Profile
All Topic

Pusat Informasi Myopia

Tentang Myopia

Rabun jauh (miopia) merupakan penyebab umum dari penglihatan kabur. Kondisi penurunan kualitas penglihatan ini terjadi dari tingkatan yang ringan hingga akut. Jika Anda rabun jauh, benda-benda di kejauhan tampak buram dan tidak fokus. Anda mungkin membutuhkan usaha ekstra untuk dapat memaknai bentuk benda-benda yang berada di kejauhan. Rabun jauh sendiri bukanlah suatu penyakit tapi mungkin adalah efek samping dari suatu penyakit.

Gejala

Gejala utama yang terjadi pada rabun jauh, adalah penglihatan kabur ketika melihat obyek yang jauh. Anda mungkin mengalami masalah untuk memaknai suatu gambaran yang terletak agak jauh atau kata-kata di papan tulis, layar film dan televisi. Hal ini dapat menyebabkan penurunan prestasi di sekolah, di bidang olahraga bahkan mampu mempengaruhi kinerja kerja bila tak segera diberi penanganan.

 

Penyebab

Kebanyakan rabun jauh disebabkan oleh perubahan alamiah dalam bentuk bola mata. Terkadang, rabun jauh disebabkan oleh perubahan kornea atau lensa mata. Masalah-masalah tersebut menyebabkan pergeseran fokus mata dalam menerima  sinar cahaya yang memasuki mata. Biasanya, cahaya berfokus secara langsung pada retina, sedangkan pada kasus miopi, sinar yang masuk ke mata jatuh di depan titik seharusnya. 

Diagnosa

Pemeriksaan mata rutin dapat menunjukkan apabila ada gangguan pada mata. Tes daya penglihatan bisa dilakukan minimal setahun sekali. Tes mata meliputi sesi pertanyaan tentang penglihatan dan pemeriksaan fisik dari bola mata. Oftalmoskopi, tonometri, ujian lampu celah, dan tes penglihatan lainnya juga bagian dari pemeriksaan mata rutin.
Rabun jauh biasanya pertama kali ditemukan pada anak-anak kelas-usia sekolah.

Pengobatan

Kebanyakan orang-orang yang menggunakan kacamata rabun jauh atau lensa kontak untuk memperbaiki visi mereka.

Operasi juga dapat mengurangi atau memperbaiki rabun jauh. Ada beberapa pilihan operasi, seperti LASIK, PRK (photorefractive keratectomy), dan implan lensa buatan. Tujuan pembedahan adalah untuk membantu melihat lebih jelas tanpa kacamata atau lensa kontak.

Pencegahan

Banyak penelitian tentang pengaruh mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A, dapat mengurangi resiko rabun jauh. Kegiatan berjalan di bawah paparan matahari kala sore hari juga disarankan para dokter mata.

Artikel Terkait

Pertanyaan Terkait

Get the Newsletter! all about Myopia

Our free healthy living newsletter delivers useful news, inspiring stories, and delicious recipes to your in-box every day.

Anda punya pertanyaan seputar Myopia ?
Ask Doctor