Profile
All Topic

Pusat Informasi Sakit Pinggang (Low Back Pain)

Tentang Sakit Pinggang (Low Back Pain)

low back pain atau nyeri punggung bagian bawah, tepatnya dibagian bawah tulang rusuk hingga atas kaki. Tulang punggung, adalah penghubung tubuh bagian atas dan bawah, tulang punggung juga berfungsi sebagai penopang sebagian besar berat tubuh keseluruhan, sehingga sangatlah wajar jika seseorang merasakan nyeri punggung ketika sedang mengangkat atau ingin mengambil sesuatu.

Gejala

Gejala yang ditimbulkan akan berbeda, tergantung dari penyebab nyeri tersebut. Contohnya :

  • Nyeri otot.
  • Nyeri dibagian kaki atau lutut, mati rasa.
  • Jika belum parah, nyeri biasanya akan hilang dalam beberapa minggu. Nyeri akan semakin parah jika penderitanya stress atau depresi.

Penyebab

Nyeri punggung bagian bawah dapat disebabkan oleh :

  • Cedera.
  • Kegiatan fisik yang berlebihan.
  • Hernia.
  • Artritis.
  • Patah tulang.
  • Iritasi pada saraf.
  • Cacat lahir pada tulang punggung.
  • Mengalami gangguan pada ginjal dan ovarium..
  • Dampak dari kehamilan.

Diagnosa

Low back pain dapat diperiksa dengan meneliti riwayat kesehatan penderita, uji fisik dan wawancara mengenai gejala yang dirasakan. MRI, CT scan dan x-ray biasanya kurang membantu proses pemeriksaan.

Pengobatan

Perawatan low back pain :

  • Istirahat yang cukup.
  • Obat penghilang rasa sakit.
  • Olahraga, misalnya berjalan kaki.
  • Dapat pula melakukan terapi seperti pemijatan, akupuntur atau kiropraktik.

Pencegahan

Tindakan pencegahan :

  • Memperbaiki postur tubuh saat duduk, berdiri dan berjalan.
  • Olahraga rutin. Misalnya berjalan atau berenang, karena jenis olahraga ini tidak banyak member tekanan pada tulang. Jangan lupa untuk melakukan pemanasan dan peregangan.
  • Hindari menggunakan sepatu hak tinggi.
  • Tidur menyamping.
  • Menjaga berat badan.
  • Jangan mengangkat barang yang sekiranya terlalu berat.
  • Gunakan kursi yang dapat menopang punggung dengan baik.

Artikel Terkait

Pertanyaan Terkait

  • Nyeri Perut Bagian Dalam Bekas Caesae

    Dok... 2 minggu lalu sy angkat beban berat, belanjaan sy Dari pasar. Akibatnya, keesokan harinya, jaitan Caesar saya sangat ngeri. Sakit smua, mulai Dari punggung sampe di dalam perut. Mau nunduk aja nyerinya mnta ampun. Mau duduk di lantai aja sakit banget punggung saya. Sy udh 3 x mnjalani operasi Caesar. Anak sy yg ke 3 berumur 1thn. Yg mau sy tanyakan, knp smpai saat ini perut sy msh sangat sakit di bagian dlm. Punggung sy pun msh sakit. Ini krn minum suplemen lifepak agak mendingan punggung sy, tadinya Gk bs nunduk dikipun, lngsung nyeri. Stlh minum suplemen udh bs. Apa yg hrs sy lakukan dok, spy dlm perut sy Gk sakit. Sy JD merasa 1/2 lumpuh, krn jln sedikit udh nyeri.

    Detail Answer
  • Harus Ke Dokter Spesialis Apa?

    Selamat Sore Dokter,,, Saya 24tahun blm menikah,, udah setahun ini saya merasakan sakit dibagian pinggul sebelah kanan. Dulu sudah saya periksakan ke dokter Sp. PD katanya gak apa apa, trs dikasih obat semacam Mefinter pereda nyeri,, tapi pas obatnya habis sakit lagi.. Terus saya merasakan sakitnya menjalar kebawah perut trs berobat lagi kedokter umum,, kata dokter umum harus ke dokter Sp. obgyn,, Terus saya cuma di USG perutnya,, kata dokternya gak apa apa,, rahimnya bagus,, Lalu baru baru ini sakitnya keseluruhan dokter, antara pinggul kanan dan kiri,, mau dibuat berdiri atau jalan aja ga bisa tegap harus membungkuk karna sakitnya ngilu.. Itu kenapa ya dokter kalau seperti itu.. Dan saya harus periksa ke dokter Sp. apa? Saya udah minum cefixime, ciprofloxacin,kaltrofen, mefinter, tetep aja ga ada yang nyembuhin dok,, Mohon infonya dokter, terimakasih.

