Profile
All Topic

Pusat Informasi Selulit

Tentang Selulit

Selulit merupakan penumpukan lemak berlebihan pada beberapa bagian tubuh. Meskipun bukan merupakan penyakit medis yang serius, tetapi sering kali menjadi hal yang cukup mengganggu karena faktor estetika. Untuk melenyapkan sellulit Anda perlu membentuk dan mengencangkan otot-otot pada bagian paha, pinggul maupun bokong.

Gejala

Terjadi penumpukan lemak yang berlebihan, seperti kerutan kulit pada paha, pinggul dan bokong yang terlihat menggumpal.

Penyebab

Kelebihan berat badan, jenis asupan makanan (diet) yang kurang sehat dan kurangnya berolah raga merupakan penyebab utama dari timbulnya selulit

Faktor Resiko

Berikut beberapa faktor resiko terbentuknya selulit :

  • Wanita lebih cenderung memiliki selulit dibanding dengan pria. Hal ini disebabkan karena jumlah deposit lemak pada wanita lebih tinggi dibanding pada pria, selain itu jaringan konektif pada wanita lebih lemah dibandingkan dengan pada pria.
  • Semakin tua usia wanita, semakin tinggi resiko timbulnya selulit. Hal ini disebabkan karena adanya penurunan hormon estrogen pada wanita yang mulai memasuki masa menopause.
  • Selulit dapat disebabkan karena faktor genetik. Seorang wanita dengan ibu atau nenek yang memiliki selulit, akan memiliki resiko muncl selulit lebih besar juga. Faktor genetik ini telah diteliti di beberapa negara, namun yang perlu diingat, genetik hanya salah satu faktor penyebab, masih banyak faktor lain yang dapat menyebabkan selulit.
  • Rokok dapat mempercepat timbulnya selulit. Rokok dapat menyebabkan penurunan aliran darah dan menganggu proses pembentukan kolagen, hal ini dapat membuat jaringan konektif menjadi lebih lemah dan tidak elastis sehingga mudah rusak terkena dorongan dari lemak di bawah kulit.

Komplikasi Akibat

Komplikasi yang ditimbulkan lebih kepada masalah masalah penampilan, bukan penyakit atau kondisi medis. Hal ini dapat terlihat seperti lesung atau tekstur "kulit jeruk", dan hanya dapat dilihat ketika kulit ditekan. Tapi bagi sebagian orang selulit bisa sangat mencolok, membentuk area kulit yang rusak, lesung pipi, dan lipatan-lipatan.Sementara itu yang paling umum di paha dan bagian belakang, kadang terjadi pada perut, lengan atas, dan payudara.

Diagnosa

Diagnosis selulit dapat ditegakan dengan wawancara medis dan pemeriksaan fisis meliputi inspeksi (melihat) keadaan umum pasien dan kelainan kulit. Menentukan Indeks Masa Tubuh pasien. Palpasi untuk menentukan edema dan elastisitas kulit. Diagnosis juga dapat dilihat dari gambaran histopatologi, memperlihatkan gambaran fraktur jaringan adiposa dengan lepasnya trigliserida ke ruang interselular dan adiposit. Menyebabkan septum terlihat menipis karena terhimpit oleh lobus-lobus lemak.

Pengobatan

Penurunan berat badan melalui diet sehat serta olahraga adalah cara yang ampuh bagi Anda yang ingin menghilangkan selulit. Dengan mengubah gaya hidup sehari-hari Anda melalui hal-hal kecil meski tampak sepele tetapi membawa dampak positif bagi tubuh Anda juga pada penampilan. Tidak terlalu sulit bagi Anda untuk menjalan tips diatas hanya dengan perubahan kecil sellulitpun tidak berkutik.

Mulailah dengan diet yang sehat mengkomsumsi makanan yang kaya saponin (jenis glikosida yang banyak ditemukan pada tumbuhan) seperti kacang kedelai, kacang, soapberry, soapwort. Selain saponin Anda juga bisa memilih anthocyanins, antioxidant yang terkandung pada buah berry, anggur hitam tanpa biji (black grapes), cherry, terong ungu (brinjal or aubergines).

Menambahkan serat (fiber) pada setiap santapan Anda, makanan yang satu ini dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah (hipercholesterolemia). Serat juga dapat mengontrol kadar gula darah serta membantu menjaga keseimbangan berat badan Anda. Olarahraga teratur menjadi pilih terutama dalam menghadapi selulit, apapun jenis olahraga yang Anda lakukan akan membakar kelebihan lemak “fat” dan membantu mengecangkan otot-otot. Tentunya hal ini bisa menghilangkan sellulit Anda dengan efektif.

Pencegahan

Menghindari konsumsi alkohol, rokok, dan kopi dipercaya memberikan sumbangan yang signifikan karena menghambat aliran darah pada pembuluh darah (may restrict the blood vessels and blood supply). Kurangilah konsumsi garam sekarang juga, karena mengkonsumsi garam yang berlebihan dapat menyebabkan retensi cairan pada tubuh Anda.

Artikel Terkait

Pertanyaan Terkait

Get the Newsletter! all about Selulit

Our free healthy living newsletter delivers useful news, inspiring stories, and delicious recipes to your in-box every day.

Anda punya pertanyaan seputar Selulit ?
Ask Doctor