilihan operasi, seperti LASIK, PRK (photorefractive keratectomy), dan implan lensa buatan. Tujuan pembedahan adalah untuk membantu melihat lebih jelas tanpa kacamata atau lensa kontak.

Pencegahan

Banyak penelitian tentang pengaruh mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A, dapat mengurangi resiko rabun jauh. Kegiatan berjalan di bawah paparan matahari kala sore hari juga disarankan para dokter mata.

Artikel Terkait

Pertanyaan Terkait

  • Tanya Minus Pada Mata

    Saat sudah lama menggunakan soflen minus lalu beralih kekacamata minus, boleh kah memakai soflen minus berserta kacamata minus?

    Detail Answer
  • Masalah Hasil Pemerisaan Mata

    visus mata OD -0,25 Visus mata OS -0,75 Itu artinya apa iya dok?

    Detail Answer
  • Mata Gatel Bgt Saat Di Garuk Dan Pilek

    Mata saya klo di garuk gatel nya banget dok sma idung gatel dan pilek dok, itu knp ya dok?

    Detail Answer
  • Bertanya

    Dok amak saya sering saya tidurin diayunan. Kalau msalah kesehatan gmn dok apa gak msalah klau anak saya sering saya tidurin disitu

    Detail Answer
  • Glaukoma

    Dokayah saya mengidap glaukoma. Apakah hal seperti bisa disembuhkan secara total dok. Terimaksih sebelum dan sesudahnya

    Detail Answer
  • Nyaman Melihat Dengan Posisi Kepala Miring

    Dok, Saya sepertinya merasa mengalami gangguan pada bagian kepala ataupun mata, dikarenakan kepala saya selalu miring untuk melihat suatu objek lebih nyaman. Saat mata saya berusaha fokus pada objek tertentu dengan kepala yang lurus, pandangan saya terasa buram/berbayang-bayang serta tidak bisa fokus, namun saat kepala saya miringkan, lebih nyaman untuk melihat dan lebih fokus. Saya telah mengalami ini sejak kecil dari umur 4-5 tahun, saat menonton televisi saya selalu memiringkan kepala saya untuk menikmati tontonan tersebut. Orang tua saya selalu mengingatkan saya untuk meluruskan kepala saya, namun cuma bertahan beberapa menit lalu kembali lagi memiringkan kepala. Terima Kasih Dok.

    Detail Answer
  • Imunisasi

    Maaf sok saya mau nanya. Apa ada vaksin imunisasi untuk malaria dok. Saya sekarang sedang di tmpat banyak malaria.

    Detail Answer
  • Mata Bengkak Berair Sering Menyut

    Selamat siang doctor saya ingin bertnya ibu saya berumur 52thun sering mngalami sakit mata menyut tiba-tiba bengkak n berair kadang juga menglami sakit kepala, sebelumnya beliau mmpunya penyakit maag akut dan disertai dm kering, mogon infonya doc

    Detail Answer
  • Kelopak Mata Kering Mengelupas

    Dok kelopak mata saya merah, kering dan seperti lecet. Penyakit apa itu dok

    Detail Answer
  • Migrain

    Migrain bisa disembuhkan gak ya dok? Saya sudah lama menderita migrain.

    Detail Answer

Get the Newsletter! all about Myopia

Our free healthy living newsletter delivers useful news, inspiring stories, and delicious recipes to your in-box every day.

Anda punya pertanyaan seputar Myopia ?
Ask Doctor