Profile
All Topic

Pusat Informasi Pilek (Common Cold)

Tentang Pilek (Common Cold)

Pilek atau common cold merupakan infeksi virus saluran pernapasan bagian atas, hidung dan tenggorokan. Pilek biasanya tidak berbahaya. Jika tidak sakit tenggorokan dan batuk, gejala yang biasa ditunjukkan adalah mata berair, bersin dan kemacetan pada saluran pernapasan. Bahkan, karena salah satu dari lebih dari 100 virus dapat menyebabkan pilek, tanda dan gejala cenderung sangat bervariasi. Kebanyakan orang dapat sembuh dari pilek biasa dalam waktu sekitar satu atau dua minggu. Jika gejala tidak membaik, segera hubungu dokter Anda.

Gejala

Gejala pilek biasanya muncul sekitar 1-3 hari setelah terpapar virus penyebab dingin. Tanda dan gejala pilek termasuk :

  • Hidung beringus atau tersumbat
  • Gatal atau sakit tenggorokan
  • Batuk
  • Sedikit nyeri tubuh atau sakit kepala ringan
  • Bersin
  • Mata berair
  • Demam
  • Kelelahan ringan

Penyebab

Meskipun lebih dari 100 virus dapat menyebabkan pilek, rhinovirus adalah penyebab paling umum, dan sangat menular. Sebuah virus flu memasuki tubuh melalui mulut atau hidung. Virus ini dapat menyebar melalui tetesan di udara ketika seseorang yang sakit batuk, bersin atau berbicara. Tetapi juga menyebar dengan tangan ke tangan kontak dengan seseorang yang memiliki dingin atau dengan menggunakan benda bersama, seperti peralatan, handuk, mainan atau telepon. Jika Anda menyentuh mata, hidung atau mulut setelah kontak atau paparan, Anda cenderung untuk "menangkap" pilek.

Faktor Resiko

Virus dingin hampir selalu hadir di lingkungan. Tapi faktor berikut dapat meningkatkan kesempatan Anda mendapatkan dingin, yakni :

  • Umur Bayi dan anak-anak prasekolah sangat rentan terhadap pilek karena mereka belum mengembangkan resistensi terhadap sebagian besar virus. Namun sistem kekebalan tubuh yang belum matang bukan satu-satunya yang membuat anak-anak rentan. Mereka juga cenderung menghabiskan banyak waktu dengan anak-anak lain dan sering tidak hati-hati tentang mencuci tangan dan menutup mulut dan hidung mereka ketika mereka batuk dan bersin. Pilek pada bayi baru lahir dapat menjadi masalah jika mereka mengganggu perawatan atau bernapas melalui hidung.
     
  • Imunitas Sesuai dengan usia, tubuh Anda mengembangkan kekebalan terhadap banyak virus yang menyebabkan pilek. Anda akan memiliki pilek lebih jarang daripada saat Anda berusia kanak-kanak. Namun, Anda masih dapat terserang pilek saat Anda terkena virus dingin atau saat memiliki sistem kekebalan yang lemah.
     
  • Waktu tahun Baik anak-anak dan orang dewasa lebih rentan terhadap pilek di musim gugur dan musim dingin. Hal ini disebabkan karena anak-anak berada di sekolah, dan sebagian besar orang menghabiskan banyak waktu di dalam ruangan. Pilek lebih sering menyebar saat musim hujan.

Komplikasi Akibat

Berikut beberapa komplikasi yang dapat terjadi akibat pilek :

  • Telinga akut infeksi (otitis media)
    Infeksi telinga terjadi ketika bakteri atau virus menyusup ruang di belakang gendang telinga. Tanda-tanda khas dan gejala termasuk sakit telinga, cairan hidung berwarna hijau atau kuning.
     
  • Napas berbunyi
    Dingin dapat memicu terciptanya bunyi saat bernapas. Pada anak, gejala ini dapat memicu asma.
     
