Profile
All Topic

Pusat Informasi Nyeri Sendi (Osteoartritis)

Tentang Nyeri Sendi (Osteoartritis)

Osteoartritis (OA) Adalah peradangan pada sendi. OA menyebabkan tulang rawan disendi menjadi kaku, tidak elastis dan rentan rusak. Kondisi tulang rawan yang buruk, menjadikan tendon dan ligamen meregang dan menimbulkan nyeri. Jika semakin parah, tulang akan saling bergesekan. Osteoartritis bisa terjadi diseluruh bagian tubuh, seringnya pada bantalan sendi pinggul, lutut dan tulang belakang, bisa juga terjadi pada ibu jari dan leher.

Gejala

Tulang rawan adalah material lentur yang menutupi setiap ujung tulang. Fungsi utamanya adalah mengurangi gesekan pada sendi (pereda guncangan).

Jika terjadi peradangan sendi dan tulang rawan rusak, gejala yang ditimbulkan adalah :

  • Nyeri sendi terutama saat bergerak.
  • Nyeri akibat aktivitas berlebih atau karena jarang beraktivitas.
  • Pembesaran tulang pada sendi tengah dan ujung jari (dapat menyebabkan nyeri, bisa juga tidak).
  • Pembengkakan sendi.
  • Kaku.
  • Akumulasi cairan pada sendi.

Faktor Resiko

Faktor-faktor yang meningkatkan resiko terkena osteoartritis :

  • Keturunan
    Hal ini menyebabkan cacat pada tulang rawan, dan mempercepat kerusakan. Misalnya, mereka yang lahir dengan sendi atau tulang belakang tidak normal (skoliosis).
  • Obesitas
    Meningkatkan terjadinya osteoartritis pada bagian pinggul dan lutut. Cegah bertambah parahnya osteoartritis dengan menurunkan berat badan, misalnya dengan olahraga renang (mengurangi tekanan pada sendi), hindari jogging atau aerobics.
  • Cedera
    Misalnya pernah mengalami patah tulang.
  • Aktivitas fisik berlebih

Diagnosa

Diagnosis yang dilakukan adalah :

  • X-rays Untuk mengetahui seberapa parah kerusakan sendi.
  • Tes darah.
  • Joint aspiration atau menghilangkan cairan (hanya jika terjadi akumulasi cairan).

Pengobatan

Perawatan bagi penderita osteoartritis, sebagai berikut :

  • Terapi fisik
    Seperti, olahraga untuk mempekuat otot, oral medications, mengompres sendi yang sakit (dengan suhu hangat atau dingin), menghilangkan cairan sendi, menginjeksi obat-obatan ke sendi, menggunakan bantuan alat (misalnya tongkat) dan mengontrol berat badan.
  • Obat-obatan
    Obat penghilang nyeri, seperti asetaminofen (tylenol). Atau obat anti peradangan, seperti aspirin, ibuprofen dan celebrex. Bagi penderita yang tidak dapat menggunakan obat-obatan tersebut, dapat melakukan injeksi steroid.
  • Akupuntur dan bioelektrik terapi.
  • Pembedahan.
     

Artikel Terkait

Pertanyaan Terkait

  • Urat Tegang Seperti Tertarik

    Dok, saya mau tanya, urat saya seperti tertarik dan terlihat tegang. dari bawah buah dada kanan sampai dengan tulang rusuk kanan plaing bawah. awalnya, terasa nyeri di rusuk kanan saya. saat saya naik tangan kanan keatas, terlihat jelas, uratnya yang tertarik dan nyeri. mohon pencerahannya dok, apa obatnya dan saya harus ke dokter mana untuk pemeriksaan lebih lanjut? terima kasih.

    Detail Answer
  • Nyeri Tulang Rusuk Kanan Bawah Payudara

    Dear dokter... Td pagi sy tidur2an miring d sofa tiba2 tulang rusuk kanan sy sakit. Trus dr rebahan ke posisi duduk nyeri, bahkan menghela nafas nyeri dikit. Kalau d pegang tdk begitu sakit. Apa ini hny krn salah posisi miring waktu tidur2an? Atau ada kondisi lain ya dok? Lalu bgmn penanganannya biar sembuh

    Detail Answer
  • Jahitan Keluar Nanah

    Dok setelah satu bulan pasca oprasi jahitan saya terasa nyeri dan mengeluarkan cairan putih kekuningan dan agak sedikit bengkak ..apakah ini sangat berbahaya dan bagaimana cara menyembuhkannya dok

    Detail Answer
  • Nyeri Lutut Saat Rukuk

    Hallo dok... Saya perempuan 33th lutut saya sakit saat ruku dok kenapa y awalnya sakit ringan tp lama kelamaan lutut ini semakin sakit berasa nya saat ruku saja. Knph y dok?

