Profile
All Topic

Pusat Informasi Vertigo

Tentang Vertigo

Vertigo adalah jenis sakit kepala yang membuat penderitanya merasa sedang berputar-putar dan kehilangan keseimbangan saat sedang berdiri atau berjalan. Vertigo dapat dipicu oleh hal yang sangat sederhana, misalnya, perubahan posisi kepala yang tiba-tiba, misalnya dari posisi tidur, langsung duduk.

Gejala

Gejala-gejala vertigo adalah :

  • Pusing seakan sedang berputar-putar.
  • Tidak dapat melihat cahaya.
  • Hilang keseimbangan.
  • Penglihatan menjadi kabur.
  • Mual dan muntah.
  • Kesulitan mengontrol gerakan mata.

Penyebab

Vertigo umumnya disebabkan karena adanya gangguan didalam telinga.

Faktor Resiko

Vertigo dapat dipicu oleh faktor usia (60 tahun keatas), cedera kepala, peradangan didalam telinga pada saraf yang menghubungkan telinga dengan otak.

Komplikasi Akibat

Komplikasi yang mungkin terjadi diantaranya : Muntah dan dehidrasi

Diagnosa

Untuk mendiagnosis vertigo, dapat dilakukan : Electronystagmography (ENG) atau videonystagmography (VNG) untuk mendeteksi gerakan mata yang tidak normal, Magnetic resonance imaging (MRI) dan tes pendengaran.

Pengobatan

Perawatan vertigo dapat menggunakan : vestibular suppressants (misalnya antihistamines, sedative atau scopolamine), antiemetic medicines atau dengan pembedahan (sangat jarang).

Pencegahan

Cara yang paling sederhana untuk mencegah vertigo adalah dengan mencegah terjadinya cedera kepala, gunakan pelindung kepala saat berolahraga atau berkendara.

Artikel Terkait

Pertanyaan Terkait

Get the Newsletter! all about Vertigo

Our free healthy living newsletter delivers useful news, inspiring stories, and delicious recipes to your in-box every day.

Anda punya pertanyaan seputar Vertigo ?
Ask Doctor