Profile
All Topic

Pusat Informasi Stroke

Tentang Stroke

Stroke terjadi saat pembuluh darah di otak terhalang atau bocor. Tanpa aliran darah dan oksigen, bagian dari otak akan mati. Bagian tubuh yang dikontrol oleh bagian otak yang mati, juga tidak lagi berfungsi dengan baik. Kerusakan otak bisa terjadi hanya dalam hitungan menit, jadi sangat baik jika seseorang mengenali gejali stroke dan segera menanganinya. Pengobatan yang cepat dapat membantu mencegah kerusakan otak bertambah parah dan membantu agar otak dapat pulih kembali.

Gejala

Gejala-gejala stroke adalah :

  • Mati rasa, geli, lemah.
  • Wajah, tangan atau kaki tiba-tiba tidak dapat digerakan (pada sebelah bagian tubuh).
  • Perubahan pandangan secara tiba-tiba (gangguan pada mata).
  • Mendadak kesulitan berbicara.
  • Kebingungan secara tiba-tiba, tidak dapat mencerna kalimat yang sangat sederhana sekalipun.
  • Mendadak kesulitan berjalan dan mengalami masalah keseimbangan.
  • Sakit kepala parah secara tiba-tiba.

Jika mengalami gejala diatas dalam kondisi ringan atau gejala hanya dirasakan sebentar, jangan diabaikan, bisa jadi Anda mengalami transient ischemic attack (TIA) atau stroke ringan.

Penyebab

Adapun 2 penyebab stroke, yaitu :

Stroke iskemik, adalah stroke akibat adanya darah beku yang menghalangi dipembuluh darah otak. Darah beku tersebut dapat terbentuk di otak maupun terbawa dari bagian tubuh lain dalam aliran darah. Stroke iskemik adalah stroke yang umum diderita oleh orang dewasa.

Stroke hemoragik terjadi akibat pembuluh darah di otak bocor dan menyembur. Hal ini menyebabkan pendarahan didalam otak atau didekat permukaan otak. Stroke hemoragik tidak terlalu sering terjadi namun lebih mematikan dibanding stroke iskemik.

Diagnosa

Jika stroke segera didiagnosa langsung setelah gejala dirasakan, dokter hanya akan memberi obat-obatan. Yang paling penting adalah mengetahui lebih dulu, apa yang menjadi penyebab stroke, apakah iskemik atau hemoragik. Karena obat untuk stroke iskemik dapat mematikan jika digunakan untuk pengobatan stroke hemoragik (terjadi kesalahan).

Untuk memastikan penyebab, akan dilakukan x-rays (CT Scan) untuk melihat kemungkinan adanya pendarahan. Juga beberapa tes lainnya, untuk mengetahui letak darah beku, kebocoran atau tingkat kerusakan otak.

Pengobatan

Perawatan stroke hemoragik lebih sulit, mungkin harus dilakukan pembedahan untuk menghentikan pendarahan atau mengurangi tekanan pada otak. Pemberian obat-obatan dapat dilakukan, untuk membantu mengontrol tekanan darah dan pembengkakan otak.

Setelah kondisi penderita lebih stabil, perawatan yang dilakukan adalah untuk mencegah stroke terjadi lagi. Penderita dianjurkan untuk mengkonsumsi obat-obatan untuk mencegah darah tinggi, kolesterol tinggi dan diabetes. Pembedahan juga mungkin dilakukan untuk menghilangkan penumpukan plak dari pembuluh darah otak.

Penderita stroke harus melakukan rehabilitasi stroke, tujuannya adalah untuk melatih kemampuan yang hilang.

