Profile
All Topic

Pusat Informasi Penyakit Jantung

Tentang Penyakit Jantung

Pada penderita penyakit jantung, serangan jantung terjadi ketika aliran darah ke jantung tersumbat. Tanpa darah dan oksigen yang dibawanya, bagian dari jantung mulai mati. Sebuah serangan jantung tidak selalu mematikan. Pengobatan yang cepat dapat mengembalikan aliran darah ke jantung dan menyelamatkan hidup Anda.

Gejala

Beberapa orang menjabarkan tentang rasa sakit dan tekanan yang meremas-remas di dada. Rasa sakit dari serangan jantung dapat menyebar ke bahu kiri dan lengan dan ke daerah lain, seperti punggung, leher rahang, atau lengan kanan. Kala serangan jantung melanda, produksi air liur cenderung meningkat sehingga menimbulkan efek berliur.

Penyebab

Sebagian besar serangan jantung disebabkan atau akibat dari penyakit jantung koroner, yaitu kondisi kala terjadi penyumbatan pada pembuluh arteri oleh lemak dan plak kalsifikasi. Berdasarkan penelitian, penyebab dari hampir semua serangan jantung bukanlah karena plak itu sendiri, tetapi karena pembentukan gumpalan darah di atas plak yang memotong aliran darah dalam pembuluh darah yang sudah menyempit. Gaya hidup pun turut andil atas kasus-kasus serangan jantung. Tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, obesitas, merokok, dan stres diyakini meningkatkan risiko terjadinya serangan jantung.

Faktor Resiko

  • Umur . Pria berusia 45 atau lebih tua dan wanita usia 55 atau lebih tua lebih mungkin untuk mengalami serangan jantung daripada pria dan wanita yang lebih muda.
  • Tembakau . Merokok dan jangka panjang paparan asap rokok meningkatkan risiko serangan jantung.
  • Tekanan darah tinggi . Seiring waktu, tekanan darah tinggi dapat merusak pembuluh darah yang memberi makan hati Anda dengan mempercepat aterosklerosis. Tekanan darah tinggi yang terjadi dengan obesitas, merokok, kolesterol tinggi atau diabetes meningkatkan risiko Anda bahkan lebih.
  • Kolesterol darah tinggi atau kadar trigliserida . Tingkat tinggi low-density lipoprotein (LDL) kolesterol (kolesterol "jahat") adalah yang paling mungkin untuk mempersempit arteri. Tingkat tinggi trigliserida, jenis lemak darah yang berhubungan dengan diet Anda, juga up resiko serangan jantung. Namun, tingkat tinggi high-density lipoprotein (HDL) kolesterol ("baik" kolesterol) menurunkan resiko serangan jantung.
  • Diabetes . Insulin, hormon yang dikeluarkan oleh pankreas Anda, memungkinkan tubuh Anda untuk menggunakan glukosa, suatu bentuk gula. Memiliki diabetes - tidak memproduksi cukup insulin atau tidak menanggapi insulin dengan benar - menyebabkan kadar gula darah tubuh Anda meningkat.Diabetes, apalagi yang tidak terkontrol, meningkatkan risiko serangan jantung.
  • Riwayat keluarga serangan jantung . Jika saudara Anda, orang tua atau kakek-nenek memiliki serangan jantung dini (usia 55 untuk kerabat laki-laki dan pada usia 65 untuk saudara perempuan), Anda mungkin pada peningkatan risiko.
  • Kurangnya aktivitas fisik . Gaya hidup tidak aktif memberikan kontribusi untuk kadar kolesterol darah tinggi dan obesitas.Orang-orang yang mendapatkan latihan aerobik secara teratur memiliki kebugaran kardiovaskular yang lebih baik, yang menurunkan risiko mereka secara keseluruhan serangan jantung. Latihan ini juga bermanfaat dalam menurunkan tekanan darah tinggi.
  • Obesitas . Obesitas dikaitkan dengan tingkat darah tinggi kolesterol, trigliserida tinggi, tekanan darah tinggi dan diabetes.Kehilangan hanya 10 persen dari berat badan Anda dapat menurunkan risiko ini, namun.
  • Stres . Anda mungkin merespon stres dengan cara yang dapat meningkatkan risiko serangan jantung.
  • Penggunaan narkoba ilegal . Menggunakan obat perangsang, seperti kokain atau amfetamin, dapat memicu kejang arteri koroner Anda yang dapat menyebabkan serangan jantung.
  • Riwayat preeklampsia . Kondisi ini menyebabkan tekanan darah tinggi selama kehamilan dan meningkatkan risiko seumur hidup dari penyakit jantung.
  • Riwayat kondisi autoimun, seperti rheumatoid arthritis atau lupus . Kondisi seperti rheumatoid arthritis, lupus dan penyakit autoimun lainnya dapat meningkatkan risiko terkena serangan jantung.

Komplikasi Akibat

  • Irama jantung abnormal (aritmia). Jika otot jantung Anda rusak karena serangan jantung, listrik "sirkuit pendek" dapat mengembangkan, menghasilkan irama jantung abnormal, beberapa di antaranya bisa serius, bahkan fatal.
  • Gagal jantung. Jumlah kerusakan jaringan dalam hati Anda mungkin begitu besar sehingga otot jantung yang tersisa tidak dapat melakukan pekerjaan yang memadai memompa darah keluar dari jantung Anda. Gagal jantung mungkin masalah sementara yang akan hilang setelah hati Anda, yang telah terpesona oleh serangan jantung, pulih. Namun, hal itu juga bisa menjadi kondisi kronis akibat dari kerusakan yang luas dan permanen hatimu setelah serangan jantung.
  • Jantung pecah. Area otot jantung melemah oleh serangan jantung bisa pecah, meninggalkan lubang di bagian jantung.Pecah ini sering berakibat fatal.
  • Masalah katup. katup jantung yang rusak selama serangan jantung dapat mengembangkan parah, masalah kebocoran yang mengancam jiwa.

Diagnosa

Seorang spesialis jantung, bergantung pada berbagai tes dan scan untuk mendiagnosis serangan jantung dan untuk mengidentifikasi area penyumbatan di arteri dan kerusakan jaringan. Uji rekaman aktivitas listrik di dalam jantung, didukung oleh tes darah, menjadi rujukan data untuk penilaian awal kondisi pasien. Langkah USG jantung yang disebut ekokardiogram diperuntukan mengevaluasi fungsi jantung. Dengan data tersebut, dokter dapat mengetahui perawatan yang tepat dan mengantisipasi komplikasi potensial.

Pengobatan

Sebuah serangan jantung adalah keadaan darurat medis yang harus cepat ditangani oleh obat konvensional. Pengobatan alternatif tidak bisa bersaing dengan obat standar dan terapi bedah dalam keadaan darurat dan tindak lanjut pengobatan fase serangan jantung. Namun, pengobatan alternatif dapat membuat kontribusi yang berharga untuk pencegahan dan pemulihan.

Pencegahan

Kontrol rekam jantung secara rutin dapat meminimalisir kondisi yang tidak diinginkan.

Artikel Terkait

Pertanyaan Terkait

Get the Newsletter! all about Penyakit Jantung

Our free healthy living newsletter delivers useful news, inspiring stories, and delicious recipes to your in-box every day.

Anda punya pertanyaan seputar Penyakit Jantung ?
Ask Doctor