  • Sinusitis
    Pada orang dewasa atau anak-anak, pilek biasa yang tak kunjung usai dapat menyebabkan sinusitis - peradangan dan infeksi dari sinus. Lainnya sekunder infeksi. Termasuk radang tenggorokan (faringitis streptokokus), pneumonia, bronkitis pada orang dewasa, dan sesak napas atau bronkiolitis pada anak-anak. Infeksi ini perlu diobati oleh dokter.

Pengobatan

Beberapa benda berikut dapat Anda gunakan dalam pengobatan pilek, diantaranya :

  • Penghilang nyeri
    Untuk demam, sakit tenggorokan dan sakit kepala, banyak orang beralih ke acetaminophen (Tylenol, dll) atau penghilang rasa sakit ringan. Perlu diingat bahwa acetaminophen dapat menyebabkan kerusakan hati, terutama jika diambil sering atau lebih besar dari dosis yang dianjurkan. Jangan memberikan acetaminophen pada anak di bawah usia 3 bulan, dan berhati-hati ketika memberikan acetaminophen untuk bayi yang lebih tua dan anak-anak karena pedoman dosis dapat membingungkan.
     
  • Semprotan hidung Decongestant
    Orang dewasa tidak harus menggunakan tetes atau semprotan Decongestant selama lebih dari beberapa hari karena penggunaan jangka panjang dapat menyebabkan peradangan kronis selaput lendir. Anak-anak tidak harus menggunakan tetes atau semprotan Decongestant sama sekali. Penelitian membuktikan Decongestant bekerja pada anak-anak muda, dan dapat menyebabkan efek samping.
     
  • Batuk sirup
    Administrasi Makanan dan Obat (FDA) dan American Academy of Pediatrics merekomendasikan pemberian sangat batuk OTC dan obat flu kepada anak-anak muda dari usia 2. Obat batuk pilek tidak efektif mengobati penyebab pilek anak, dan tidak akan menyembuhkan pilek anak atau membuatnya cepat pergi. Obat-obatan ini juga memiliki efek samping, termasuk denyut jantung yang cepat dan kejang-kejang.

Pencegahan

Beberapa tindakan berikut dapat Anda lakukan guna mencegah terjadinya pilek :

  • Mencuci tangan
    Bersihkan tangan Anda dengan sering dan menyeluruh. Ajarkan pada anak Anda pentingnya mencuci tangan untuk menghindari segala penyakit
     
  • Bersihkan barang-barang Anda
    Pastikan peralatan dapur dan mandi Anda bersih, terutama ketika seseorang dalam keluarga sedang menderita pilek. Jangan lupa untuk mencuci mainan anak-anak secara berkala.
     
  • Gunakan perantara
    Gunakan benda perantara seperti tisu atau saputangan saat Anda bersin atau pilek. Buang tisu bekas yang telah digunakan, dan segeralah mencuci tangan dengan hati-hati.
     
  • Jangan berbagi
    Jangan berbagi gelas minum atau peralatan dengan anggota keluarga lainnya. Gunakan gelas Anda sendiri atau gelas sekali pakai bila Anda atau orang lain yang sakit.
     
  • Hindari pilek
    Hindari dekat, dan melakukan kontak langsung dengan siapa saja yang sedang menderita pilek.
     
  • Pilih pusat penitipan anak Anda dengan bijaksana.
    Carilah pengaturan perawatan anak dengan praktek-praktek kebersihan yang baik dan kebijakan yang jelas tentang menjaga anak sakit di rumah.

Artikel Terkait

Pertanyaan Terkait

  • Postior

    Setelah ber hub,sy minum postior pd siang hari Tp waktu pagi esoknya saya berhub lagi Apakah sy hrs minum postior lg atau tidak?

