Profile
All Topic

Pusat Informasi Myopia

Tentang Myopia

Rabun jauh (miopia) merupakan penyebab umum dari penglihatan kabur. Kondisi penurunan kualitas penglihatan ini terjadi dari tingkatan yang ringan hingga akut. Jika Anda rabun jauh, benda-benda di kejauhan tampak buram dan tidak fokus. Anda mungkin membutuhkan usaha ekstra untuk dapat memaknai bentuk benda-benda yang berada di kejauhan. Rabun jauh sendiri bukanlah suatu penyakit tapi mungkin adalah efek samping dari suatu penyakit.

Gejala

Gejala utama yang terjadi pada rabun jauh, adalah penglihatan kabur ketika melihat obyek yang jauh. Anda mungkin mengalami masalah untuk memaknai suatu gambaran yang terletak agak jauh atau kata-kata di papan tulis, layar film dan televisi. Hal ini dapat menyebabkan penurunan prestasi di sekolah, di bidang olahraga bahkan mampu mempengaruhi kinerja kerja bila tak segera diberi penanganan.

 

Penyebab

Kebanyakan rabun jauh disebabkan oleh perubahan alamiah dalam bentuk bola mata. Terkadang, rabun jauh disebabkan oleh perubahan kornea atau lensa mata. Masalah-masalah tersebut menyebabkan pergeseran fokus mata dalam menerima  sinar cahaya yang memasuki mata. Biasanya, cahaya berfokus secara langsung pada retina, sedangkan pada kasus miopi, sinar yang masuk ke mata jatuh di depan titik seharusnya. 

Diagnosa

Pemeriksaan mata rutin dapat menunjukkan apabila ada gangguan pada mata. Tes daya penglihatan bisa dilakukan minimal setahun sekali. Tes mata meliputi sesi pertanyaan tentang penglihatan dan pemeriksaan fisik dari bola mata. Oftalmoskopi, tonometri, ujian lampu celah, dan tes penglihatan lainnya juga bagian dari pemeriksaan mata rutin.
Rabun jauh biasanya pertama kali ditemukan pada anak-anak kelas-usia sekolah.

Pengobatan

Kebanyakan orang-orang yang menggunakan kacamata rabun jauh atau lensa kontak untuk memperbaiki visi mereka.

Operasi juga dapat mengurangi atau memperbaiki rabun jauh. Ada beberapa pilihan operasi, seperti LASIK, PRK (photorefractive keratectomy), dan implan lensa buatan. Tujuan pembedahan adalah untuk membantu melihat lebih jelas tanpa kacamata atau lensa kontak.

Pencegahan

Banyak penelitian tentang pengaruh mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A, dapat mengurangi resiko rabun jauh. Kegiatan berjalan di bawah paparan matahari kala sore hari juga disarankan para dokter mata.

Artikel Terkait

Pertanyaan Terkait

  • Mata Minus 2 Dan 3

    Dok saya mau nanya, mata saya yang satu minus 2 dan satunya 3. Saya megunakan kacamata saat di dalam kelas saja untuk bisa membaca papan tulis, setelah itu saya lepas. Apakah itu boleh dok? Saya berumur 15 tahun. Bisa kah sembuh ?

    Detail Answer
  • Mata Merah Dan Ada Benjolan Bening Pada Anak

    selamat malam dok, maaf sebelumnya sy ingin bertanya , anak sy mata sebelah kanan nya merah tp hanya setengah dr mata dan ada benjolan bening d ujung bola mata, sy sudah k klinik terdekat dan mereka rujuk untuk k rumah sakit untuk menemui dokter specialist mata besok, tapi sy sangat khawatir dok, bisa tolong bantu saya? anak sy bru berumur 3tahun , trimakasih

    Detail Answer
  • Floater Dan Flashes

    Dok agar floaters pada mata hilang harus mengonsumsi apa? Dan bagaimana menghilangkan gatalnya?

    Detail Answer
  • Sakit Mata

    Malam dok saya mau nanya mata kiri saya ujung kiri ada benjolan merah bisa sembuh sendiri gak ya itu

    Detail Answer
  • Floaters

    Dok apakah mata floaters bisa di sembuhkan ? Kalau bisa bagaimana? Dan apakah mata floaters tidak boleh nonton televisi? Mohon solusinya!

    Detail Answer
  • Ada Benjolan Putih Di Bagian Putih Mata Saya

    Selamat pagi dok. Saya evaa dok. Mau bertanya. Saya baru tdi malem tahu ada benjolan di bola mata saya di bagian putih. Sedikit memerah dan tidak nuerih tidak mengganggu. Dok bagaimna cara nya meghilangkannya atau menyembuhkannya ? Terimakasih dok

    Detail Answer
  • Soflens Kering Dan Saat Memakai Serasa Perih

    saya baru pemula untuk pemakaian Soflen. Saat saya pake Soflen rasa nya tuh perih, kaya ada yang meng halangi penglihatan dan aga perih gitu. Apakah itu efek dari soflen itu atau ketidak cocokan pake soflen? Dan saya kemarin siang setelah selesai pakai soflen, saya simpan di tempat soflen nya tapi saya lupa tidak mengisi air untuk Soflen yang satu nya. Nah pas besok malem nya saya mau pakai sioflen yang satu nya tuh kering karna lupa yang belum ke isi air nya. Apa kah masih bisa di pakai lagi?

    Detail Answer
  • Pakai Kaca Mata Kok Pusing Dan Gak Nyaman

    saya baru membuat kaca mata yg kanan -4 dan silindris 0,5 dan kiri -2, saat saya memakai kaca mata tersebut agak pusing dan tidak nyaman. gimana baik nya dok...apakah setiap memakai kaca mata baru efek nya pusing dan tidak nyaman... terima kasih

    Detail Answer
  • Mengobati Bekas Bintitan

    Siank dok..mw tanya ..sudh ada 3 mingguan saya bintintan sekarng nanahny sudak ndak ada..tapi ko bekas bintintny gk ilang ya itu gimana ...klo dpegang itu dalm kelopk mta agk bnjol..sehingga saya tidak PD dok dg bekas bintitan saya .tolong solusiny dok ..terimaksih..

    Detail Answer
  • Penggunaan Soflent Dan Memakai Kaca Mata

    Selamat malam dok, saya mau tanya . awalnya kan mata saya minusnya dari SD tapi karna orang tua gak percaya kalau mata saya minus akhirnya didiemin aja sampai kelulusan SMP saya coba periksa ke dokter mata ternyata hasilnya mata saya beneran minus dan itu langsung minus 3 akhirnya orang tua saya saranin buat pake kaca mata, setelah saya masuk kedunia SMA saya kenal yg namanya soflent akhirnya saya pakai soflent yg minusnya 2,75 terus memakai kaca mata lagi dengan minus mata saya minus 3 . Apakah baik yg saya lakuin dengan memakai soflent minus dan kaca mata minus secara bersamaan? apakah ada faktor lain kaya misalnya akan bertambah minusnya lagi atau gimana dok? Saya juga pakai soflent jarang dok, saya juga tau bahaya dari pemakaian soflent itu. Terima kasih dok, selamat malam

    Detail Answer

Community

Get the Newsletter! all about Myopia

Our free healthy living newsletter delivers useful news, inspiring stories, and delicious recipes to your in-box every day.

Anda punya pertanyaan seputar Myopia ?
Ask Doctor