Profile
All Topic

Pusat Informasi Sunat (Khitan)

Tentang Sunat (Khitan)

Sunat atau khitan atau sirkumsisi (Inggris: circumcision) adalah tindakan memotong atau menghilangkan sebagian atau seluruh kulit penutup depan dari penis. Kata sirkumsisi berasal dari bahasa Latin circum (berarti "memutar") dan caedere (berarti "memotong"). Sunat pada bayi laki-laki kini mulai banyak dilakukan didunia, dengan alasan sebagai ritual keagamaan, tradisi dan untuk menjaga kesehatan. Sunat juga dapat dilakukan oleh orang dewasa yang mengalami gangguan kesehatan penis seperti pembengkakan pada ujung penis (balanitis).

Komplikasi Akibat

Sunat neonatal umumnya aman bila dilakukan oleh dokter yang berpengalaman. Komplikasi akut yang paling umum adalah perdarahan, infeksi, dan penghilangan kulup baik terlalu banyak maupun terlalu sedikit. Komplikasi akan lebih besar ketika prosedur ini dilakukan oleh orang yang tidak berpengalaman, dalam kondisi yang tidak steril, atau ketika anak berada pada usia yang lebih tua.

Artikel Terkait

Pertanyaan Terkait

Get the Newsletter! all about Sunat (Khitan)

Our free healthy living newsletter delivers useful news, inspiring stories, and delicious recipes to your in-box every day.

Anda punya pertanyaan seputar Sunat (Khitan) ?
Ask Doctor