    Detail Answer
  • Telat Pil

    Selamat siang dok. 061018 pertama kali minum pil kb sebelumnya kb suntik., saya mau tanya saya kan telat minum pil sekali dan sekarang saya lupa minum pil, sedangkan pertama saya minum pil jam 10pg, apakah saya harus minum sekaligus 2pil apa harus ulang dari awal lagi dan. Terimakasih

    Detail Answer
  • Kb Blum Mentuasi

    Dok say mau tanya waktu it say pakek kb suntik 3 bulan karna sering bercak darah saya ganti ke pil kb setelah saya pakek pil malah saya gk mentuasi selama 2 bulan say bingun dan mikin stres juga ap sulusi x dok

    Detail Answer
  • Cara Minum Pil Kb

    Salam dokter, Saya sedang konsumsi pil kb andalan (yg berisi 28 pil). Mulai minum pil putih (kamis) di hari pertama haid. Smp saat ini sudah minum 12 pil. 1. Mohon penjelasan & petunjuk bagaimana aturan/cara melanjutkan dari blister pertama ke blister ke 2. 2. Bila blister pertama belum habis semua, dan saya sudah haid lg - bagaimana aturan minum smp ke blister selanjutnya? Apakah saya langsung pindah (minum) ke blister baru dan menghentikan blister yg sebelumnya ato bagaimana? 3. Bila blister pertama sudah habis semua, dan saya belum haid - bagaimana aturan minum ke blister selanjutnya? pil warna apa yg saya minum? Dan mulai dari urutan pil yg mana? Terimakasih

    Detail Answer
  • Bayi Pilek

    ass.dokter,mw tanya dok.sy punya ank msh berusia 1 buln lbh satu minggu sdh terkena pilek disertai batuk tp hanya sekali 2 batuknya g sering..dan hidung nya mampet..di asap sudah tp cma bru sekali asapnya hidung nya tetep mampet dan di dalam hidung itu ada kotorannya mungkin itu ingus yang sudah kering dan sulit sekali untuk dikeluarkan slnya kotorannya dalam bnget.dan seperti nya ank nya terganggangu bnget dengn kotoran itu...yang sy tanyakan itu nanti kotorannya bisa hilang sendiri kah dokter? yang ke dua. pilek yg disertai batuk dan hidung nya mampet,bahya kah?bgaimna cra mengatasinya?trimkash

    Detail Answer
  • Pil Kb Andalan

    Selamat sore dokter.. sy mau tanya. Kmren kn sy makek pil kb andalan yg isinya 28 butir. Ada yg wrna putih ada 7,dan sisanya warna kuning. Nah semalem dan hari ini pas melakukan hubungan sama suami sy minum pil kb itu yg wrna putih ada tulisan hari sabtu dan minggu dok. Kebetulan besuk suami ada tugas di luar kota selama sebulan dan tidak akan berhubungan dok..,terus kalau besuk sy tidak minum pil kb tersebut apa akan berakibat hamil dok??? Dan apa penggunaan/aturan sy td minum itu benar apa salah dok?? Karena sy baru pertama kali minum pil kb dok.

    Detail Answer
  • Khawatir

    Dok saya mau tanya ... Suami saya sore ini sepulang kantor ngerasa pusing , lalu hidung uda merasakan hampir flu gtu , dan tenggorokan terasa kering sekali . Itu gejala sakit apa ya dok. Adakah yang bs dilakukan sebelum obat . Mungkin scra alami agar kondisi membaik tanpa obat . Karena suami saya tdk mau obat jika memang msh bisa diatasi tanpa obat. Mohon penjelasannya dok .

    Detail Answer
  • Pilek Hidung Sebelah

    Dok, saya mengalami pilek hidung sebelah kiri disertai telinga kiri saya bindeng dan pusing. Apakah itu penyakit berbahaya dok?

    Detail Answer

Get the Newsletter! all about Pilek (Common Cold)

Our free healthy living newsletter delivers useful news, inspiring stories, and delicious recipes to your in-box every day.

Anda punya pertanyaan seputar Pilek (Common Cold) ?
Ask Doctor