    Detail Answer
  • Nyeri Tulang Rusuk Kanan Bawah Payudara

    Dear dokter... Mohin d baca judul dan pertanyaan sy d email sebelumnya bahwa yg nyeri itu tulang rusuk KANAN bawah payudara. Tp dokter berikan jwbn utk tulang rusuk kiri, ga nyambung dgn pertanyaan sy, sy tanya yg KANAN dan dokter jwb yg kiri. Mohon penjelasan yg benar dari email pertama sy ya dok. Terima kasih

    Detail Answer
  • Nyeri Sendi Saat Bangun Tidur

    Dok, saya ibu rumah tangga usia 28 tahun. Sudah 2 hukanbini saya merasakan nyeri di sekitar sendi saat bangun tidur di pagi hari seperti di lutut, pergelangan kaki, pergelangan tangan, bahu,jari jari tangan, dan juga tumit. Apabila sudah beraktifitas, rasa sakit berkurang tetapi masih terasa sakit. Saya sudah mencoba ke dokter dan tes darah hasilnya asam urat, kolesterol, trigeserid, dan HDL bagus semua. Saya hanya diberi obat penghilang nyeri dan neurobion saja. Saat mengkonsumsi obat memang berkurang sakitnya, tetapi saat obat habis dan saya berhenti mengkonsumsi obat apapun badan terasa sakit seperti semula. Rasanya seperti pegal linu. Kira kira saya kenapa ya dok? Dan bagaimana pengobatan yg sesuai tanpa membuat saya kecanduan? Terimakasih

    Detail Answer
  • Pegal Ngilu

    Dok, saya mengalami pegal dan ngilu di bagian pundak, dada dan punggung bagian kanan. Jika saya tidur terlentang berasa banget ngilu nya sampai berasa sesak nafas dan saya jd susah tidur dikarenakan bagian kanan tersebut pegal dan ngilu. Sebelum seperti ini saya masuk angin dan berak nya air. Tp skrg berak nya uda berenti tetapi jadi timbul pegal dan nyeri seperti ini. Apakah dokter tau sebabnya kenapa? Dan saya harus bagaimana? Karena saya sekarang susah tidur karena masalah ini. Terimakasih dokter.

    Detail Answer
  • Nyeri Tulang Ekor Dan Tulang Belakang

    Selamat siang dok, Perkenalkan sy Ika usia 49 th,sdh 3 mggu terakhir ini sy mengalami nyeri yg sangat hebat ditulang ekor hingga sy tdk bisa berdiri,duduk,dan untuk menarik nafas pun terasa sakit di tulang ekor atau tulang belakang. Sy pernah minum obat pereda nyeri tapi hanya 1 mggu.Setelah 2 mggu sy tdk meminumnya kini terasa sakit kembali tetapi masih bisa utk jalan dan bergerak. Kl boleh sy mohon anjuran dokter dan pengobatan apa yg harus sy jalani utk menyembuhkan sakit sy ini dok. Terimakasih atas perhatiannya.

    Detail Answer
  • Halli Dokter

    Halo dokter saya mau bertanya. Sekitar tahun 2013 saya sedang jalam kaki dan sy tiba2 keseleo. Sakit sekali sampai bengkak dan tak bisa berjalan. Keesokan harinya saya dibawa ke tukang urut. Memang tdk membaik tp sedikit hilang sakitnya. Setelah kejadian itu ankle saya tetap bengkak dan kalo dipegang rasanya kok tulangnya menonjol. Dan sering sekali merasa nyeri dan sering keseleo. Apakah sy mengalami dislokasi atau hanya keseleo saja? Terima kasih

    Detail Answer
  • Nyeri Punggung Bagian Bawah

    Dokter, saya pria usia 37 tahun, beberapa hari ini tiba-tiba mengalami nyeri pada punggung bagian bawah. Sakitnya luar biasa seperti ditusuk-tusuk dan kram sehingga sulit membungkuk. Kira-kira gejala apa ya dokter? Kalau konsultasi ke rumah sakit mengenai sakit yang saya alami ini tepatnya ke dokter spesialis apa ya? Terima kasih penjelasannya?

    Detail Answer

Get the Newsletter! all about Nyeri Sendi (Osteoartritis)

Our free healthy living newsletter delivers useful news, inspiring stories, and delicious recipes to your in-box every day.

Anda punya pertanyaan seputar Nyeri Sendi (Osteoartritis) ?
Ask Doctor