Profile
All Topic

Pusat Informasi Prostatitis

Tentang Prostatitis

Adalah pembengkakan dan peradagan kelenjar prostat (kelenjar sebesar kacang almond, yang terletak di bawah kandung kemih pria). Kelenjar prostat, berfungsi untuk memproduksi cairan (semen) yang ‘memelihara’ dan membawa sperma. Jenis prostatitis : • Acute bacterial prostatitis. Gejala umumnya seperti flu, yaitu, menggigil, mual dan muntah. Dapat diobati dengan antibiotik. • Chronic bacterial prostatitis. Biasanya terjadi selama tiga bulan. Terkait dengan infeksi kandung kemih. Tidak menunjukan gejala pada tahap awal. • Chronic prostatitis (yang tidak disebabkan oleh bakteri). • Chronic prostatitis (yang tidak menimbulkan gejala). Disebut juga dengan asymptomatic inflammatory prostatitis.

Gejala

Prostatitis dapat menyebabkan :

  • Sulit buang air kecil atau justru tidak dapat menahan air kecil.
  • Sering buang air kecil saat malam hari.
  • Nyeri pada pangkal paha, pinggul dan kemaluan.
  • Nyeri diantara rektum dan skrotum.
  • Nyeri saat melakukan orgasme.
  • Terkadang, gejalanya seperti flu.


 

Penyebab

Penyebabnya ialah :

Infeksi bakteri.
Awal mulanya adalah bakteri terbawa oleh urin menuju prostat. Sebagian bakteri tersebut sulit untuk dimatikan karena ‘bersembunyi’ di dalam prostat. Dapat pula terjadi karena gangguan sistem kekebalan tubuh, gangguan sistem saraf atau cedera pada area prostat.

Faktor Resiko

Pemicunya, adalah :

  • Usia. Memasuki usia paruh baya.
  • Pernah mengalami prostatitis sebelumnya.
  • Infeksi kandung kemih.
  • Kurang minum, dehidrasi.
  • Menggunakan kateter.
  • Menderita HIV/AIDS.
  • Gangguan psikologis.
  • Seks tidak sehat.
  • Gangguan genetis.

Komplikasi Akibat

Komplikasi yang mungkin terjadi, diantaranya :

  • Infeksi bakteri pada darah.
  • Peradangan pada bagian testikel.
  • Bengkak bernanah.
  • Gangguan pada semen dan kesuburan.

Diagnosa

Tes yang dapat dilakukan :

Pemeriksaan fisik, tes darah (untuk memeriksa kemungkinan adanya infeksi), cystoscopy, tes pada urin dan semen, tes pada kandung kemih.

Pengobatan

Sebagai perawatan, dapat mengkonsumsi antibiotik, obat penghilang nyeri dan pemijatan pada prostat.

Artikel Terkait

Pertanyaan Terkait

  • Sakit

    Dok prostatitis itu apa kah pnyakit baya dok,?

    Detail Answer
  • Mengukur Penis

    Dok, bagaimana cara yg benar mengukur panjang penis saat ereksi dan tidak?

    Detail Answer
  • Gangguan Penis

    Dok, saya pernah melihat film porno dimana yang laki laki berkulit hitam mempunyai penis besar sekali kurang lebih 20 cm, dibandingkan dengan saya yg asian itu membuat saya minder. Terus yg saya amati penisnya itu saat ereksi tidak terlalu keras namun lembek condong kebawah namun bisa masuk. Sedangkan punya saya kecil namun saat ereksi keras dan mendongak keatas sampai menyentuh pusar. Saya takut tak bisa memperistri orang Amerika karena penis saya nanti hanya jadi gurauan. Tolong jawabannya dok.

    Detail Answer
  • Berpenis Besar

    Malam dokter, aku kan masih muda. Tapi mengapa kok ukuran penisku besar sekali. Sampai pake celana susah dan masih nonjol. Kurang lebih 20 cm dok. Bagaimana dok, apa ini karena hormon aku kebanyakan atau gimana. Terus gimana cara mengecilkannya. Kalo besar seperti ini ga enak, susah aktivitas dll. Terus kata teman nanti ga bisa oral sma anal. Jdi ngeri.

    Detail Answer
  • Bermasalah Kah Kemaluan Saya

    Dok, kan antara ujung penis sama penis ada kulup. Lha pas itu di tarik atau pas sedang berdiri mengapa kulit area antara kepala penis sama kulup (daerah yang sebelumnya tertutup kulup) saat kulit kulup tertarik berwarna merah merah muda dan banyak syaraf serta ototnya dan rawan terluka karena tipis tapi kalau disentuh rasanya luar biasa. Apakah mr.p memang begitu dok?

    Detail Answer
  • 3 Ukuran

    Dok, yg bener yg mana ya dok kalo ukur penis. Kan ada 3 ukuran. 1. Saat ereksi 2. Saat biasa dan cuaca biasa 3. Saat dingin dan mandi sehingga penis sangat mengecil tenggelam. Terima kasih

    Detail Answer
  • Kulup Penis

    Dok, tanpa disunat, kulup kelamin saya sudah seperti disunat sedangkan teman saya, habis sunat kok kulupnya tetep menutupi ujung penisnya, teman saya sunat cara tradisional. Cuman digunting kecil. Bagaimana yang sah dok?

    Detail Answer
  • Terlalu Cepat Keluar

    Dok, bagaimana tips mengocok yang benar, mengapa baru mulai uda keluar? Thanks

    Detail Answer
  • Gangguan Sex

    Dok, laki-laki normal sex berapa lama dok? Dan berapa kocokan, pernah membaca artikel 30 an kocokan, benar sih ga dok? Apa onani beda dengan berhubungan dok, karena kalo onani kan cepet kelar?

    Detail Answer
  • Program Kehamilan

    dok.. saya usia 23 thn. Dan saya udah menikah selama 1 thn tapi saya blm hamil juga. Pdahal saya dua Bulan ini sudah program hamil ke dokter spesialis. Sudah d usg atas bawah tapi hasilnya baik dan tidak ada apa apa. Bulan pertama desember saya program hamil. Di beri obat ovacare dan Eturol.. sedang Bulan kedua. Saya di beri obat asam folat 1mg dan Dexametasone.. dan 5 hari pertama di beri obat apa gt lupa. Yg d lanjutkan meminum obat asam folat dan Dexametasone.. tapi Bulan ini saya masi belum hamil.dan skrg lagi menstruasi. Tolong d banyu ya dok permasalahan saya.

    Detail Answer

Get the Newsletter! all about Prostatitis

Our free healthy living newsletter delivers useful news, inspiring stories, and delicious recipes to your in-box every day.

Anda punya pertanyaan seputar Prostatitis ?
Ask Doctor