Profile
All Topic

Pusat Informasi Tuberkulosis

Tentang Tuberkulosis

Tuberkolosis atau biasa dikenal TBC atau TB merupakan infeksi bakteri yang dapat menyebar melalui kelenjar getah bening dan aliran darah menuju organ-organ dalam tubuh, terutama lebih sering ditemukan di paru-paru. Kebanyakan orang yang terkena TBC tidak pernah mengalami gejala, karena bakteri dapat hidup dalam bentuk tidak aktif dalam tubuh. Tetapi jika sistem kekebalan tubuh melemah, seperti pada orang dengan HIV atau orang dewasa tua, bakteri TBC dapat menjadi aktif. Dalam keadaan aktif, bakteri TBC dapat menyebabkan kematian jaringan pada organ yang terinfeksi. Penyakit TBC aktif dapat berakibat fatal jika tidak diobati.

Gejala

Kebanyakan TB tidak menimbulkan gejala (TB laten) hingga menimbulkan gejala jika bakteri tersebut sudah benar-benar aktif.  Berikut gejala-gejala yang menandakan TB aktif, diantaranya :

  • Merasa tidak enak badan
  • Batuk, biasanya disertai lendir berwarna hijau atau kuning. Pada kondisi terparah, penderita dapat mengeluarkan darah saat batuk
  • Mudah lelah
  • Napas pendek
  • Kehilangan berat badan
  • Sulit tidur
  • Berkeringat pada malam hari
  • Nyeri pada bagian dada, punggung ataupun ginjal. Mungkin juga pada ketiganya.

Penyebab

Penyakit ini dapat menular akibat bakteri yang menyebabkan tuberkulosis dapatditularkan melalui udara. Penularan biasanya terjadi akibat adanya kontak sosial dengan orang yang terinfeksi. Hal itupun tidak terjadi secara instan. Untuk menjadi terinfeksi, Anda harus terpapar bakteri TB secara terus-menerus, dan hidup atau bekerja dengan seseorang yang memiliki penyakit TB aktif.

Pada umumnya bakteri TB bersifat tidak aktif. Setelah mereka menyerang tubuh, hanya 10% dari orang yang terinfeksi TB yang akan pernah memiliki penyakit TB aktif. Sisanya, 90% memiliki apa yang disebut infeksi laten TB. Umumnyamereka tidak menunjukkan tanda-tanda infeksi dan tidak akan dapat menyebarkan penyakit kepada orang lain.

Pengobatan

Seluruh penderita tuberkolosis harus mendapatkan perawatan dan pengamatan yang teratur dari dokter ahli. Biasanya dokter akan memberikan pengobatan dan perawatan tergantung jenis TB yand diderita pasien, seperti :

  • Infeksi TB Laten
    Jika Anda terinfeksi TB namun tidak memiliki penyakit aktif, dokter biasanya akan menganjurkan antibiotic untuk membantu pencegahan infeksi menjadi aktif. Dokter akan memberikan obat-obat seperti isoniazid dan mengevaluasi Anda secara teratur untuk melihat dampak obat pada perkembangan penyakit Anda.
  • TB Aktif
    Jika Anda memiliki TB aktif, dokter akan memberikan beberapa antibiotik untuk mencegah bakteri resistan muncul dari tubuh Anda. Anda juga mungkin akan diberikan kombinasi antibiotik seperti isoniazid, rifampisin, pirazinamid, etambutol selama enam hingga 12 bulan. Jika penyakit Anda tergolong TB aktif, jangan pernah melewatkan kontrol dan pemantauan rutin dari dokter Anda.

