Profile
All Topic

Pusat Informasi Trigeminal neuralgia

Tentang Trigeminal neuralgia

Adalah kondisi peradangan atau nyeri kronis yang mempengaruhi saraf trigeminal, yaitu saraf di bagian wajah (pipi, rahang, gusi, bibir, mata dan kening).

Gejala

Gambaran klinis Trigeminal neuralgia berupa nyeri yang biasanya dirasakan pada daerah mata, bibir, hidung, kulit kepala, dahi, dan rahang serta pada sebagian besar kasus terbatas pada satu bagian sisi wajah (95%). Nyeri wajah bisa terjadi secara bilateral namun tidak pada waktu yang bersamaan.

Nyeri terjadi secara episodik sekitar dua menit dan diantara dua episode rasa nyeri bisa berkurang. Serangan nyeri dapat terjadi secara spontan atau dipicu oleh rangsangan taktil pada daerah trigger zone, pergerakan orofasial, serta perubahan suhu. Aktivitas sehari-hari seperti mencuci wajah, bercukur, berbicara, menggosok gigi, makan, dan minum dapat memulai terjadinya nyeri. Berbicara dan makan menjadi common trigger dalam memulai terjadinya nyeri.

Penyebab

Trigeminal neuralgia disebabkan oleh :

  • Penekanan oleh pembuluh darah pada saraf.
  • Adanya tumor.
  • Menderita penyakit, seperti multiple sclerosis.

Faktor Resiko

Ada banyak faktor risiko untuk neuralgia trigeminal, yaitu:

  • Jenis kelamin. Wanita lebih mudah terkena penyakit ini dibandingkan oleh pria.
  • Genetik. Penyakit ini memiliki potensi untuk diturunkan ke anggota keluarga.
  • Umur. Anda berisiko menderita penyakit ini jika umur Anda di atas 50 tahun.
  • Status kesehatan. Jika Anda memiliki Multiple Sclerosis maka Anda berisiko untuk terkena neuralgia trigemina

Komplikasi Akibat

Neuralgia trigemainal merupakan salah satu kelainan nyeri kronis pada wajah yang disebabkan adanya gangguan nervus trigeminus. Kelainan ini sangat mengganggu, sehingga dapat menurunkan kualitas hidup pasien

Diagnosa

Diagnosa neuralgia trigeminal dibuat berdasarkan anamnesa pasien secara teliti dan pemeriksaan fisik yang cermat. Pada anamnesa yang perlu diperhatikan adalah lokalisasi nyeri , kapan dimulainya nyeri , menentukan interval bebas nyeri, menentukan lamanya , efek samping, dosis, dan respons terhadap pengobatan, menanyakan riwayat penyakit lain seperti ada penyakit herpes atau tidak, dsb. Pada pemeriksaan fisik neurologi dapat ditemukan sewaktu terjadi serangan, penderita tampak menderita sedangkan diluar serangan tampak normal. Reflek kornea dan test sensibilitas untuk menilai sensasi pada ketiga cabang nervus trigeminus bilateral.Membuka mulut dan deviasi dagu untuk menilai fungsi otot masseter (otot pengunyah) dan fungsi otot pterygoideus. Pemeriksaan penunjang yang diperlukan seperti CT scan kepala atau MRI kepala.

Pengobatan

Perawatan yang dapat dilakukan :

  • Pembedahan.
  • Obat-obatan.

Pencegahan

Serangan menyakitkan neuralgia trigeminal kadang-kadang dapat dimulai atau diperburuk oleh pemicu tertentu, sehingga jika mungkin Anda dapat menghindari pemicu. Misalnya , jika sakit Anda dipicu oleh angin, mungkin membantu untuk memakai syal melilit wajah Anda dalam cuaca berangin atau memakai payung. Hindari makanan panas , pedas atau dingin atau minuman jika ini tampaknya memicu rasa sakit Anda. Menggunakan sedotan untuk minum minuman hangat atau dingin juga dapat membantu mencegah cairan kontak dengan daerah yang menyakitkan mulut Anda. Sangat penting untuk makan makanan bergizi. Pertimbangkan makan makanan jika Anda mengalami kesulitan mengunyah.

Artikel Terkait

Pertanyaan Terkait

Get the Newsletter! all about Trigeminal neuralgia

Our free healthy living newsletter delivers useful news, inspiring stories, and delicious recipes to your in-box every day.

Anda punya pertanyaan seputar Trigeminal neuralgia ?
Ask Doctor