Pencegahan

Tindakan yang dapat dilakukan untuk mencegah stroke adalah :

  • Mengontrol tekanan darah.
  • Mengontrol kadar kolesterol.
  • Mengontrol berat badan dengan diet seimbang.
  • Konsumsi aspirin untuk mengencerkan darah (hanya jika dianjurkan dokter).
  • Hindari asap rokok.
  • Batasi konsumsi alkohol.
  • Olahraga teratur, misalnya berjalan, berenang atau bersepeda

Artikel Terkait

Pertanyaan Terkait

  • Konsultasi

    Malam dok, sy syahdan umur 21 th... Sy ingin bertanya mengenai mati rasa yg saya alami pada kaki sebelah kanan saya yg tidak bsa digerakan seperti lumpuh, sebelumnya saya menjalani operasi beberapa kali penyakit mata ikan lalu dioperasi yang terakhir malah kaki saya tidak bisa digerakan sprti layaknya. Padahal sy tdk punya riwayat gula dan umur sy masih muda utk kalau dibilang kena penyakit struk. Mohon jawabannya.

    Detail Answer
  • Alat Terapi

    Dok saya mau tanya, penyakit yg di derita stroke ringan di bagian kanan, apa boleh penderita stroke ringan menggunakan alat terapi elektrik untuk memacu kembali saraf saraf nya?

    Detail Answer
  • Diabetes Komplikasi Gagal Ginjal Dan Stroke

    Dok mau tanya, bapak saya kan diabetes komplikasi gagal ginjal dan sudah menjalani cuci darah hampir setahun. Bapak saya tiba2 mengalami menggigil dan tekanan darahnya tinggi terus. Masuk ICU selama seminggu karena perkembangannya lebih baik dari kemarin pindah ke HCU. Setelah di Check ada pendarahan di kepala dan itu artinya bapak saya mengalami stroke dan sampai sekarang belum bisa diajak komunikasi. Apakah langkah yang harus saya ambil dok?

    Detail Answer
  • Operasi

    Saudara saya jatuh lalu menderita : 1. Stroke dimana badan ( tangsn sampai kski ) bagian kiri tidsk bisa digerakkan. 2.pendarahan di otak sdmpai 50 mm 3.ybs masih mengenali siapa siapa.. Pertanyaan.. apakah tindakan operasi dspat menormalksn fungsi anggauta badan kembali ? Terima kasih...

    Detail Answer
  • Apa Yang Terjadi Dengan Wajah Saya

    aku mau bertanya, saya kan kemarin bangun tidur siang, tiba2 bibir saya yang kanan kaya bengkak padahal aslinya ngga, lidah saya yg kanan mati rasa, mata saya yg kanan susah ngedip sebelah., terus pipi kanan saya kaya yang tidak ada tenaganya. pokok nya wajah sebelah kanan saya kaya yang gak ada tenaganya. kenapa itu kira2? itu ada hubungannya dengan stroke atau bukan? takut soalnya. terimakasih

    Detail Answer
  • Tindakan Untuk Pasien Koma Akibat Serangan Stroke

    Assalamu'alaikum dok saya mau tanya ibu saya umurnya 55 tahun dan sekarang sedang sakit stroke dan masih koma.ini merupakan stroke kali kedua Saya mau tanya dok apakah ada jalan lain yang bisa dilakukan selain dari tindakan operasi? Karna ibu saya sudah dioperasi sekali ketika kena serangan stroke pertama tahun 2013 Wassalam dokter

    Detail Answer
  • Diabetes Komplikasi Gagal Ginjal Dan Stroke

    Dok saya mau tanya bapak saya diabetes sekarang komplikasi gagal ginjal dan sudah menjalani cuci darah selama 1 tahun. Pagi itu bapak saya mengalami menggigil, panas dan tekanan darah tinggi. Sempat masuk ICU selama seminggu sekarang audah dipindah ke HCU tapi setelah di cek ada penderahan di kepala itu berarti bapak saya kena stroke dan sampai saat ini bapak saya masih belum bisa diajak komunikasi. Apakah langkah yang harus saya ambil?

    Detail Answer

Get the Newsletter! all about Stroke

Our free healthy living newsletter delivers useful news, inspiring stories, and delicious recipes to your in-box every day.

Anda punya pertanyaan seputar Stroke ?
Ask Doctor