Pencegahan

Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menghindari terjadinya penularan TB :

  • Hindari penggunaan peralatan makan dan minum yang sama dengan orang lain
  • Gunakan masker bersih saat berada di jalan raya atau tempat yang tergolong kotor
  • Hindari bersentuhan atau berbicara jarak dekat dengan orang yang sedang batuk

Artikel Terkait

Pertanyaan Terkait

  • Noda Darah Pada Dahag

    Selamat pagi. Perkenalkan nama saya Panji, saya adalah seorang mahasiswa. Saya pernah divonis TBC. Keadaan saya saat divonis tersebut, saya mengalami batuk2 berdarah dan badan demam tinggi, sehingga mengharuskan saya di rawat selama 10 hari di rumah sakit paru di daerah saya. Setelah saya menjalani masa pengobatan TBC lini pertama dan telah dinyatakan sembuh, saya sangat senang sekali. Tapi ada kejanggalan di hati saya, kenapa saya masih batuk2 dan tenggorokan saya terus menghasilkan dahag. Dahag saya itu berwarna bening keputih2an. Pernah suatu hari terdapat noda darah di dahag saya tersebut, dan kini setiap bangun pagi dahag saya selalu terdapat noda darah, tapi setelah itu warna dahag saya biasa2 saja. Dan badan pun terasa sehat (tidak demam). Cuma dada saya terkadang terasa berat, tapi olahraga pun saya kuat, dan tenggorokan saya terasa gatal. Jadi, apa yg menyebabkan dahag saya tersebut setiap bangun pagi terdapat noda darah, apakah hal ini mengindikasikan TBC saya kambuh lagi?.

    Detail Answer
  • Liur Bercampur Darah

    Dok, saya tinggal di luar negeri, dan disini sedang musim dingin, beberapa minggu yang lalu saya batuk-batuk namun kemudian sembuh ,akan tetapi beberapa minggu kemudian saya batuk-batuk lagi, batuk yang saya alami kadang berdahak , kadang tidak berdahak, pernah juga bercampur darah, dan batuknya tidak sering , bahkan bisa di hitung berapa kali saya batuk, kadang sehari hanya 4 kali , atau pernah nyaris tidak batuk sama sekali , seperti misalnya saya pergi sekolah , di sekolah saya nyaris tidak pernah batuk, kalaupun saya batuk juga saya hanya berdehem, saya teringat dengan penyakit tb , saya coba search di google tentang tb , saya baca satu persatu gejalanya , dan saya tidak merasakan gejala seperti keringat dingin di malam hari, nafsu makan turun , nafas sesak , mudah lelah, nyeri dada

    Detail Answer
  • Dok Mau Tanyak Nih Knp Setiap Kali Hubungan Badan

    Kenapa ya dok setiap kali HB dgn suami saya slalu m3ngeluar kn darah, kadang mengeluar kn darah kadang tdk, tp akir2 ini krn sering melakukan HB slalu mengeluar kn darah, Sy konsultasi sm dokter d tempat sya krn nya trlalu lelah bekerja sehinggal saat HB nafsu kurang. Mohon pencerahan nya dok...

    Detail Answer
  • Apakah Saya Sudah Sembuh Dari Tb

    Dok, saya penderita spondilitis tb dan saya disuruh dok minum oat 9 bulan, sy rutin dan disiplin minum oat selama 9 bulan, karena ingin tuntas saya minum oat sampe 12 bulan, yg saya ingin tanyakan, apakah saya sudah sembuh, soalnya sy tidak dioperasi, kata dokter tb tulang dioperasi kalo tulangnya sudah rusak dan ada keluhan neurologi, padahal di punggung sy ada benjolan kecil abses, apakah kalo tidk di operasi benjolanya gak berbahaya, sy takut kambuh lagi dok, mohon jawaban yg lengkap

    Detail Answer
  • Spondilitis Tb

    Ass. Dok sy pasien spondilitis tb, Dok ini sy mau tanya lagi, hari ini sy tes darah terakhir setelah 14 bln sy konsumsi oat hasilnya LED 4, basofil 0,4, eosinofil 3.1, neotrofil batang 0 persen, neotrofil segmen 48.9, limfosit 37.5, monosit 10.1, ug sy tanyakan kenapa nilai monosit sysy masihmasih diatas normal harusnyakan 2-8, padahal sy sudah minum oat 14 bulan tolong penjelasannya dok....?