    Detail Answer
  • Sakit Di Bagian Pinggul Kanan

    Dok, saat ini saya merasakan amat terasa sakit di bagian pinggul kanan saya bahkan sampai ke kaki.. sudah 2 tahun lebih saya merasakan ini.. awalnya hanya nyeri saja tapi beberapa bulan kemudian pinggul saya menjadi sakit.. padahal saya masih berusia 18 tahun.. itu disebabkan karna apa ya dok ?? dan apa ada solusinya? ke rumah sakitkah ?? atau mengkonsumsi obat?? tolong bantuannya dok, sebelumnya terima kasih..

    Detail Answer
  • Nyeri Tulang Punggung Belakang

    Saya mau menanyakan dok , saya sudah merasakan nyeri tulang sudah setahun terakhir . Sudah berobat akupuntur dll tapi tak kunjung sembuh , kadang kalau sakitnya datang kaki terasa sulit berjalan dan pungung terasa sakit jika di sentuh . Pengobatan apa yah yg harus saya lakukan ? Terimakasih

    Detail Answer
  • Sakit Punggung

    Selamat pagi dok Saya mau tanya kl saya selalu merasakan sakit saat ruku,duduk terlalu lama,disaat bangun setelah duduk dibagian punggung bagian bawah saya sudah merakasannya 1 bulan setengah dok Saya mulai merasakan ini ketika saya duduk seharian 12 jam disaat punggung saya sakit juga disertai migren dok Itu kenapa ya dok terima kasih

    Detail Answer
  • Berhubungan Dengan Haid

    malem dok,sy mau konsul nih doo,sudah 4 bulanan ni haid sy lancar sekali,sy sih senang dok krn haid lancar dan warna darah yg d kluarin normal dan semenjak 4 bulan ni sy jg g merasakan sakit perut saat haid,krn sblmnya sy sll merasa sakit perut yg luar biasa.hg jdi pertanyaan knp d 4 bulan haid sy lancar hr ke2 sampai hr ke 4 sy banyak ngeluarin gumpalan darah,dan sring banget,saya sebelumnya ganti pembalut cm 3× dalam sehari,tpi dah 4 bulan ni sy hrus ganti pembalut 4-5 x dalam sehari,dok gumpalan darah yg sy kluarin saat haid msh bersifat normal.atau sy hrus sgera priksa k dokter ya.trimaksih

    Detail Answer
  • Sakit Perut Sblh Kanan Saat Olahraga

    Mlm dok sya mau tanya,sminggu lalu saya main badminton,saat main perut sy trsa sakit pd bagian sblh kanan sperti urat yg ktarik,barusan sy main lagi karna udh mrasa baikan dn pas main terasa lagi skit yg serupa di tmbah sakit pinggang sblh kanan.kira2 apa pnybabnya ya?

    Detail Answer
  • Sakit Perut Sebelah Kiri Sampai Pinggang Belakang

    selamat pagi dokter... saya ingin bertanya, setiap setelah menstruasi saya sering merasakan sakit perut sebelah kiri sampai ke pinggang belakang. juga sering merasakan ingin buang air kecil dan merasakan sakit kepala. jika ada keluhan seperti itu, saya harus konsultasi ke dokter apa? apakah perlu juga untuk melakukan test full medical check up seperti tes darah dan urine? Terima kasih.

    Detail Answer
  • Nyeri Panggul Setelah Haid

    Bagaimana cara mengstasi nyeri perut bagian bawah hingga terasa sampai pinggang, paha, dan kaki sakit berlangsung beberapa hari setelah haid. Obat apa yg bisa mengobati, dan apa penyebabnya?

    Detail Answer
  • Nyeri Dibagian Punggung Belakang, Dibawah Bahu

    Halo Dok, Bagian punggung belakang saya dibawah bahu sedikit, sebelah kanan rasanya sakit nyeri seperti di silet, awalnya pegal-pegal biasa. Karena saya memang habis liburan dan berjalan cukup jauh dengan backpack. Saya sudah pakai salonpas dan freshcare tp tidak berpengaruh. Nyerinya memang hilang timbul, ketika tangan kanan digunakan juga terkadang sakit, dan nyut2an. Mohon advise nya ini yg bermasalah apa ya dok? Otot atau urat atau gimana? TErima kasih

    Detail Answer

Community

Get the Newsletter! all about Sakit Pinggang (Low Back Pain)

Our free healthy living newsletter delivers useful news, inspiring stories, and delicious recipes to your in-box every day.

Anda punya pertanyaan seputar Sakit Pinggang (Low Back Pain) ?
Ask Doctor