    Detail Answer
  • Ciri Sembuhnya Tb

    Selamat pagi Dokter. Saya Seli umur saya 19thn, saya di diagnosa menderita penyakit tb. Sy sekarang sedang melakukan pengobatan jalan selama 6 bln. Pengobatan yg sy jalani memang blm mencapai 2bln, tp berat badan sy sudah naik dari 36kg ke 39kg, nafsu makan sy pun sudah bertambah, sesak yg sy rasakan pun sdh mulai berkurang, hanya saja jika sy beraktivitas yg agak membuat sy lelah sy masih gampang sesak dok. Dengan kondisi sy sekarang apa tb sy sudah membaik atau belum ya dok??? Di tunggu jawabannya, terimakasih ya dok.

    Detail Answer
  • Jaringan Parut Akibat Bronkitis Gagalkan MCU

    Dok kenapa rata-rata panitia penerimaan karyawan baru dari berbagai perusahaan terutama BUMN mengagalkan hasil tes Medical Check Up (MCU) kepada para calon karyawan yang hasil rontgen dari paru-paru nya terdapat bekas jaringan parut akibat pernah menderita bronkitis sebelumnya ? Padahal bronkitis nya sudah dinyatakan sembuh ? Apakah bekas jaringan parut tersebut dapat menjadi pemicu bronkitis kambuh kembali atau menimbulkan penyakit baru ? Apa kira2 alasan yang jelas seorang dokter yang melakukan MCU menganggap orang yang memiliki jaringan parut bekas bronkitis dianggap unfit ? Tolong dijawab dok, terima kasih.

    Detail Answer
  • Menghilangkan Bekas Jaringan Parut Bronkitis

    Hallo dokter, saya wanita berusia 23 tahun. Saya didiagnosa menderita bronkitis pada paru bagian kanan pada bulan desember 2015 lalu. Dan saya sudah menjalankan pengobatan selama 6 bulan dari dokter dan sudah dinyatakan sembuh. Namun, hasil rotgent terakhir menyatakan bahwa ada bekas guratan atau jaringan parut di paru-paru saya. Apakah bekas jaringan parut tersebut dapat dihilangkan ? bagaimana caranya ? Saat ini sudah beberapa hari ini saya merasakan denyut dibagian unggung belakang saya didaerah paru-paru, aakah mungkin enyakit bronkitis saya kambuh lagi dan berpindah kebagian paru-paru sebelah kiri saya ? Tolong dijawab dok. Terima kasih :)

    Detail Answer
  • Pengobatan TB Anak

    Selamat pagi dokter.. Dokter anak saya berumur 8 bulan divonis TB 1 bulan yang lalu. Sampai saat ini rutin diberikan obat anti TB yaitu rifampisin, inh dan pyrazinamid. Dari beberapa jurnal penelitian yang saya baca dok, jahe merah dan mengkudu mempunyai efek sinergi dengan ketiga obt diatas dalam penyembuhan TB serta dapat mencegah resistensi Obat tersebut. Pertanyaan saya dok, bolehkah apabila saya memberikan anak saya mengkudu dan jahe merah dengan dosis yang kecil dok? mengingat anak saya baru berumur 8 bulan.. Mohon pencerahannya dok, Terimakasiih banyaak.

    Detail Answer
  • Sempoyongan - Efek Samping Obat

    Kemaren, saya adalah seorang penderita TBC, dan harus menjalani perobatan selama 6 bulan + suntikan streptomycin selama 1 bulan. Kata dokter salah satu efek dari suntikan tersebut adalah kehilangan keseimbangan (sempoyongan). Namun, setelah pengobatan saya selesai (hampir setahun yang lalu) mengapa sampai sekarang saya masih mengalami sempoyongan?? terima kasih atas jawaban ibu/bapak dokter,semoga tuhan memberkati ilmunya. Amin

    Detail Answer

Community

Get the Newsletter! all about Tuberkulosis

Our free healthy living newsletter delivers useful news, inspiring stories, and delicious recipes to your in-box every day.

Anda punya pertanyaan seputar Tuberkulosis ?
Ask Doctor